Selasa, 14 Februari 2023

Berikut Cara Login Akun Belajar Id

 


Akun belajar id merupakan akun pembelajaran digitan yang dirilis oleh Kemendikbud untuk tenaga kependidikan, guru, dan siswa. Ketika login akun belajar id, Anda akan mendapatkan banyak panduan untuk mengenali apa itu akun belajar id melalui rangkaian program. Misalnya, adanya webinar pengenalan akun pembelajaran. Nantinya, Anda juga bisa menggunakan akun tersebut untuk mengakses berbagai layanan atau aplikasi pembelajaran yang berbasis elektronik.

Lalu, sudahkah Anda tahu bagaimana cara mendaftarakan, mengaktifkan, dan masuk ke akun belajar id? Jika belum, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

Mendaftarakan Akun Belajar Id

Umumnya, yang mengurus pendaftaran akun belajar adalah OPS (operator sekolah). Ada beberapa langkah dalam pendaftaran akun tersebut, yaitu:

  1. OPS (operator sekolah) mengakses alamat registrasi di data.kemendikbud.go.id, lalu login melalui alamat tersebut.
  2. Di laman utama, klik menu yang bernama ‘Unduh Akun’. Setelah itu, pilih PTK atau Peserta Didik agar bisa mengunduh file CSV. File tersebut memuat ID dan juga password pengguna, baik untuj tenaga kependidikan, guru, ataupun murid.
  3. Cek ulang file SCV untuk memastikan bahwa masing-masing pengguna mendapatkan ID dan Password. Jika sudah, bagikan secara personal keoada pihak (user) yang bersangkutan.

Mengaktifkan Akun Belajar Id

Semua user bisa mengaktifkan akun masing-masing secara personal. Tentu saja, Anda bisa meminta bantuan OPS ketika menemui kendala. Berikut langkahnya:

  1. Mintalah terlebih dahulu ID dan Password kepada OPS agar bisa mengakses akun belajar.
  2. Masuklah ke mail.google.com. Lalu, isilah kotak dialogue dengan nama akun atau ID serta password dari OPS.
  3. Anda akan melihat adanya syarat dan ketentuan. Klik ok untuk menyetujuinya. Sehingga, Anda bisa mengakses akun belajar.
  4. Akun sudah aktif. Anda bisa login akun belajar id kembali dan mengakses semua layanan di dalamnya.

Login Akun Belajar Id

Akun belajar sudah terdaftar dan berstatus aktif. Maka, tugas Anda selanjutnya adalah login dan memanfaatkan layanan aplikasi pembelajaran beserta fitur-fitur yang tersedia. Untuk masuk ke akun, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Sekali lagi, pasti bahwa Anda sudah memiliki ID dan password akun. Jika belum, Anda bisa meminta kepada operator sekolah.
  2. Buka google search engine. Ketikkan alamat mai.google.com. Setelah itu, Anda akan melihat ikon bulat di pojok kanan. Itu adalah ikon profil G-mail Anda. Langsung saja, klik akun tersebut.
  3. Ikon profil G-mail akan menampilkan akun Anda, baik itu akun utama atau beberapa akun cadangan lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah klik ‘tambah akun’. Nanti, Anda harus mengisi user atau ID. Isi saja sesuai ID akun belajar, begitu juga dengan passwordnya. Selanjutnya, klik login atau masuk.
  4. Anda akan berada di laman utama akun belajar ketika berhasil login. Di laman tersebut terdapat notifikasi ‘selamat datang’ karena Anda barus saja mengaktifkan akun belajar (baru). Klik saja tombol atau menu ‘terima’.
  5. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan perintan untuk membuat kata sandi baru yang lebih kuat. Sebenarnya, ini adalah opsional. Namun, sebaiknya, Anda membuatnya lagi dengan password yang lebih aman, tetapi tetap mudah diingat. Anda bisa mengetik ulang dan mengkonfirmasi perubahan sandi tersebut, yaitu dengan menekan ‘ubah sandi’. Nanti, akan muncul notifikasi ‘update password’. Anda tinggal klik pilihan itu.
  6. Perhatikan pojok atas layar, tepatnya di bagian kanan. Lihatlah apakah di samping kiri akun g-mail terdapat akum baru berupa akun belajar id. Jika ada, maka akun belajar Anda sudah aktif. Anda bisa segera beroperasi dan memanfaatkan fitur akun dengan klik icon titik 9. Lalu, Anda tinggal memilih menu atau fitur yang hendak Anda gunakan.

Bagaimana? Untuk login akun belajar id cukup sederhana, bukan? Segera aktifkan akun Anda dan nikmati layanan pembelajaran di dalamnya!

Sumber : https://naikpangkat.com/


Tidak ada komentar: