Kelompok Kerja (Pokja) Transformasi dan Inovasi Direktorat Sekolah Dasar (SD) mengadakan kegiatan Pembekalan Fasilitator Advokasi Pemanfaatan Chromebook dan Belajar.id. Pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan para calon fasilitator yang akan mendampingi satuan pendidikan dalam memanfaatkan Chromebook dan akun belajar.id di daerahnya.
Ketua Pokja Transformasi dan Inovasi Direktorat SD, Eko Warisdiono, menjelaskan bahwa keluaran (output) dari kegiatan pembekalan ini adalah rencana tindak lanjut dari para fasilitator untuk mengimbaskan atau mendampingi satuan pendidikan dalam meningkatkan aktivasi akun belajar.id. “Juga untuk memanfaatkan fasilitas Chromebook yang telah diberikan dari pemerintah pusat maupun daerah,” katanya saat pembukaan pembekalan di Sentul, Bogor,Jawa Barat (12-6-2023).
Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Dasar, Muhammad Hasbi, mengatakan bahwa kebijakan Merdeka Belajar episode 15 tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar relevan dengan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. “Direktorat Sekolah Dasar berupaya mendorong satuan pendidikan untuk memanfaatkan akun belajar.id sebagai salah satu kunci untuk belajar semua hal,” tutur Hasbi.
Pembekalan Fasilitator Advokasi Pemanfaatan Chromebook dan Belajar.id juga bertujuan menyamakan persepsi dan menjadi wadah koordinasi fasilitator yang berasal dari unsur guru dari 34 provinsi. Sebagai fasilitator, mereka diberi julukan “kapten” dan “ko-kapten”.
Obet, Ko-kapten dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, adalah salah satu fasilitator yang aktif membuat video praktik baik di sekolahnya. Dalam kegiatan pembekalan, Obet menceritakan pengalamannya mengajar menggunakan Chromebook. “Saya mengajari anak-anak di kelas menggunakan google classroom,” ujarnya.
Pembekalan fasilitator ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Direktorat Sekolah Dasar untuk mendukung kebijakan transformasi digital Kemendikbudristek guna peningkatan mutu pendidikan. (Dwi Nurani/Lian)
Sumber : https://ditpsd.kemdikbud.go.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar