Karakteristik Program Sekolah Penggerak
Program kolaborasi antara Kemdikbud dengan Pemerintah Daerah di mana komitmen Pemda menjadi kunci utama
Memiliki ruang lingkup dan mencakup seluruh kondisi sekolah, tidak hanya sekolah unggulan saja, baik negeri dan swasta
Program dilakukan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi sekolah penggerak
Intervensi dilakukan secara holistik, mulai dari SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan Pemerintah Daerah
Pendampingan dilakukan selama 3 tahun ajaran dan sekolah melanjutkan upaya transformasi secara mandiri
Mari Bergabung dan Bersama-sama Berkolaborasi untuk Memajukan Pendidikan Indonesia
Tahapan Program Sekolah Penggerak
Hasil Belajar | ≤ 3 tingkat di bawah level yg diharapkan | Perundungan masih terjadi namun tidak menjadi norma | Sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa | Perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri Refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi Kepala sekolah dan guru aktif mengembangkan komunitas belajar |
Lingkungan Belajar | Perundungan menjadi norma | Belum memperhatikan kebutuhan dan tingkat kemampuan murid | Perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri Guru mulai melakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran | |
Pembelajaran | Secara rutin mengalami gangguan | - | ||
Refleksi diri dan pengimbasan |
Lingkup Program Sekolah Penggerak
Program Sekolah Penggerak | Kolaborasi Kemdikbudristek dan Pemerintah Daerah diikuti oleh PAUD (5-6 tahun), SD, SMP, SMA, SLB baik negeri maupun swasta |
Kondisi awal sekolah | Semua tahap baik tahap 1, tahap 2, tahap 3, atau tahap 4 |
Durasi program | 3 tahun ajaran semoga bermanfaat sahabat gtkpaudkotabkl. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar