Selasa, 13 Maret 2018

REKRUTMEN GURU DAN KEPALA SEKOLAH SILN TAHUN 2018

Dirjen GTK Kemendikbud kembali membuka Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN (Sekolah Indonesia di Luar Negeri). Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN Tahun 2018 di dasarkan Pengumuman Resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 12426/A.A3/KP/2018 Tentang Seleksi Bersama Penerimaan Kepala dan Guru Sekolah Indonesia Di Luar Negeri Tahun Anggaran 2018

Berdasarkan pengumuman Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN Tahun 2018 dinyatakan bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan kepala dan guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kesempatan bagi Kepala Sekolah berstatus PNS dan Guru berstatus bukan PNS yang memenuhi persyaratan dan berminat untuk dipekerjakan sebagai Kepala dan Guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Formasi Kepala dan Guru SILN tahun 2018 yang dibuka sebagai berikut:

 Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN Tahun 2018

Persyaratan Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN Tahun 2018
1.
PERSYARATAN UMUM
a.
Warga Negara Indonesia (WNI).
b.
Usia maksimal saat mendaftar:

- 52 (lima puluh dua) tahun bagi pelamar kepala SILN

- 40 (empat puluh) tahun bagi pelamar guru SILN
c.
Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA.
d.
Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
e.
Diutamakan telah memiliki Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Sertifikat Profesi Pendidik.
f.
Bagi mantan Kepala SILN dapat mengajukan lamaran kembali sebagai calon Kepala SILN setelah 4 (empat) tahun mengabdi di tanah air.
g.
Bagi pelamar guru SILN tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta serta tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah.
2.
PERSYARATAN KHUSUS
a.
KEPALA SEKOLAH
1)
Berstatus Pegawai Negeri Sipil
2)
Pangkat serendah-rendahnya Pembina, golongan ruang IV/a
3)
Memiliki kualifikasi Akademik Sarjana (S-1) Kependidikan, diutamakan berpendidikan Magister Pendidikan (S-2).
4)
Memiliki akumulasi pengalaman minimal 5 (lima) tahun sebagai Kepala Sekolah.
5)
Aktif berbahasa Inggris lisan dan tulis yang ditunjukkan dengan skor TOEFL internasional 500 atau institusional yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri 550 atau IELTS 6,0 yang masih aktif dalam 2 (dua) tahun terakhir, kecuali bagi yang pernah mengikuti pendidikan gelar (degree) di negara berbahasa Inggris atau sesuai dengan negara yang dilamar.
6)
Memiliki nilai prestasi kerja PNS minimal baik selama 2 (dua) tahun terakhir dan mendapatkan rekomendasi dari koordinator pengawas sekolah.
7)
Memiliki surat izin mengikuti seleksi dari Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota.
8)
Diutamakan aktif berbahasa:
a)
Arab bagi calon Kepala SILN Kairo dan Jeddah
b)
Jepang bagi calon Kepala SILN Tokyo
b.
GURU
1)
Berstatus sebagai Guru bukan Pegawai Negeri Sipil.
2)
Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75
3)
Diutamakan telah mengikuti Uji Kompetensi Guru.
4)
Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Scoreminimal 450 atau IELTS 5.0. Khusus calon guru Sekolah Indonesia Riyadh dan Sekolah Indonesia Kairo diutamakan memiliki kemampuan tambahan Bahasa Arab.
5)
Diutamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: Olahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT), Akuntansi/Keuangan dll.
6)
Bagi pelamar Guru SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, diutamakan yang pernah memegang jabatan Ketua Jurusan.


Rencana Penjadwalan Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN Tahun 2018

Tahapan proses seleksi calon Atdikbud dilaksanakan sebagaimana tabel di bawah ini

1.
Pengumuman Resmi Seleksi
:
12 Maret 2018
2.
Waktu Pendaftaran
:
12 s.d. 29  Maret 2018
3.
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
:
9 April 2018
4.
Pelaksanaan Seleksi
:
2 s.d. 5 Mei 2018
5.
Pengumuman Hasil Seleksi
:
Minggu kedua Mei 2018
6.
Proses Perizinan / Penugasan ke luar negeri
:
Minggu ketiga bulan Mei 2018
7.
Pembekalan / Persiapan Keberangkatan
:
Mei - Juni 2018
8.
Keberangkatan
:
Juli 2018

Tata Cara Pendaftaran Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN Tahun 2018
Pendaftaran daring mulai 12 s.d 29 Maret 2018 pukul 12.00 WIB, dengan mekanisme sebagai berikut:
1.
peserta seleksi  wajib memiliki alamat surat elektronik yang aktif;
2.
peserta seleksi melakukan pendaftaran/registrasi awal secara daring melalui laman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln dengan cara memasukkan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan atau NSPN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan alamat surat elektronik;
3.
pendaftaran lanjutan dilakukan dengan cara login menggunakan username dan password yang dikirim oleh Sekretariat Panitia Seleksi Bersama melalui surat elektronik peserta seleksi. Tahapan pendaftaran lanjutan meliputi:
a.
Memilih jabatan yang akan dilamar;
b.
Bagi pelamar Kepala SILN dapat memilih 2 (dua) Sekolah Indonesia Luar Negeri;
c.
Mengisi informasi data diri pelamar meliputi:
1)
Data pokok pelamar
2)
Riwayat Pendidikan yang telah ditempuh
3)
Riwayat jabatan/pengalaman jabatan yang pernah ditekuni
4)
Informasi pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti
d.
Mengunggah hasil pindai dokumen/berkas yang dipersyaratkan sebagai berikut:
1)
Pas foto ukuran 3x4 dengan besar file maksimal 500 Kb.
2)
Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tembusan kepada Pimpinan unit kerja yang bersangkutan (format dapat diunduh pada menu UNDUH).
3)
Surat izin mengikuti proses seleksi yang ditandatangani oleh pimpinan institusi asal (dinas pendidikan/sekolah/yayasan).
4)
Sertifikat Profesi Pendidik dan hasil Uji Kompetensi Guru bagi yang memiliki.
5)
Kartu Tanda Penduduk dan Akte Lahir
6)
Ijazah pendidikan terakhir
7)
SK Pangkat dan SK Jabatan terakhir, dan dokumen Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir bagi pelamar Kepala SILN.
8)
SK Pengangkatan sebagai Kepala SILN bagi PNS yang pernah dipekerjakan sebagai Kepala SILN.
9)
Surat rekomendasi dari Koordinator Pengawas bagi pelamar Kepala SILN.
10)
Surat keterangan mengajar/bekerja dari yayasan yang menunjukkan akumulasi pengalaman mengajar/bekerja sesuai dengan bidang yang diampu bagi pelamar guru SILN bagi yang memiliki.
11)
Surat rekomendasi berkelakuan baik dari pimpinan institusi (dinas pendidikan/sekolah/yayasan).
12)
Sertifikat TOEFL Prediction Score internasional/institusional atau IELTS yang masih berlaku.
13)
Sertifikat/penghargaan keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: olahraga, pramuka, seni-budaya, keagamaan, prakarya, atau teknologi informasi komunikasi (ICT), akuntansi/keuangan, dll.
14)
Surat Keterangan sehat dari Dokter Pemerintah
15)
Deskripsi diri, potensi dan motivasi menjadi kepala/guru SILN dalam Bahasa Indonesia dan Inggris masing-masing 1 lembar yang diketik menggunakan jenis huruf Arial ukuran 12 dengan spasi 1,15 ukuran kertas A4 dalam format PDF.
e.
Menandatangi surat pernyataan bermaterai Rp.6.000,- bahwa semua dokumen yang disampaikan adalah benar dan dapat dibuktikan keasliannya (format dapat diunduh pada menu UNDUH);
f.
Mencetak kartu peserta seleksi dan formulir pendaftaran.
4.
Berkas lamaran asli sebagaimana diunggah pada angka 3 huruf d) disampaikan kepada panitia seleksi pada saat seleksi lanjutan bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.
5.
Panitia hanya akan memroses lamaran bagi pelamar yang mengunggah dokumen/ berkas yang dipersyaratkan secara lengkap dan benar.




PROSES SELEKSI
1.
Daftar nama pelamar dengan kualifikasi terbaik akan diumumkan pada portal resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dapat mengikuti proses Seleksi Kompetensi yang terdiri dari:
a.
Bagi calon Kepala SILN: Psikotes, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI), Tes Kemampuan Bahasa Asing, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Wawancara
b.
Bagi calon guru SILN: Psikotes, UKBI, Tes Kemampuan Bahasa Asing, Microteaching dan Wawancara
3.
Daftar nama peserta Seleksi Kompetensi yang dinyatakan lulus akan diumumkan melalui portal resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


PROSES PENETAPAN KEPALA DAN GURU SILN
1.
Dalam rangka proses penetapan Kepala/Guru SILN definitif, pelamar yang dinyatakan lulus diwajibkan untuk melengkapi berkas persyaratan sebagai berikut:
a.
Surat Izin dipekerjakan sebagai Kepala SILN dari Gubernur/Bupati/ Walikota bagi calon Kepala SILN.
b.
Surat Izin Penugasan sebagai guru SILN dari pimpinan institusi (sekolah/yayasan) bagi calon guru SILN.
c.
Daftar riwayat hidup dilengkapi Pas Foto berwarna (pakaian formal) dengan latar belakang putih ukuran 4x6.
d.
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sesuai domisili.
e.
Surat keterangan sehat raga dan jiwa serta bebas narkoba dari RS Pemerintah.
2.
Menandatangani surat pernyataan bersedia dipekerjakan sebagai Kepala SILN selama 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjangan sesuai peraturan yang berlaku.
3.
Menandatangani surat pernyataan tidak menuntut menjadi PNS dan bersedia ditugaskan menjadi Guru SILN berdasarkan perjanjian kerja selama 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang sesuai peraturan yang berlaku.


PENENTUAN KELULUSAN
1.
Pengumuman akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di http://mutasi.kemdikbud.go.id/siln
2.
Jadwal pengumuman final direncanakan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Mei tahun 2018.
3.
Penetapan/keputusan Panitia Seleksi Bersama tahun 2018 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

KETENTUAN LAIN

1.    Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan.
2.    Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuai dengan fakta atau melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi Kepala/Guru SILN maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai Kepala/Guru SILN.


3.    Panitia Seleksi Bersama dapat merekomendasikan calon Kepala dan Guru SILN pada negara selain yang dilamar
4.    Apabila pelamar telah dinyatakan lulus tetapi tidak menyampaikan kelengkapan berkas untuk penetapan sebagai Kepala/Guru SILN sampai batas waktu yang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
5.    Panitia Seleksi Bersama tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada portal resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
6.    Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi tanggung jawab pelamar.

*) Rencana penjadwalan bisa berubah sesuai dengan penetapan jadwal Panitia Seleksi Bersama

Download Pengumuman (disini)

Demikian informasi tentang Rekrutmen Guru dan Kepala Sekolah SILN Tahun 2018

Sumber : http://ainamulyana.blogspot.com/2017/02/rekrutmen-seleksi-guru-untuk-dikirim.html

DATA REFERENSI PENDIDIKAN dan KEBUDAYAAN

Kami meneruskan informasi ini, mungkin diantara Bapak/Ibu belum pernah membuka Web ini.
  Silahkan Buka LINK INI

Selamat datang, untuk terintegrasinya Data Pendidikan dan Kebudayaan di lingkungan KEMDIKBUD, maka perlu dilakukan pengelolaan data referensi sebagai acuan sinkronisasi Data Pendidikan dan Kebudayaan.
Terima kasih atas dukungan semua pihak, kami berharap Data Referensi ini dapat memberikan manfaat dan kemajuan bersama bagi pengelolaan data Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia.


Salam Kami,
PDSPK

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Gelar Gernas Baku


Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Gelar Gernas Baku
Bandung, PAUD dan Dikmas. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit. Bindikkel) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), menggelar Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) sejak 26 s.d 27 Febuari 2018. Guna mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak.
“"Tujuan gerakan ini adalah untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka. Mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua. Menumbuhkan minat baca anak sejak dini," ujar Sukiman selaku Direktur Dit.Bindikkel Ditjen PAUD & Dikmas. Selasa (27/2)
Pada acara tersebut semua peserta yang terdiri dari “Bunda PAUD” dari seluruh Provinsi hingga desa di Indonesia, Pendidik dan Tenaga Pendidikan PAUD yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi). Serta para penggiat PAUD hingga berjumlah 4.000 orang lebih, hadir menggunakan biaya sendiri.
Menutup sambutannya Sukiman berharap dengan adanya Gernas Buku, para orang tua lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak mereka dan memiliki peran dilembaga PAUD, sehingga kedepannya terbentuk perpustakaan di lembaga-lembaga PAUD yang dikelola oleh paguyuban orang tua. (Tim Warta/MHF/RHD/KS/ Sumber: Dit.Bindikkel dan berbagai media)

Ditbinsuslat Telah Membentuk 37 Lembaga Sertifikasi Kompetensi

Yusuf Muhidin: Ditbinsuslat Telah Membentuk 37 Lembaga Sertifikasi Kompetensi
Direktur Kursus dan Pelatihan Didampingi Kasubdit Program dan Evaluasi Ditbinsuslat
Belitung,PAUD dan Dikmas - Menjadi tantangan tersendir saat pendidikan nonformal harus bersifat nonprosedural dan nonformalitas. Pasalnya,berdasarkan Undang-undang dan Peraturan diharuskan mengikuti aturan dan standar. Seperti termaktub dalam UU No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 61, PP No.19 tahun 2005 tentang SNP dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 70 tahun 2008.
“Pendidikan nonformal saat ini masih terikat berbagai aturan dan perundangan. Seperti standar akreditasi,sertifikat kompetensi dan pamong belajar semua diatur dalam peraturan dan perundangan,” ujar Yusuf Muhyidin, Direktur Pembinaan Pendidikan Kursus dan Pelatihan,Ditjen PAUD dan Dikmas di depan peserta Rakor PAUD dan Dikmas 2018 di Hotel BW Belitung, Selasa (27/2).
Namun Yusuf tidak mengingkari bahwa pihaknya juga mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman. Salah satu contoh,kata Yusuf,dikembangkan pelatihan pertukangan, plumbing, perancah (scaffolding) dan mekanik alat berat.
“Kami buka pelatihan pertukangan dan mekanik alat berat sebagai jawaban atas kebutuhan zaman di mana Presiden Jokowi tengah menggalakan pembangunan infrastruktur,“ ujar Yusuf.
Perubahan dan tuntutan lapangan kerja baru makin tinggi. Untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten,selain mengembangkan Standar dan Kurikulum Kompetensi berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan yang berada di bawah Ditjen PAUD dan Dikmas juga mengembangkan Standar Penilaian atau Uji Kompetensi melalui Sertifikasi Kompetensi. 
“Kami telah membentuk 37 Lembaga Sertifikasi Kompetensi sebagai tempat menguji peserta kursus dan pelatihan sehingga diakui kompetensinya,“ ungkap Yusuf.
Harapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat pembukaan Rakor bahwa pendidikan nonformal agar keluar dari pakem yakni nonprosedural dan nonformalitas. Menjadi renungan dan kajian Direktorat Pembinaan Pendidikan Kursus dan Pelatihan,karenanya Yusuf menghimbau agar setiap daerah mampu mengembangkan dan membina Lembaga Kursus dan Pelatihan sehingga mampu membekali anak-anak usia produktif mandiri dan dapat menghadapi kehidupannya kelak.(**^^)
Sumber : https://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Senin, 12 Maret 2018

20 Kaedah Mendidik Anak Cara Islam. Guna Teknik Psikologi!


20 Kaedah Mendidik Anak Cara Islam. Guna Teknik Psikologi!

MENDIDIK ANAK CARA ISLAM

Selalu kita dengar, bila nampak seseorang anak itu nakal kelakuannya, orang akan kata, “Haaa.. mak bapak dia tak ajar la tu. Apa nak jadi la budak tu. Dah besar nanti mesti jahat”. Agak keras bunyinya bukan?
Bagaimana kalau anak itu adalah anak kita sendiri? Tentu sungguh meruntun jiwa. Kadang-kadang bukan kita tidak ajar anak kita, cuma anak itu terpengaruh dengan kawan-kawan yang lain. Apa salahnya datang hampir pada anak nakal itu dan berikan sedikit nasihat? Bimbang jika tiada siapa peduli, mereka akan jadi lebih teruk lagi.
Jadi apakah sepatutnya yang ibu-bapa lakukan? Mengambil serba sedikit dari sumber ini, mari kita lihat tips dan panduan mendidik anak, termasuk memukul anak mengikut cara Islam.

1. ELAKKAN PUKUL ANAK DARI BAHAGIAN LUTUT KE ATAS

Kawal diri sebagai ibu-bapa. Elakkan pukul anak dari lutut keatas. Kalau marah sangat, pukul tapak kaki anak. Entri kami sebelum ini juga tentang cara mendisiplinkan anak juga membincangkan perkara yang sama.
Rapat dengan anak
Nasihat dahulu, baru pukul (jika perlu)

2. ELAKKAN GUNA TANGAN ATAU ANGGOTA TUBUH YANG LAIN UNTUK MEMUKUL ANAK

Yang lebih penting, walaupun kita pernah mengalami perkara ini, jangan sesekali menampar anak menggunakan tangan kita. Ia akan menjadi lebih buruk di mana anak akan bertambah nakal dan degil.
Ajar anak solat, bukan pada guru sekolah agama sahaja
Ajar anak solat, bukan pada guru sekolah agama sahaja

3. AJAR ANAK SOLAT

Rotan atau pukul anak di telapak kakinya. Pukul seadanya sahaja, bukan dengan amarah yang meluap-luap. Secara saintifiknya ada kaitan dengan refleksologi dan merangsang ke bahagian otak. Mengambil sedikit maklumat dari sini, ada sedikit huraian:
Sabda Rasulullah s.a.w.
“Perintahkanlah anak-anakmu mendirikan solat ketika mereka berumur 7 tahun, danpukullah mereka kerana tidak solat ketika berumur 10 tahun, dan pisahkanlah tempat-tempat tidur mereka” ( H.R. Ahmad & Abu Daud )
Imam Nawawi mengatakan, orang yang tidak diberatkan mendirikan solat, tidaklah diperintahkan kita menyuruh mereka mengerjakannya,kecuali anak-anak kecil – lelaki dan perempuan. Anak yang telah sampai umur 7 tahun jika mumayyiz, disuruh atasdasar sunnat mendirikan solat. Jika mereka telah berumur 10 tahun,wajiblah diperintahkan mereka mendirikan solat. Dan dipukul jika mereka enggan mendirikannya. Hadith ini mengingatkan kita kepada firman Allah :
“Dan perintahkanlah ahli keluargamu mendirikan solat dan bersabarlahkamu diatas kesukaran-kesukaran yang kamu hadapi kerananya..” ( Toha : 132 )
“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamudari api neraka..” ( At-Tahrim : 66 )Kata pengikut-pengikut Asy-Syafie : Hendaklah para wali ( ibu bapaatau penjaga ) memerintahkan anak-anak menghadiri jamaah solat dan menerangkan kepada mereka hukum-hukum agama yang harus merekakerjakan sebagaimana wajib atas wali memberi pendidikan kepadaanak-anak tentang aurat, arak, dusta, mengumpat dan sebagainya.
Kata Ar-Rafi’ie : Diberatkan ibubapa memberikan pendidikan bersuci,solat dan undang-undang syariat kepada anak-anaknya ketika merekaberumur 7 tahun dan memukul mereka jika mereka enggan menuruti jika umur mereka telah mencapai 10 tahun. Belanja belajar diambil dari harta si anak jika dia berharta, dan dipikul pula oleh bapanya jika si anak tidak berharta.
Jika ia tidak berbapa, maka belanja itu dipikul oleh ibunya.Jika si anak tidak mempunyai wali, kewajiban tersebut dilaksanakan oleh yang berwajib di dalam negara. Contohnya qadhi atau seumpamanya.Anak-anak kecil memanglah tidak diberatkan dengan sesuatu perintahagama baik berdasarkan wajib atau sunnat.Hadith di atas sebenarnya ditujukan kepada para wali. Tujuannyau ntuk membiasakan anak-anak mendirikan solat sejak sebelum mukallafnya lagi.Apabila telah dibiasakan sejak kecil, tidaklah menjadi berat baginya untuk melakukannya sesudah ia besar.
Kalau ada masa, ajar anak membaca. Boleh baca tips untuk ajar dan tanamkan sifat suka membaca pada kanak-kanak.

4. NAMA PANGGILAN YANG BAIK

Beri dan panggil anak dengan nama yang baik-baik. Nama panggilan yang kurang baik akan menyebabkan anak anda malu dan merasa rendah diri. Lebih malu apabila kawan-kawan mereka mengetahui panggilan itu.
Jangan lupa peluk anak-anak juga
Jangan lupa peluk anak-anak juga

5. PELUK ANAK SETIAP HARI

Berikan anak anda pelukan setiap hari. Kajian menunjukkan anak yang dipeluk setiap hari akan mempunyai kekuatan IQ yang lebih kuat daripada anak yang jarang dipeluk. Baca artikel sebelum ini tentang kenapa pelukan itu penting dalam hubungan kekeluargaan.
Sejuk hati ini, bila anak-anak 'happy'
Sejuk hati ini, bila anak-anak ‘happy’

6. PANDANGAN KASIH SAYANG

Pandanglah anak anda dengan pandangan kasih sayang. Pandangan ini akan membuatkan anak anda lebih yakin diri apabila berhadapan dengan persekitaran.
Beri ganjaran jika anak berkelakuan baik
Beri ganjaran jika anak berkelakuan baik

7. BERIKAN PUJIAN PADA ANAK

Berikan peneguhan setiap kali anak anda berbuat kebaikan. Berilah pujian, pelukkan, ciuman, hadiah ataupun sekurang-kurangnya senyuman untuk setiap kebaikan yang dilakukannya.
Sentiasa bersabar dengan kerenah anak-anak
Sentiasa bersabar dengan kerenah anak-anak

8. AKUI KESILAPAN ANAK

Janganlah mengharapkan anak anda yang belum matang itu melakukan sesuatu perbuatan baik secara berterusan, mereka hanya kanak-kanak yang sedang berkembang. Perkembangan mereka buatkan mereka ingin mengalami setiap perkara termasuklah berbuat silap.
Anak-anak ingin masa berkualiti
Anak-anak ingin masa berkualiti

9. UTAMAKAN KELUARGA ATAU ‘FAMILY FIRST’

Apabila anda berhadapan dengan masalah kerja dan keluarga, pilihlah keluarga. Seorang penulis menyatakan anak-anak terus membesar. Masa itu terus berlalu dan tak akan kembali.
Doa ibu sangat mustajab
Doa ibu sangat mustajab

10. ELAKKAN MENGELUH KERANA ANAK. UCAPKANLAH ‘ASTAGHFIRULLLAH’

Di dalam membesarkan dan mendidik anak-anak, janganlah ibu-bapa mengeluh. Keluhan akan membuatkan anak-anak merasakan diri mereka beban.
Ketahui cara-cara dan tips bercakap dengan anak
Ajar anak cakap perkara yang baik-baik sahaja

11. DENGAR BILA ANAK BERCAKAP

Dengarlah cerita anak anda, cerita itu tak akan dapat anda dengari lagi pada masa akan datang. Tunggu giliran anda untuk bercakap. Ini akan mengajar anak anda tentang giliran untuk bercakap. Dengan kata lain, ‘Be a good listener’. Orang kata, kena juga ada ilmu untuk bercakap dengan anak. Jangan asyik ibu-bapa sahaja yang betul.
Ayah lebihkan masa dengan anak perempuan, ibu lebihkan masa dengan anak lelaki
Anak mahukan pelukan hangat dari ibu-bapa

12. TENANGKAN ANAK

Adakalanya, anak kita panik dan tidak tahu nak buat apa. Tenangkan anak anda setiap kali mereka memerlukannya. Peluk erat-erat dan tunjukkan kasih sayang yang tidak berbelah bagi.
Suami arwah makcik tidak membenarkan keluarga bertemu anak - anak
Adik beradik memang selalu bergaduh

13. TUNJUK ANAK BAGAIMANA CARA MENENANGKAN DIRI

Jangan hanya peluk sahaja. Selitkan kata-kata nasihat dan iktibar yang sewajarnya. Kalau bergaduh sesama adik-beradik, leraikan dengan suara yang lembut. Tunjukkan kepada anak anda bagaimana cara untuk menenangkan diri. Mereka akan menirunya. Pertama sekali, ibu-bapa kena tenangkan diri dahulu!
Tentu anak teruja jika dapat kek hari jadi
Tentu anak teruja jika dapat kek hari jadi

14. SAMBUT ‘BIRTHDAY’ BERSAMA-SAMA

Zaman dahulu, tiada sambutan hari jadi. Cukup sekadar dengan bubur merah. Zaman sekarang lain. Boleh cuba buat sedikit persediaan untuk anak-anak menyambut harijadinya. Sediakanlah hadiah harijadi yang unik walaupun harganya murah. Keunikan akan membuatkan anak anda belajar menghargai. Anak-anak yang datang daripada persekitaran yang menghargai akan belajar menghargai orang lain. Sejujurnya, tidak perlu ‘party’ atau kek yang besar. Bagi kanak-kanak, sepotong kek sahaja sudah memadai.
Memberi makan kepada bayi
Beritahu supaya makan kenyang-kenyang, bukan main-main

15. ULANG ARAHAN BEBERAPA KALI

Kemungkinan anak kita menerima pengajaran bukan pada kali pertama belajar. Mereka mungkin memerlukan kita mengajar mereka lebih daripada sekali. Ibu-bapa kena sabar dalam hal ini. Kadang-kadang anak tidak memahami arahan. Mereka perlu membiasakan diri dan mengikuti arahan itu berkali-kali.
16. Buat aktiviti bersama anak-anak.
Luangkanlah masa bersama anak anda di luar rumah, peganglah tangan anak-anak apabila anda berjalan dengan mereka. Mereka tentu akan merasa kepentingan kehadiran mereka dalam kehidupan anda suami isteri. Buat aktiviti yang berfaedah bersama-sama. Ingat, kualiti masa lebih penting daripada kuantiti. Anak akan ingat saat-saat indah mereka bersama ibu-bapa sampai bila-bila.

 17. TINGGALKAN KERJA DI PEJABAT

Anak inginkan perhatian. Jika dibawa kerja pejabat ke rumah, tentu sekali masa akan diutamakan pada kerja. Mengadap ‘laptop’ sepanjang masa adalah satu pengabaian pada anak-anak dari segi emosi.

18. HARGAILAH PERMAINAN KESAYANGAN ANAK ANDA

Mereka juga dalam masa yang sama akan menghargai barang-barang kesayangan anda. Elakkan daripada membuang barang kesayangan mereka walaupun sudah rosak. Mintalah kebenaran mereka sebelum berbuat demikian.

19. USAH BIARKAN ANAK-ANAK ANDA TIDUR TANPA CIUMAN SELAMAT MALAM

Nampak macam kebaratan? Oh tidak! Cuma masyarakat kita kurang mengamalkan perbuatan ini. Ciuman adalah suatu yang subjektif. Mereka mungkin belum memahami apa erti ciuman. Namun, berikan ciuman sebagai tanda kasih sayang kita pada mereka. Sambil cium, sambil usap kepala anak. Bacakan doa yang baik-baik.

20. TERIMA ANAK SEADANYA

Terimalah yang kadangkala anda bukanlah ibu bapa yang sempurna. Kadang-kadang tanpa sengaja, kita akan pukul anak dan menyesal kemudiannya. Tiada ibu-bapa yang sempurna. Tujuan kita disini ialah untuk belajar bersama-sama.

KESIMPULAN

Didiklah anak sebaiknya mengikut lunas Islam. Mereka akan menjadi penghalang kita sebagai ibu bapa daripada api neraka. Mengambil huraian hadith dari JAKIM,
Daripada Aisyah R.ha katanya, “Datang kerumahku seorang perempuan meminta (makanan), tidak ada sesuatu disisiku melainkan sebiji kurma lalu aku beri kepadanya”. Maka dia pun membahagi sebiji kurma tadi kepada dua orang anaknya dan dia sendiri tidak memakannya. Kemudian dia pun keluar (daripada rumah Aisyah). Setelah Nabi SAW datang kepada kami lalu aku pun memberitahunya (peristiwa tersebut), maka baginda bersabda, “Sesiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan ini dengan sesuatu lalu dia melayan (memelihara) mereka dengan baik adalah mereka menjadi penghalang daripada api neraka”.
Huraian Hadith:
  • Orang Islam disuruh memenuhi hajat orang yang meminta sekali pun dengan pertolongan yang sedikit.
  • Ibu bapa mestilah mengutamakan keperluan anak-anaknya seperti makan, minum, pakaian dan sebagainya.
  • Ibu bapa yang mendidik dan mengasuh anaknya dengan sempurna dijamin bebas daripada api neraka.
  • Hadis ini menunjukkan kelebihan menjaga dan mendidik anak-anak perempuan. Ia akan menjadi perisai daripada api neraka jika dilakukan seperti yang diperintah Allah dan Rasulnya.
Sama-sama kita berdoa agar dikurniakan anak yang soleh dan solehah. Kalau ada masa, boleh belajar cara disiplinkan anak tanpa pukul anak.
Semoga bermanfaat!
Sumber : https://siraplimau.com

Memeluk dan Mencium Anak Ternyata Banyak Manfaatnya


Memeluk dan Mencium Anak Ternyata Banyak Manfaatnya
SAHABAT KELUARGA- Memeluk atau mencium anak saat masih kecil ternyata banyak manfaatnya bagi tumbuh kembang si anak.
Disadur dari Jorrnal Preceedings of the National Academy of Sciences, pelukan dan ciuman pada anak menambah jumlah endorfin dan oksitosin. Kedua hormon ini bisa merendahkan syaraf yang tegang serta tekanan darah tinggi sehingga kelak anak akan bersikap lebih tenang dalam menghadapi situasi yang sulit.
Selain itu, penelitian juga membuktikan, anak yang sering dipeluk dan dicium oleh kedua orang tuanya akan menjadi lebih cerdas. Karena ketika dipeluk dan dicium ia akan merasa bahagia, kebahagiaan ini memicu perkembangan sel-sel dan koneksi sel pada otaknya. Semakin banyak koneksi sel yang terhubung semakin cerdaslah si anak.
Manfaat lain, pelukan dan ciuman juga membuat anak merasa nyaman sehingga ia akan bisa mengendalikan dirinya dengan baik. Memeluk dan mencium anak membuat anak memiliki jiwa yang penngasih sebab kasih sayang yang ia butuhkan telah ia dapatkan secara penuh dari kedua orang tuanya. Hal ini membuat mereka juga ingin berbagi kasih sayang dengan teman-temannya.
Karena itu, direkomendasikan agar orang tua memeluk dan mencium anak ketika ia bangun tidur, karena ini saat dimana ia baru tersadar dari istirahatnya dan kemungkinan mencari keberadaan orang tuanya. Pelukan dan ciuman juga baik diberikan kepada anak menjelang tidur, agar tidurnya nyenyak dan merasa tenang sehingga perkembangan otaknya pun bisa optimal. Memeluk dan mencium anak saat ia sedang sedih dan saat ia berhasil melakukan hal baik pun juga sangat dianjurkan untuk mengajarkannya cara peduli dan menghargai.
Pakar Parenting yang juga dosen dan penceramah, Hepi Andi Bastoni, mengatakan,  ada 4 (empat) titik yang harus sering dicium orang tua, utamanya ayahnya, kepada anaknya.
Pertama, Ubun-ubun. Hal ini perlu dilakukan sejak bayi. Sebab, ini adalah tempat Pre Frontal Cortex. Tempat penentuan keputusan benar dan salah.
Kedua, Dahi. Jika mencium dahi anak, sama dengan mengatakan “Ayah bangga padamu Nak”.
Ketiga, kedua pipi. Ini sama dengan mengucapkan “Ayah sayang padamu”.
Keempat, punggung tangan. Ini tanda bahwa ayah menghargai anak.
“Lakukan itu secara rutin. Dan rasakan efeknya. Jika Ayah sulit bertemu anak ketika bangun, pastikan sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja, cium anak. Doakan dengan suara kencang. Perhatikan, anak akan tersenyum atau mengangguk walau dia tertidur pulas,” kata Hepi. Yanuar Jatnika.
Sumber : https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id