Kini mulai banyak diperbincangkan. Pasalnya baru – baru ini Kemendikbud Ristek secara resmi merilis aplikasi berbasis website ini. Tujuannya adalah untuk memudahkan pekerjaan guru dalam menginput nilai peserta didik sebagai hasil belajar selama di sekolah.
Aplikasi e-Rapor sebenarnya sudah beredar dan digunakan sejak dulu. Namun baru kali ini penggunaanya mulai masif dilakukan. E-Rapor yang baru rilis ini didesain sesederhana mungkin agar para guru dapat menggunakannya dengan mudah.
Keberadaan aplikasi e-Rapor dapat menjadi fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para guru pada Kurikulum Merdeka. Sebab apabila masih menggunakan cara manual untuk mengakomodir seluruh hasil belajar peserta didik, maka akan membutuhkan lebih banyak waktu bahkan hingga berhari – hari untuk menyelesaikan penginputan nilai.
Seperti yang telah dijelaskan Kemendikbud Ristek pada laman resminya bahwa aplikasi e-Rapor ini tersinkronisasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga guru tidak perlu melakukan input data peserta didik lagi. Dengan adanya integrasi antara e-Rapor dengan Dapodik maka akan memudahkan pihak sekolah dalam mensinkronisasi data sekolah mulai dari guru, siswa, mata pelajaran, dan lain sebagainya.
Namun sayangnya masih banyak diantara guru yang belum mengerti. Untuk dapat mengetahui hal tersebut simak penjelasan berikut.
Cara Log In E-Rapor
Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui bahwa aplikasi e-Rapor bisa diakses oleh beberapa pihak. Pihak – pihak tersebut meliputi administrator, guru, dan wali kelas. Ketiganya memiliki peran penting dalam pengoperasian aplikasi berbasis website ini di sekolah.
Admin atau administrator adalah orang yang ditunjuk oleh pihak sekolah untuk mengontrol kelancaran dalam penggunaan aplikasi e-Rapor. Adapun tugas dari seorang administrator adalah melakukan instalasi aplikasi e-Rapor, mensinkronisasi data ke Dapodik, hingga memberikan hak akses kepada pengguna yang bersangkutan, dalam hal ini guru dan wali kelas.
- Setelah aplikasi e-Rapor terinstal, buka aplikasinya dengan klik dua kali pada shortcut aplikasi yang ada di desktop
- Pada jendela browser nantinya akan muncul tampilan menu untuk melakukan login.
- Apabila sebelumnya sudah melakukan registrasi, dapat langsung melakukan login dengan username dan password yang telah didaftarkan. Jika belum registrasi, bisa dengan memasukkan username dan password default berikut;
Username: admin
Password : admin123456
atau
Username: administrator
Password: administrator.
Setelah itu pilih admin pada pilihan level user dan pilih semester yang sedang berjalan. Kemudian klik login
- Jika login berhasil maka akan diarahkan pada tampilan dashboard admin
Setelah berhasil masuk sebagai admin dan berada di dashboard, admin dapat menjalankan tugasnya seperti menghubungkan aplikasi dengan Dapodik dan memberikan hak akses kepada pihak – pihak tertentu. Administrator juga perlu menambahkan hak akses kepada guru dan wali kelas agar mereka dapat melakukan input data penilaian dan cetak rapor.
Untuk dapat mengakses aplikasi e-Rapor, guru harus memiliki username dan password yang digunakan untuk login. Username dan password tersebut didapatkan dari admin. Namun secara default username dapat diisikan dengan nama atau Nomor Induk Pegawai (NIP), sedangkan passwordnya bisa diisi dengan eraporkm123456 atau 123456.
Adapun cara login e-Rapor sebagai guru adalah sebagai berikut;
- Buka aplikasi e-Rapor dengan mengetik URL pada address bar browser sesuai dengan petunjuk admin
- Setelah aplikasi terbuka, masukkan username dan password yang telah diberikan admin atau bisa mengisinya dengan NIP pada kolom username. Untuk password defaultnya adalah 123456, jika belum diganti oleh OPS. Bagi yang belum memiliki NIP, dapat menggunakan nama lengkap sebagai username. Nama lengkap ditulis dengan huruf kecil dan tanpa spasi.
- Pilih level user “guru”
- Kemudian pilih tahun pelajaran atau semester yang sedang berjalan
- Klik “Login”
Setelah proses login berhasil, maka guru akan diarahkan menuju tampilan dashboard. Guru dapat mengganti password secara berkala pada menu ubah password. Mengganti password secara berkala dapat meningkatkan keamanan.
Level user guru bisa digunakan oleh guru mapel untuk melakukan input tujuan pembelajaran, input nilai, dan proses deskripsi. Untuk guru kelas atau wali kelas dapat melakukan input nilai projek P5, input catatan guru kelas/wali, dan cetak rapor leger dan rapor.
Proses login untuk level user lainnya dilakukan dengan cara yang sama. Tentu harus mendapatkan hak akses berupa username dan password dari administrator.
Cara Menggunakan E-Rapor
Sebagaimana saat diluncurkan, e-Rapor digunakan untuk melakukan input nilai hasil belajar peserta didik secara digital dan otomatis. Agar hasilnya sama seperti rapor pada umumnya, aplikasi e-Rapor dilengkapi dengan beberapa fitur atau menu yang dapat mempermudah guru dalam melakukan pelaporan.
Penggunaan e-Rapor tidak terlepas dari menu yang ada pada aplikasi berbasis website ini. Umumnya aplikasi e-Rapor memiliki beberapa menu yang bisa diakses oleh level user guru dan terdapat pada aplikasi e-Rapor di semua jenjang. Adapun menu tersebut meliputi;
- Input Tujuan Pembelajaran
Menu ini menjadi dasar penyusunan deskripsi dari suatu pembelajaran mata pelajaran. Untuk menggunakan menu ini guru bisa langsung mengklik pada menu Input Data dan Nilai, setelah itu pilih Input Tujuan Pembelajaran. Selanjutnya pilih mapel untuk melihat daftar tujuan pembelajaran yang sudah diinput. Jika ingin menambahkan Tujuan Pembelajaran, klik pada menu Tambah Tujuan Pembelajaran. Lalu pilih mapel dan jumlah tujuan pembelajaran. Setelah itu guru bisa mengisi tujuan pembelajaran pada kolom yang disediakan.
- Input Nilai Rapor
Menu ini digunakan untuk menginput nilai akhir rapor dan deskripsi capaian kompetensi siswa. Untuk menggunakan menu ini, klik menu Nilai Rapor. Kemudian pilih Input Nilai Rapor. Selanjutnya pilih kelas, mata pelajaran, dan semester untuk menampilkan form input nilai. Guru dapat mengisi nilai dengan skala 0-100 beserta deskripsi capaian kompetensinya.
- Input Nilai Projek P5
Untuk menggunakan menu ini, klik input nilai projek/nilai P5. Lalu pilih menu Capaian Projek. Kemudian pilih kelompok projek, nama projek, dimensi, elemen, dan sub elemen. Lalu checklist capaian sub elemen untuk masing – masing peserta didik pada kolom Predikat. Jika selesai, klik simpan
2. Input Catatan Guru Kelas/Wali
Menu ini bertujuan untuk memberikan catatan perkembangan atau hal khusus lainnya kepada peserta didik sesuai dengan pengamatan wali kelas yang nantinya dapat menjadi perhatian orang tua atau peserta didik tersebut.
Untuk menggunakan menu ini, klik Input Data Rapor dan pilih Input Catatan Walas/Catatan Guru Kelas. Selanjutnya pilih kelas dan semester. Wali kelas dapat menuliskan catatan perkembangan pada kolom yang disediakan. Setelah itu klik simpan.
3. Cetak Rapor Leger dan Rapor
Tahap terakhir penggunaan e-Rapor adalah mencetak rapor mulai dari leger, nilai rapor, pelengkap rapor, dan rapor projek P5. Untuk mencetak rapor, pilih menu Cetak Nilai dan pilih masing – masing rapor yang ingin dicetak. Sebelum mencetak, sesuaikan format ukuran dan margin kertas serta isikan tanda tangan. Nantinya file akan dibuat dalam bentuk PDF.
Tentunya masih terdapat beberapa menu lainnya yang bisa dimanfaatkan pada aplikasi ini. Untuk cara menggunakan e-Rapor lebih jelasnya dapat dilihat pada panduan e-Rapor di versi masing – masing jenjang satuan pendidikan.
Sumber : https://naikpangkat.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar