Selasa, 18 Desember 2018

Ibu dan Ayah : Ungkapan seorang anak yang berbakti




Ayah adalah orang paling berpengaruh dalam kehidupan siapa pun dan mereka memainkan peran penting dalam kehidupan anak-anak. Seorang ayah bermain atau merawat anak-anaknya paling penting untuk perkembangan emosional dan sosial mereka. Ayahmu sama pentingnya dengan ibumu dan harus memainkan peran yang bagus dalam merawatmu. Suatu hari Anda akan stabil dalam hidup Anda memiliki pekerjaan Anda sendiri dan saldo bank dan jika Anda beruntung maka ayah Anda mungkin dapat melihat Anda berhasil. Ayah yang baik selalu ingin anaknya sukses dalam kehidupan tetapi setelah itu ada tanggung jawab Anda untuk merawatnya. Anda tidak dapat membalas cinta seorang ayah tetapi setidaknya Anda bisa mengucapkan terima kasih dengan cara Anda sendiri untuk apa yang telah ia lakukan untuk Anda dalam seluruh hidup Anda. Sebelumnya kami berbagi ucapan terima kasih ibu dan sekarang kami berbagi terima kasih kutipan ayah dalam artikel ini. Semua terima kasih ayah mengutip dan ucapan dari putra & putri. Mereka dapat mengungkapkan perasaan melalui garis-garis ini.

Ungkapan kasih sayang anak pada ayah dan ibu :

  1. Ibu dan Ayah, terima kasih sudah tahu persis kapan harus berhenti memegang tanganku dan mulai memperhatikan punggungku.
  2. Kalian menggendongku di tanganmu ketika aku masih kecil dan kamu memegang tanganku saat aku tumbuh dewasa. Ayah, aku akan menjadi pilarmu ketika kau tua dan aku akan menggendongmu di hatiku sampai aku mati. Terimakasih untuk semuanya.
  3. Anda berdua benar-benar pahlawan super saya dengan pakaian biasa. Saya tidak ingat berapa kali Anda menyelamatkan saya dari situasi sulit. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan tanpa Anda. Aku sangat mencintaimu, Ayah!
  4. Ada dua hal yang telah saya pelajari dari ibu dan ayah. Salah satunya adalah tidak pernah berbohong. Dan selalu benar. Yang kedua adalah tidak pernah menyakiti siapa pun. Dan memperlakukan orang lain seolah-olah mereka tidak ada duanya! Terimakasih ayah
  5. Saya mungkin bisa membuat Ibu dan ayah lebih tinggi dari satu hari, tetapi saya tidak akan pernah bisa melampaui kontribusi tinggi yang telah ibu dan ayah buat dalam hidup saya sebagai seorang ayah. Terima kasih.
  6. Ketika ibu dan ayah mengajari saya cara bermain bola, saya belajar dari berdua bagaimana caranya berdiri tegak. Ketika ibu dan ayah mengajari saya cara mengendarai sepeda saya, saya belajar bagaimana menyeimbangkan diri melalui lonjakan-lonjakan turbulensi kehidupan. Ketika ibu dan ayah membantu saya belajar, saya belajar bagaimana mengendalikan kekhawatiran saya senddiri. Ketika memanjakan saya dengan cinta dan perhatian, saya tahu bahwa tidak peduli apa, ibu dan ayah saya akan selalu ada di sana. Terimakasih ibu dan ayah.
  7. Ibu dan Ayah, terima kasih atas semua yang telah kalian lakukan - Kalian berdua bagi saya apa yang harus bumi adalah matahari.
  8. Selama ini saya mengharapkan Ibu dan ayah untuk masuk ke dalam sepatu saya tetapi tidak sekali pun saya berpikir tentang melangkah ke dalam sepatu mu berdua. Tetapi ketika kehidupan telah mengajari saya pelajaran, saya menyadari betapa banyak cinta untuk saya yang selalu ibu dan ayah miliki di toko. Terimakasih ibu dan ayah.
  9. Terlepas dari 7-Eleven, saya tahu bahwa ada satu hal yang akan selalu terbuka bagi saya 24 jam sehari dan 365 hari setahun, dan itu adalah hati ibu dan ayah saya. Terima kasih telah mencintai saya tanpa henti ibu dan ayah.
  10. Ibu dan Ayah, terima kasih atas semua yang telah dilakukan - Berdua bagi saya apa yang harus bumi adalah matahari.
  11. Kamu mencintaiku bahkan ketika aku membencimu, kamu peduli padaku bahkan ketika aku mengutukmu dan kamu mendukungku bahkan ketika aku menjauhkan diriku darimu. Terima kasih untuk semuanya, ayah, aku mencintaimu.
  12. Ibu dan Ayah, di belakang saya menyadari arti keluarga ketika saya berpikir tentang waktu berdua mengatakan bahwa ibu dan ayah bangga pada saya bahkan ketika saya gagal. Terima kasih.
  13. Meskipun kami memiliki argumen yang paling menjijikkan, saya akan menghargai setiap momen. Karena terlepas dari pertarungan dan drama, cinta keibuan dan kebapaan selalu menyingkirkan dilema hidup saya. Terimakasih ibu dan ayah.
  14. Tidak mungkin menjadi ibu dan ayah yang hebat sampai seseorang menjadi manusia yang hebat, ibu dan ayah, Anda berdua. Terimakasih untuk semuanya.


Bahkan ketika ibu dan ayah mengajari saya cara bermain bola, saya belajar dari ayah bagaimana caranya berdiri tegak. Bahkan ketika ayah mengajari saya cara mengendarai sepeda, saya belajar bagaimana menyeimbangkan diri melalui lonjakan-lonjakan yang bergejolak. Bahkan ketika ibu dan ayah membantu saya belajar, saya belajar bagaimana mengendalikan kekhawatiran saya sendiri. Terimakasih ayah dan ibu.==00==

KISI-KISI USBN DAN UN TAHUN 2019


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN. 
Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.
Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.
“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Kisi-kisi  USBN danUN  dapat diunduh di laman:
Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis POS USBN dan UN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.
Sumber : http://bsnp-indonesia.org/2018/11/27/bsnp-rilis-kisi-kisi-usbn-dan-un-2019/

Senin, 17 Desember 2018

LIBURAN SEKOLAH : APA RENCANAMU?


Mempersiapkan dan Merencanakan Liburan Sekolah
Saya suka kalau libur sekolah! Saya tidak harus bekerja untuk mengatur waktu. Saya mengurangi keluyuran dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak-anak. Tetapi untuk memastikan bahwa kami mendapatkan yang terbaik dari waktu ada beberapa persiapan yang saya ingin lakukan sehingga semua orang (termasuk saya!) Bersenang-senang selama liburan sekolah.

Kiat-kiat ini bertujuan untuk mengatur segala sesuatu di sekitar rumah, sehingga hanya ada sedikit perjalanan ke toko-toko yang diperlukan dan bahwa kita memiliki persediaan di tangan untuk anak-anak memilih kegiatan sendiri agar mereka tetap sibuk.

Rencana Pulang dan Bertamu
Pada pertemuan keluarga menjelang liburan sekolah, saya akan bertanya kepada anak-anak apakah ada sesuatu yang istimewa yang ingin mereka lakukan selama liburan. Kami akan menyetujui beberapa kegiatan dan kemudian saya ingin menjadwalkan mereka selama liburan sekolah. Mereka masing-masing diperbolehkan untuk memilih aktivitas gratis dan berbiaya rendah.

Dengan 5 anak, itu berfungsi dengan baik untuk memiliki perubahan pemandangan untuk memastikan bahwa kita semua masih bergaul dengan harmonis. Ketika membuat rencana ini, saya biasanya mencoba untuk memiliki satu atau dua hari di rumah pada awal liburan, sehingga setiap orang dapat beristirahat setelah masa sekolah panjang dan kemudian beberapa hari di rumah lagi menjelang akhir liburan, sehingga mereka kembali ke sekolah dengan segar.

Rencananya, seperti semua hal ketika menyangkut anak-anak, tidak diatur di batu, tetapi menyediakan basis terorganisasi untuk memungkinkan kami memenuhi kebutuhan semua orang selama waktu ini. Rencana tersebut memperhitungkan:
Hari di rumah di awal dan akhir untuk membiarkan anak-anak beristirahat.
Campuran kegiatan di luar rumah dan hari-hari tidak terstruktur di rumah.
Kegiatan yang akan dilakukan seluruh keluarga dan kegiatan individu.
Bertemu dengan teman-teman yang tinggal lebih jauh.

Setelah kami memiliki rencana dasar kami, saya mencetaknya dan menempelkannya di kulkas. Sangat menyenangkan memiliki tempat di mana anak-anak dapat melihatnya, sehingga mereka dapat mengetahui sendiri apa yang akan terjadi dan saya tidak perlu menjawab "kapan kita akan ..." mengajukan pertanyaan 100 kali.

Persediaan memasak
Ini memiliki dua tujuan, pertama dengan semua rumah anak-anak dan pengunjung datang, kita cenderung pergi meskipun lebih banyak makanan dan kedua anak-anak saya suka memasak sebagai kegiatan selama liburan sekolah. Saya ingin memastikan bahwa saya memiliki banyak:
Pengembang tepung
Tepung terigu
Caster Sugar
Gula merah
Bubuk pengembang
Ekstrak vanili
mentega
Minyak sayur
Keping cokelat
Gulungan Oats
Sirup emas
Susu kental
Biji cokelat
Marie Biskuit
Kelapa kering

Ini berarti bahwa tergantung pada apa yang ingin dibuat oleh anak-anak:
Chocolate Bulat
Biskuit 
100's Biskuit
Kue Mentega
Satu mangkuk kue pisang
Satu mangkuk kue cokelat
Brownies
Pisang dan Oat 

Persediaan makan siang dan bahan-bahan teh pagi
Selama liburan sekolah kadang-kadang tampak seperti semua yang saya lakukan adalah menyiapkan makanan dan merapikan sesudahnya! Beberapa liburan sekolah terakhir meskipun saya sudah mulai membuat anak-anak menjadi bertanggung jawab untuk melakukan lebih dari ini sendiri. Setiap hari seorang anak bertanggung jawab untuk membuat teh pagi dan saya akan mengganti waktu makan siang dengan kombinasi saya membuat mereka dan anak-anak membuatnya sendiri. Untuk membuat ini mudah bagi anak-anak yang lebih muda saya juga ingin memastikan bahwa saya memiliki persediaan makanan di tangan yang membuat proses pagi teh dan makan siang sederhana seperti:
Banyak buah dan sayuran
Kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering
Buah beku
Kernel jagung
Kerupuk, grissini, kue beras dll
Camilan panggang rumah (lihat di atas!)
Keju
Telur
Cincang
yogurt

Ini berarti bahwa anak-anak dapat membantu membuat makan siang mereka sendiri seperti:
Telur Dalam Keranjang
Sandwich Lampu Lalu Lintas
Telur Cepat 
Bakso panggang

Perlengkapan Seni
Ini tidak perlu mahal, itu bisa sesederhana seperti menjaga semua kotak, karton dll daripada menempatkan mereka di tempat sampah daur ulang sehingga Anda memiliki berbagai bahan untuk anak-anak untuk membuat dengan atau jika anak-anak Anda ingin mengecat Anda memiliki rangkaian warna yang bagus untuk digunakan. Kerajinan dan Perlengkapan Seni yang saya sukai untuk memastikan bahwa saya ada di tangan adalah:

Kertas gambar
Kotak daur ulang
Sedotan
Piring dan cangkir kertas
Selotip
Staples
Lem - lem tongkat, lem kerajinan dan isi ulang untuk lem panas
Kapur
Tali
Manik-manik
Pasak

Apakah Anda melakukan sesuatu yang istimewa untuk mempersiapkan liburan sekolah? 
Selamat menikmati libur......

The rise of corruption in Indonesia: whose fault?



Several mass media circulating in Indonesia in the past few days have been preoccupied with the news of the arrest of several Regional Heads involved in corruption, especially in the capture operations. Catching operations according to the author becomes an interesting topic of news because the one who is a suspect should be a pigur that must be an example and a model for the community that he dreams of.

What and who is wrong?
Of course we as citizens are very disappointed to see, hear this. Back to ourselves, who is responsible if something like this happens in our area? the voter community makes it a regional leader or because the time for nominating costs a lot so it needs to return the capital that has come out of the candidate.

Let's see together from the initial process at home that we did with children. Our children or myself feel that educating children to be honest is very difficult. However, with the religious beliefs adopted it can solve the problem with an open and transparent attitude to his wife and children. The key to honesty grows and is born from a family, father and mother will become role models for children to act and act. What is seen will be a real example in their lives so that they will be carried away in association with their peers.

In each province / district / city in all regions of Indonesia we can see the establishment of a modern trade center, where the newly literate people will be enthusiastic to visit it. The problem in these modern shopping centers is the high prices that may be difficult to reach for the weak economic community but not for those who are economically strong (prosperous). This phenomenon should be balanced with high employment so that people do not act against the law in obtaining income or income in order to support their families. The role of the regional government here is very necessary, for example by disbursing household industry assistance funds in insufficient capital. If this can be realized of course the attitude of corruption in the community can be suppressed because they already have their own business and income.

Many government programs have indeed been disbursed, examples of life skills programs for the poor. But instead of assistance, many people who received aid instead earned the money as a down payment in purchasing motorcycles instead of for their children to make ends meet.

The above happened because the government itself was not aggressive enough in socializing the use of these funds. Recipient communities arbitrarily use the money for purposes other than the initial goal of improving their own standard of living.

Let us together as good citizens to remind each other and give enlightenment to the public about the importance of knowledge. If not reminded by stakeholders, it will certainly have a negative impact on the people so that the culture of corruption cannot be lost from this beloved Indonesian land.

This paper is an author's anxiety about the problem of corruption that is difficult to eradicate in Indonesia, especially in the province of Bengkulu. How many officials have gone to prison just because they were wrong in using their power. Corruption will make the people miserable, development is hampered, the economy is disrupted, education is only used as an object, there are no extraordinary results in educating the nation's children. Finally we become a nation that is left behind or underdeveloped by other nations due to this corruption.


5 Destinasi yang Paling Banyak Ditelusuri di Google 2018


Mayoritas wisatawan memulai perjalanan dengan melakukan survei lewat internet. Google mencatat pada 2018 ada lima perjalanan ke negara yang paling banyak dicari orang. Bisa jadi pencarian ini untuk mencari informasi mengenai destinasi wisata, kisaran bujet, tips, sampai hanya ingin melihat gambar untuk memantenkan impian untuk bepergian ke negara tersebut. Berikut adalah lima negara yang paling banyak ditelusuri di Google tahun 2018. dimulai dari urutan satu sampai yang paling terakhir:


1. Italia


Tren 2018 adalah mengunjungi destinasi wisata klasik. Italia tak dipungkiri menjadi yang teratas. Dengan banyaknya wisata sejarah, makanan dan anggur yang lezat. Italia juga menjadi tren lantaran banyak selebriti Hollywood berkunjung ke Italia, tepatnya di Lake Como. Paket perjalanan menelusuri daerah Italia yang belum banyak turis juga semakin diminati di 2018.

2. Paris


Perancis Masih menjadi destinasi yang banyak ditelusuri orang. "Trip to Paris" terkenal di kalangan wisatawan yang ingin mencari suasana romantis, makanan lezat, dan karya seni papan atas. Pencarian di Google pada 2018 juga mencatat ada beberapa tujuan baru wisatawan seperti lingkungan baru untuk dijelajah, mencoba bir buatan rumah, dan seni jalanan untuk dilihat.   Salah satu cilla di tepi Danau Como, Italia Utara(CNN Internasional) 


Salah satu cilla di tepi Danau Como, Italia Utara


3. Islandia 


Tercatat sebagai salah satu destinasi wisata yang paling terkenal sepanjang 2018. Penelusuran "trip to Iceland" juga didukung banyaknya pilihan transportasi dan paket wisata ke Islandia. Melihat Aurora Borealis yang biasanya diincar oleh wisatawan saat ke Islandia.

Ribuan warga Perancis merayakan keberhasilan negeri itu lolos ke final Piala Dunia 2018 di depan Arc de Triomphe di Champs Elysees,Paris pada 10 Juli 2018.


4. Bahama 


Penelusuran "trip to Bahama" banyak dilakukan untuk yang mencari destinasi iklim hangat. Negara di Kepulauan Karibia ini punya lebih dari 700 pulau, dengan wisata andalan menyelam, olahraga air, snorkeling, bahkan berenang dengan babi lucu.

Northern Lights atau yang lebih dikenal dengan Aurora Borealis didaulat menjadi pemandangan terbaik dari udara


5. Irlandia 


Penelusuran untuk kata kunci "trip to Ireland" mengalami peningkatan yang terbesar di 2018. Pencarian beragam mulai dari bar yang sedang tren, pusat sejarah di Dublin, alam di daerah pantai barat Irlandia.

Pantai di Bahama.


Sumber : https://travel.kompas.com/read/2018/12/16/184030227/5-destinasi-yang-paling-banyak-ditelusuri-di-google-2018

Minggu, 16 Desember 2018

KARAKTER SISWA



Kebanyakan pendidik setuju bahwa membantu siswa dalam membangun karakter moral adalah tujuan yang berharga. Beberapa kebajikan yang ditekankan di sekolah saat ini meliputi:
kasih sayang, sopan santun, kerja sama, tanggung jawab, keadilan, toleransi, pengendalian diri, keberanian, pengetahuan, kewarganegaraan, ketekunan, bantuan, kejujuran, dan rasa hormat (terhadap diri sendiri, orang lain, otoritas, properti dan lingkungan)
Bagaimana pendidik dapat menanamkan sifat-sifat karakter ini pada siswa?
Dalam peran Anda sebagai seorang pendidik, pikirkan tentang individu yang telah memengaruhi hidup Anda. Buat daftar nilai-nilai yang mereka miliki yang menginspirasi Anda. Tuliskan keyakinan tambahan apa pun. Tentukan kebajikan inti yang memandu tindakan Anda.

Bertemu dengan staf sekolah. Sebagai kelompok, kembangkan daftar kebajikan yang dapat didukung semua orang. Dapatkan komitmen mereka untuk memodelkan karakter-karakter ini dan untuk memperkuatnya pada siswa. Anda mungkin ingin menampilkan daftar dan / atau menonjolkan satu nilai setiap minggu atau bulan.

Berusaha keras untuk menciptakan komunitas sekolah yang tidak memihak yang menerima semua anak tanpa menghiraukan perbedaan.

Buat model keyakinan etis yang ingin Anda kembangkan di siswa Anda dan identifikasi tindakan terpuji Anda. Sebagai contoh,
"Ketika saya melakukan apa yang saya katakan akan saya lakukan, saya dapat diandalkan."
"Aku bersikap adil ketika aku memperlakukan kalian semua sama."
"Ketika kepala sekolah bertanya kepada saya mengapa saya terlambat kemarin, saya mengatakan yang sebenarnya meskipun sulit untuk mengakui bahwa saya sudah ketiduran.


Baca, diskusikan, dan berakting cerita yang mengajarkan karakter-karakter terpuji. Mintalah anak-anak menggambar, membuat gim, lagu, dan / atau cerita mereka sendiri tentang karakter yang membuat pilihan etis. Sebagai proyek kelas, rancang dan buat mural yang menggambarkan karakter membangun karakter.

Tantang siswa untuk mendemonstrasikan karakter yang patut dicatat. Memperkuat tindakan positif dengan memperhatikan dan berkomentar. Sebagai contoh,
"John, ketika kamu menyambut murid baru itu dan menawarkan untuk mengajaknya berkeliling, kamu bersikap ramah dan membantu."

Juga, dorong siswa untuk memperhatikan perilaku berbudi satu sama lain. Mereka dapat memberikan umpan balik lisan atau menuliskan apa yang terjadi dan menempatkannya dalam "Kotak Karakter Baik" untuk dibaca nanti. Memiliki papan buletin yang merayakan karakter yang ditampilkan oleh siswa.

Berikan kesempatan untuk mendramatisasi situasi yang membantu siswa memahami perspektif orang lain dan mengembangkan empati. Sebagai contoh: Seorang anak laki-laki menjatuhkan nampan makan siangnya, atau seorang gadis tidak menangkap bola. Tempatkan para siswa dalam situasi ini. Kemudian bantu mereka mengidentifikasi perasaan anak dan membimbing mereka untuk merespons dengan kebaikan.

Pelajari otobiografi orang-orang luar biasa atau orang lain yang ditemukan anak-anak di komunitas mereka sendiri. Tanyakan kepada siswa karakter-karakter apa yang dipamerkan masing-masing dan mana yang mereka miliki bersama. Mintalah mereka mendaftar kekuatan mereka sendiri, atau kebajikan yang mereka amati pada siswa lain.

Mintalah setiap siswa untuk berpura-pura menjadi reporter dan mewawancarai orang yang lebih tua. Bersama-sama tulis daftar pertanyaan untuk ditanyakan. Sebagai contoh:
"Seperti apa hidupmu ketika kamu masih kecil?"
"Siapa orang paling penting dalam hidupmu?"
"Apa yang membuatnya spesial untukmu?"
"Bisakah kamu menceritakan tentang memori liburan spesial?"
"Di mana kamu selama perang?"
"Nilai apa yang kamu jalani?"
"Ketika kamu memikirkan tentang hidupmu, apa yang membuatmu paling bangga?"
"Apakah ada yang akan kamu lakukan dengan cara berbeda?"

Mintalah setiap siswa untuk menggambar dan / atau menulis laporan tentang orang yang diwawancarai. Kompilasi kertas di sebuah buku.

Berikan peluang yang sesuai dengan usia untuk anak-anak untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan mengenai penilaian moral. Sebagai contoh:
"Kamu berjanji untuk membantu nenekmu membersihkan apartemennya, tetapi pada menit terakhir kamu diundang untuk pergi ke bioskop dengan seorang teman."
Apa yang akan kamu lakukan? (Dapat diandalkan)

"Kamu merusak vas favorit bibimu. Tapi karena itu berada di rak yang tinggi, mungkin dia tidak akan menyadari kalau itu hilang."
Apa yang akan kamu lakukan? (Sejati)

"Anda memiliki bagian penting dalam proyek kelompok dengan tiga siswa lain. Anda memberi tahu mereka bahwa itu akan selesai tepat waktu, tetapi malam sebelum waktunya tiba, ayah Anda ingin Anda pergi ke pertandingan bisbol."
Apa yang akan kamu lakukan? (Dapat dipercaya)


Libatkan anak-anak dalam membuat peraturan kelas. Buatlah harapan yang jelas dan tindak lanjuti dengan konsekuensi yang berarti.
Ketika perselisihan muncul, bantulah siswa sampai pada solusi yang menyenangkan. Ikuti langkah ini:
Berhenti, tenanglah
Tanyakan, "Apa masalahnya?"
Masing-masing menjawab dan mendengarkan
Brainstorm solusi yang mungkin
Sepakati rencana
Cobalah
Jika tidak berhasil, setuju untuk mencoba yang lain


Tunjukkan kemampuan berkomunikasi. Bersikap konsisten dan kirim pesan yang jelas. Dengarkan dengan penuh hormat ide-ide siswa dan jawablah pertanyaan mereka.

Tetapkan standar akademis yang tinggi tetapi masuk akal untuk diri sendiri dan siswa Anda. Jadilah seorang yang terhormat. ====00====

KINERJA GURU


Secara umum, evaluasi guru mengacu pada proses formal yang digunakan sekolah untuk meninjau dan menilai kinerja dan efektivitas guru di kelas. Idealnya, temuan dari evaluasi ini digunakan untuk memberikan umpan balik kepada guru dan membimbing pengembangan profesional mereka.

Meskipun diatur oleh undang-undang dan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sistem evaluasi guru umumnya dirancang dan dioperasikan di tingkat kabupaten/kota dan mereka sangat bervariasi dalam hal detail dan persyaratannya. Secara tradisional, sistem evaluasi guru sangat bergantung pada observasi kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah atau administrator sekolah lainnya, kadang-kadang dengan bantuan rubrik atau daftar periksa. Contoh pekerjaan siswa, catatan guru dan rencana pelajaran, dan faktor relevan lainnya juga sering diperhitungkan.

Tetapi banyak sistem evaluasi telah mengalami perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Memang, pada akhir tahun 2016, evaluasi guru, elemen kebijakan yang lama diabaikan dan tidak jelas, telah menjadi salah satu topik yang paling menonjol dan diperdebatkan dalam pendidikan K-13.

Pembalikan yang mengejutkan tersebut dapat dikaitkan dengan setidaknya empat faktor: gelombang penelitian baru tentang kualitas guru, minat filantropi dalam meningkatkan keefektifan guru, upaya oleh kelompok advokasi dan pembuat kebijakan untuk mengubah undang-undang yang tersebut diatas pada evaluasi, dan tekanan politik untuk memecat guru yang berkinerja buruk.

Terlepas dari semua momentum itu, hasil-hasil perubahan terbaru pada sistem evaluasi guru masih sulit untuk dihitung. Sebagian besar data baru menunjukkan bahwa sebagian besar guru mendapat nilai yang sama tinggi pada evaluasi baru seperti yang mereka lakukan pada yang sebelumnya, dan tidak jelas apakah reformasi secara sistematis — atau secara luas — mengarah ke guru untuk menerima umpan balik yang lebih baik yang menerjemahkan ke pengajaran yang lebih baik.

Mengapa evaluasi kinerja guru menjadi isu pendidikan terpusat?
Dimulai pada 2010 dan melalui tahun 2018, analisis data siswa-tahun-ke-tahun secara konsisten menunjukkan bahwa beberapa guru membantu siswa mereka belajar secara signifikan lebih daripada guru-guru lain. Pada 2018, 34 Provinsi untuk mewajibkan guru untuk dievaluasi setiap tahun dan melaksanakan K-13.

Bagaimana cara kerja sistem evaluasi guru yang baru?
Sistem evaluasi baru jauh lebih kompleks daripada daftar periksa yang digunakan sebelumnya. Mereka terdiri dari beberapa komponen, masing-masing dinilai secara individual. Sebagian besar dari mereka sangat membebani pengamatan guru secara periodik yang dikhususkan untuk standar pengajaran, apakah pengamatan harus diumumkan sebelumnya, dan siapa yang menjalankannya.

Para pembuat kebijakan juga mencari tindakan yang lebih obyektif dalam sistem karena kekhawatiran bahwa hubungan pribadi membuat lebih sulit bagi kepala sekolah untuk menilai mereka secara akurat. Dimasukkannya nilai tes siswa adalah persyaratan di bawah inisiatif, misalnya.

Pendekatan yang paling canggih menggunakan teknik statistik yang dikenal sebagai model nilai tambah, yang mencoba untuk menyaring sumber-sumber bias dalam pertumbuhan nilai tes sehingga sampai pada perkiraan berapa banyak masing-masing guru berkontribusi terhadap pembelajaran siswa. Kritik dari titik pendekatan untuk studi yang menunjukkan bahwa perkiraan adalah, "tunduk pada tingkat kesalahan acak yang cukup besar." (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanpa kapasitas untuk menggunakan nilai tambah telah mengadopsi lebih sederhana — dan berpotensi bahkan lebih bermasalah — langkah-langkah pertumbuhan.)

Bagaimana guru menanggapi evaluasi baru?
Mereka tetap berhati-hati tentang menghubungkan sistem dengan gaji dan masa jabatan guru, dan dengan gigih menentang dimasukkannya skor tes standar siswa dalam sistem.

Bagaimana serikat guru menanggapi evaluasi baru?

Mereka juga berpendapat bahwa tidak adil bagi para guru dalam mata pelajaran yang tidak dicela untuk dinilai oleh sejumlah siswa yang bahkan tidak mereka ajar, seperti yang diperlukan oleh beberapa sistem evaluasi negara bagian. Kekhawatiran atas penggunaan nilai tes dalam evaluasi telah memicu lebih dari selusin tuntutan hukum yang menargetkan sistem evaluasi baru.

Tekanan untuk menggunakan nilai ujian standar siswa juga telah berkontribusi terhadap gelombang baru sentimen anti-tes, termasuk gerakan "memilih keluar". Dan memang, pengujian standar tampaknya menjadi lebih sering sebagai hasil dari tekanan evaluasi. Karena hanya sekitar 15 persen hingga 30 persen guru yang mengajar di kelas dan mata pelajaran di mana data skor tes terstandarisasi tersedia, beberapa negara bagian dan distrik telah menyusun atau menambahkan tes tambahan.

Adakah bukti bahwa strategi evaluasi guru yang baru berhasil?
Melihat evaluasi guru sebagai bagian dari tren serentak serangan langsung terhadap mata pencaharian pendidik. Untuk semua energi yang dihabiskan untuk menempatkan sistem baru pada tempatnya, Beberapa penelitian menunjukkan beberapa bukti awal bahwa guru yang menerima umpan balik berkualitas tinggi kemudian melanjutkan untuk meningkatkan kinerja siswa. Banyak sistem baru yang terus berada dalam proses pengujian dan penyempurnaan, dengan mekanisme penilaian mereka menghadapi tantangan baik dari mereka yang berpikir bahwa mereka terlalu lunak atau tidak sepenuhnya dilaksanakan dan dari mereka yang merasa mereka tidak adil atau kontraproduktif. Oleh karena itu, evaluasi guru cenderung tetap menjadi topik yang kontroversial dan sentral dalam pendidikan K-13.

Pengamatan Guru: Kebanyakan sistem evaluasi guru mengharuskan guru untuk diamati beberapa kali. Kebijakan menentukan perincian-perincian seperti lamanya pengamatan, campuran dari kunjungan formal dan informal, apakah mereka harus disertai dengan konferensi pra-atau pasca-pengamatan, dan siapa yang menjalankannya. Meskipun umumnya kepala sekolah dan administrator bertanggung jawab atas evaluasi guru.

Penguasaan Guru: Ketika seorang guru telah menyelesaikan masa percobaan dengan sukses, dia menerima status karir, kadang-kadang dikenal sebagai masa jabatan. Secara umum, guru tetap dapat dipecat hanya karena alasan yang tercantum dalam undang-undang. Distrik harus membuktikan bahwa mereka telah memenuhi standar ini selama sidang proses hukum. Prosedur proses-hukum biasanya berbeda berdasarkan pada apakah biaya menangani kesalahan atau kinerja yang buruk.

Value-Added Model (VAM): Dalam konteks evaluasi guru, pemodelan nilai tambah adalah metode statistik untuk menganalisis pertumbuhan dalam nilai ujian siswa untuk memperkirakan seberapa banyak seorang guru telah berkontribusi terhadap pertumbuhan prestasi siswa. Secara umum, faktor VAM dalam perolehan siswa diharapkan untuk dibuat berdasarkan kinerja masa lalu, dan dalam beberapa kasus, kontrol untuk elemen seperti karakteristik dan latar belakang teman sebaya, termasuk tingkat kemiskinan dan pendidikan keluarga.