Tahap Bermain dan Perkembangan
Hampir semua neuron (sel saraf) hadir saat lahir tetapi sebagian besar tidak terhubung dalam jaringan. Proses penghubung (pembentukan sinaps) berlangsung cepat selama tahun ini, dengan aktivitas otak menjadi lebih dekat dengan orang dewasa daripada bayi baru lahir 12 bulan. Area pertumbuhan terbesar adalah sensorimotor, korteks visual, dan kemudian lobus frontal. Bermain mencerminkan perkembangan area otak. Ini adalah apa yang disebut Piaget "praktik bermain."
Penglihatan, suara, sentuhan, rasa, bau: Ini adalah cara-cara bayi belajar tentang dunia. Inilah sebabnya mengapa mainan bayi terbaik biasanya berwarna cerah. Mereka segera lulus dari ponsel (coba satu musik untuk kepentingan ekstra) dan cermin (yang mereka anggap menarik) untuk digenggam dan dipegang. Mainan mereka dapat memanipulasi dengan efek yang menyenangkan - quilts aktivitas dengan tekstur yang berbeda: attachment yang melengking atau bergemerincing; Guncang; bar aktivitas: bola lunak untuk menjatuhkan dan mengambil-mulai mengajarkan mereka ketangkasan dan konsep sebab-akibat.
Saat tim bayi duduk, merangkak, berdiri lalu berjalan, kemungkinannya cepat berkembang. Mereka siap bereksperimen dengan cangkir bersarang, kotak aktivitas, menyusun cincin, blok besar, dan sedikit kemudian dengan penyortir bentuk. Mainan-mainan ini membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan mencapai hubungan antar objek. Buku-buku kain atau papan tulis, terutama menarik dengan gambar-gambar wajah atau benda-benda yang dikenal, biarkan kemudian, praktikkan pengenalan objek dan tanamkan ide-ide dasar bahasa. Bayi dan balita juga suka mainan bak mandi karena mereka suka bermain air seperti mengisi, mengosongkan, dan menciprat. Dan segera setelah mereka berdiri, mereka siap untuk berguling dengan mainan tarik-ulur.
Satu kata peringatan: Pastikan mainan apa pun untuk anak-anak dalam kelompok usia ini tidak memiliki potongan-potongan kecil yang dapat dilepaskan atau dipatahkan dan ditelan, tidak ada tepi atau titik tajam, dan terbuat dari bahan.
18 bulan-3 tahun
Selama usia ini sinapsis terus berkembang dan mencapai sekitar 1.000 triliun - dua kali kepadatan otak orang dewasa. (Pemangkasan dilakukan kemudian untuk mengurangi angka). Otak balita dua kali lebih aktif seperti otak orang dewasa. Struktur otak yang sensitif terhadap bahasa dan respons sosial-emosional berkembang. Perkembangan motorik terus berjalan dengan cepat.
Action adalah nama permainan untuk balita, yang senang berlari, melompat, memanjat, dan berkuda. Mainan tumpangan untuk dipasang di sekitar akan menjadi hit yang pasti - apakah itu kendaraan roda tiga atau kaki-ke-lantai yang rendah dalam desain bus atau mobil yang aneh. Mainan memanjat rendah, bola besar, dan barang-barang luar ruangan seperti kotak pasir atau kolam rendam juga pilihan bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar.
Mainan terpisah, mainan pop-up di tengah teka-teki sederhana memuaskan rasa ingin tahu balita tentang bagaimana hal-hal bekerja, memperkuat koordinasi mata-tangan mereka dan pemahaman orientasi spasial dan sebab dan akibat. Salah satu mainan terbaik adalah klasik yang telah teruji waktu, satu set balok yang bagus: ini adalah mainan yang paling terbuka, mengembangkan pikiran yang dibuat untuk anak-anak dari hampir semua usia dan satu yang akan digunakan selama bertahun-tahun. Pilihan kreatif, sentuhan-menyenangkan lainnya adalah memodelkan tanah liat. Rebana, xylophone, drum, dan alat musik sederhana lainnya adalah pembuat kebisingan yang memuaskan.
Sekali lagi, pastikan mainan terbuat dari bahan tidak beracun, tanpa tepi atau titik tajam atau bagian-bagian kecil yang dapat dilepaskan atau dipatahkan dan ditelan.
3-6 tahun
Ini adalah periode pertumbuhan tercepat untuk jaringan lobus frontal, dan kecepatan pemrosesan, memori, dan pemecahan masalah semakin meningkat. Otak mencapai 90% dari berat dewasanya selama 6 tahun.
Imajinasi dan interaksi memainkan peran awal selama masa prasekolah, dan mainan terbaik membantu mengatur panggung untuk mengembangkan keterampilan ini. Hal-hal yang berhubungan dengan pengalaman anak-anak adalah yang terbaik untuk drama dramatis.
Pilih item yang tidak terstruktur generik daripada versi nama merek fungsi tunggal. Mainkan telepon, peralatan dan peralatan dapur, set peralatan, peralatan medis. kendaraan. pakaian rias dan, tentu saja, boneka bayi, serta orang-orang dan binatang mainan semua memicu skenario anak-anak suka membangun. Boneka jari atau tangan menawarkan cara lain untuk bertindak dan menguasai pengalaman sehari-hari.
Keterampilan bahasa dan sosial yang dipraktekkan melalui permainan make-believe ikut bermain ketika anak-anak prasekolah berinteraksi lebih banyak dan lebih banyak lagi. Permainan papan awal memperkenalkan konsep bergiliran dan berbagi dengan orang lain, sementara mainan, permainan, dan permainan pengenalan huruf, kata, dan angka memperkuat matematika dan pembelajaran bahasa. Jadi, tentu saja, lakukan buku, terutama jika mereka dipilih untuk mencocokkan minat anak.
Bahan-bahan seni (tanah liat, pasar krayon, cat, bahan kolase) adalah favorit kreatif lainnya dengan sebagian besar anak-anak dalam kelompok usia ini. Dan jangan lupa lompat tali, sepeda roda tiga yang lebih besar, dan sepeda pertama yang selalu diingat dengan roda pelatihan.
6-9 tahun
Sambungan sinaptik di motorik dan area sensorik telah terbentuk dengan mantap dan proses penghapusan sinapsis (pemangkasan) di area ini telah dimulai. Karena aktivitas di pusat "kontrol" otak yang lebih tinggi, anak-anak meningkatkan tingkat perhatian dan kemampuan untuk menghambat impuls.
Pada saat mereka di kelas dasar, anak-anak telah menguasai ketrampilan dasar, bahasa, dan keterampilan sosial; sekarang mereka ingin berlatih dan menyempurnakannya. Mereka suka menantang diri mereka sendiri, secara intelektual, dengan teka-teki dan permainan yang menguji pengetahuan mereka yang berkembang atau melibatkan strategi (catur, permainan kartu), dan secara fisik, dengan tongkat pick-up, jack, sepatu roda, tongkat pogo, dan permainan bola.
Ada banyak pilihan imajinatif lain selain dapat memperluas cakrawala kelompok ini, mulai dari set kerajinan untuk membuat perhiasan dan boneka hingga mikroskop, perangkat belajar alam, atau satu set pencetakan. Anda mungkin juga mengubah hasrat untuk mengumpulkan banyak anak yang berkembang pada usia ini menjadi penghubung khusus antara Anda berdua: misalnya, dengan menambahkan boneka khusus atau gambar aksi atau kumpulan prangko.
9-14 tahun
Pematangan lobus frontal berlanjut pada masa remaja. (Pemangkasan berlanjut selama tahap). Kecepatan dan efisiensi pemikiran meningkat, memori kerja spasial meningkat, pengaturan emosi menjadi lebih besar, perencanaan dan keterampilan pemecahan masalah meningkat, dan penalaran ilmiah serta kemampuan untuk memahami pemikiran seseorang berkembang. Bermain menjadi canggih dan semakin simbolis.
Bermain di tahun-tahun praremaja sering merupakan produksi kelompok, dan hiburan yang disukai anak-anak mencerminkan hal itu. Banyak permainan kepala yang rumit untuk beberapa pemain, dan peralatan untuk olahraga atau kegiatan terorganisir (tongkat bisbol dan sarung tangan, raket / permainan dayung) sering menjadi hit. Permainan elektronik juga populer, dimainkan secara massal atau dengan belokan kompetitif.
Pada saat yang sama, praremaja meluangkan banyak waktu dan konsentrasi pada kepentingan individu, yang mungkin termasuk buku, musik yang menguraikan konstruksi set model-bangunan, alat yang matang, peralatan menjahit dan cat. Pada usia ini selera dan keterampilan mereka cukup jelas, jadi menargetkan pembelian mainan dan hiburan untuk suka dan kemampuan setiap anak adalah penting.
Semoga bermanfaat.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar