Senin, 18 Desember 2023

DISEMINASI HASIL PROGRAM BPMP PROVINSI BENGKULU TAHUN 2023

 


Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu turut serta dalam kegiatan Diseminasi Hasil Program Peningkatan Kompetensi Guru dan Kependidikan, yang diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bengkulu pada 11-13 Desember 2023 di Hotel Garage Bengkulu.

BPMP tidak hanya menjadi peserta, melainkan juga berperan sebagai fasilitator dengan menghadirkan Widyaprada Drs. Supama, M.Si. dan Bu Rimayanti, Z, M.Pd. Dalam paparannya, Supama membahas lebih dari sekadar laporan rutin, tetapi merinci pencapaian 12 program unggulan BPMP yang merupakan turunan dari Program Pendidikan Dasar dan Menengah (PDM) 1-12 dari Kemendikbudristek.

12 program unggulan BPMP yang merupakan turunan dari Program Pendidikan Dasar dan Menengah (PDM) 1-12 dari Kemendikbudristek

Supama memaparkan terkait capaian program masing-masing PDM. Program Sekolah Penggerak (PSP), komitmen Pemda terhadap pelaksanaan Program PSP mencapai 66.67 %. PSP sudah mengimbaskan 100 % dan kontributor PMM, Untuk program Komunitas Belajar, 67 webinar telah diselenggarakan dan 100 % penerima chromebook telah menggunakan untuk pembelajaran.

Untuk pemanfaatan Arkas 4.0, Penerima dana BOS mencapai 98,49 % telah menggunakan ARKAS 4.0 dan Penerima dana BOP telah menggunakan ARKAS 4.0. mencapai 5,9 %. Supama juga memaparkan tingkat akses Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan Provinsi Bengkulu Tahun 2023, yatitu untuk jenjang SMA, SMP dan SD mencapai 100 %, sedangkan jenjang PAUD yang telah mengunduh lembar PBD sebanyak 63%. Adapun tantangan yang dihadapi terkait akses Rapor Pendidikan ini antara lain: Satuan Pendidikan belum paham pentingnya rapor Pendidikan, terutama jenjang SD dan masih terdapat GTK yang tidak memiliki atau lupa pasword akun id belajar, serta terdapat sekolah yang belum aktifasi dan login ke rapor Pendidikan.

Lebih lanjut Supama menyampaiakan tentang partisipasi Satuan Pendidikan mengikuti Asesmen Nasional (AN) untuk semua jenjang mencapai 100 % dan untuk Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) mencapai 98,99%.

Untuk Program Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Seluruh Dinas Pendidikan telah dilakukan Bimtek terhadap Kombel, organisasi mitra (Himpaudi, IGTKI, IGRA,) untuk penguatan literasai. Sosialisasi kepada satuan PAUD dengan penganggaran Kabupaten/Kota juga telah dilaksanakan. Begitu pula Bimtek terhadap 87 Kombel yang akan melakukan rencana aksi pengimbasan juga telah dilaksanakan.

Sementara itu, untuk Program Sekolah Sehat, Penerbitan SE Sekolah Sehat oleh Pemda dan pelaksanaan sehat bergizi, fisik dan imunisasi sekolah binaan telah dilaksanakan dengan capaian 100 %. Sedangkan pelaksanaan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) mencapai 82 %.

Terakhir, Supama menekankan bahwa segala kegiatan program Kemendikbudristek dan Balai telah diunggah dengan baik oleh Tim Publikasi BPMP, baik di laman resmi maupun media sosial. Supama berharap mendapatkan dukungan dari semua pemangku kepentingan untuk terus berkolaborasi dan bekerja sama demi mendukung Program Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek, guna kemajuan pendidikan di Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat dibaca pada materi paparan berikut:

DISEMINASI HASIL PROGRAM BPMP PROVINSI BENGKULU TAHUN 2023 Ok

(Kontributor: Erfi Susanti, Editor: Supama)

Sumber : https://bpmpbengkulu.kemdikbud.go.id/

Tidak ada komentar: