Minggu, 30 Desember 2018

Game Edukasi dan Dongeng Anak Terbaik Android

Selain dongeng , game terbaik  edukasi anak bagi pengguna Android memang menjadi pilihan banyak orang tua untuk mengajarkan pengetahuan kepada anaknya. Kalau jaman saya dulu, saya di putarkan video edukasi berupa nyanyian anak-anak yag mengandung ajakan untuk menghafal huruf, santun pada orang tua, membantu orang tua, menyayangi teman, ajakan untuk pergi sekolah dan menyayangi teman dan guru serta ajakan-ajakan mulia lain yang dikemas secara menarik dalam sebuah video.
Namun, sekarang mulai jarang terdengar anak-anak yang diputarkan video edukasi tersebut dann sudah jarang juga yang menjual VCD atau DVD video nyanyian anak-anak tersebut di pasaran. Hingga saya mendengar anak dari tetangga saya yang diajarkan cara membaca secara manual dan kelihatannya si anak kesulitan menghafal huruf abjad, sehingga saya terfikir mengapa tidak diperlihatkan video edukasi seperti jaman waktu saya kecil dulu? dan ternyata memang sudah jarang yang menjual DVD/VCD video edukasi atau mungkin si orang tua yang tak terpikirkan untuk membelikan DVD tersebut.
Saya mendapatkan ide, mengapa kita tidak mencari aplikasi edukasi yang seru untuk dimainkan anak-anak? Anak-anak yang kebanyakan suka bermain game via android, dan alangkah lebih baiknya jika anak-anak bermain game sesuai dengan umurnya yaitu game edukasi yang berisi pengetahuan tentang membaca, menulis, berhitung, agama dan banyak lainnya yang tentunya penting untuk perkembangan anak.
Kumpulan Game Edukasi Terbaik Untuk Android
Cocok untuk anak umur 3 sampai 6 tahun. Seperti namanya, game buatan RC Multimedia dengan kategori Pendidikan yang berisi berbagai permainan yang mengenalkan anak-anak mengenali benda yang ada disekitar kita seperti pengenalan buah-buahan, binatang, huruf alfabet, warna, angka, nama-nama kendaraan transportasi, nama anggota tubuh, profesi, nama alat musik dan lainnya.
Dalam aplikasi yang telah diunduh lebiih dari 12.882 ini selain dikenalkan angka, juga terdapat soal matematika berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian yang berguna untuk mengasah otak anak. Terdapat fitur yang dapat menentukan tingkat kesulitan dari soal matematika yang akan dikerjakan.
game-edukasi-anak-all-in-1
Game buatan EduNet Indonesia dengan kategori Pendidikan ini mengajarkan anak-anak mengenai belajar wudhi, sholat, doa seperti doa makan dan doa lainnya, surat-surat pendek (Juz a’amma), huruf hijaiyah, lagu-lagu Islami anak mengenai rukun iman, rukun islam yang dilengkapi audio dan teksnya.
Cara Sholat, wudhu, doa-doanya pun terdapat bacaan dengan huruf arab, latin dan juga artinya. Game ini berukuran 32 Mb dan telah diunduh lebih dari 5.218 kali.
prermainan-edukasi-anak-muslimbelajar-mengaji-dan-berdoa
Aplikasi buatan SekarMedia dengan kategori Pendidikan yang telah di unduh lebih dari 2.041 kali ini penting untuk anak yang belum bisa menulis atau masih belajar menulis dan aplikasi menulis di android ini dapat membantu anak agar dapat semakin terasah kemampuan otak dan tangannya dalam menulis huruf dan angka. Huruf dan angka yang berwarna-warni dan berbagai tampilan menarik dalam aplikasi ini membuat anak tak mudah bosan belajar menulis huruf dan angka dan kelebihan lainnya adalah anak dapat belajar menulis huruf kapital dan huruf kecil.
Belajar Menulis Huruf dan Angka
Game Edukasi Anak Lengkap buatan Sekar Media Pendidikan yang telah diunduh lebih dari 4.588 kali ini berisi permainan yang mendidik seperti game yang melatih daya ingat, mewarnai dan pengenalan angka, huruf, warna, nama-nama bentuk, buah, binatang. Dalam aplikasi ini juga terdapat suara pemandu yang memudahkan anak dalam bermain dan belajar dalam aplikasi ini.
game-edukasi-anak-lengkap
Dongeng Untuk Anak
Dongeng merupakan hal yang penting untuk tumbuh kembangnya imajinasi anak yang diasah ketika membayangkan gambaran dari cerita yang sedang ia baca ataupun dengar. Dongeng juga memiliki pesan positif seperti mengajarkan berbakti pada orang tua, jangan meremehkan orang lain dan banyak pesan moral dongeng yang tersimpan dalam dongeng tersebut.
Aplikasi buatan Educa Studio dengan kategori pendidikan yang telah diunduh lebih dari 928 kali ini sangat bagus karena terdapat dua fitur dalam menyimak cerita yaitu dengan membacanya sendiri atau dibacakan Riri. Jadi si anak dapat dengan santai menyimak cerita dengan mudah, apalagi jika si anak belum bisa membaca. Dalam aplikasi ini juga terdapat animasi menarik yang dapat digerakkan dengan cara menyentuh gambar animasinya. Dalam aplikasi ini, dikisahkan Putri Raja yang dikutuk menjadi Keong Emas, bagaimana kisah petualangan selanjutnya dari keong mas dan apakah ia bisa kembali lagi menjadi manusia? Ikuti kisahnya di Cerita Anak: Legenda Keong Emas
Fitur dan Kelebihan aplikasi Cerita Anak – Legenda Keong Mas :
  1. Cerita yang dibawakan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.
  2. Dilengkapi dengan animasi, suara dan musik yang membuat cerita semakin menarik dan menambah minat baca dengan membacanya sendiri atau minat anak dalam menyimak cerita dengan fitur narasi otomatis.
  3. Terdapat permainan edukasi yang mendidik berupa belajar mengenali warna, belajar berhitung dan puzzle, labirin dan juga ketangkasan
aplikasi-cerita-anak-legenda-keong-mas
Game buatan Educa Studio yang juga berkategori Pendidikan ini telah diunduh lebih dari 1.310 kali ini bercerita tentang dua kerajaan yang saling bermusuhan. Bandung Bondowoso berniat menjadikan Roro Jonggrang sebagai istrinya, kemudian Roro Jonggrang ingin menolak namun tak bisa, kemudian Roro Jonggrang memberikan syarat yang berat kepada Bandung Bondowoso agar tidak bisa memenuhi syarat tersebut. Bagaimana kelanjutan kisah dari Roro Jonggrang ? simak cerita menariknya dalam aplikasi ini dan mainkan game menariknya!
Untuk fitur dan kelebihannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi “Cerita Anak: Legenda Keong Mas” karena aplikasi ini sama-sama dibuat oleh EducaStudio.
aplikasi-cerita-anak-roro-jonggrang
Game buatan Educa Studio dengan kategori pendidikan yang ketiga ini juga tak kalah menarik dengan buatan Educa Studio lainnya. Game ini telah diunduh lebih dari 1.609 kali unduhan dengan banyak respon positif. Cerita dalam aplikasi dongeng ini berawal ketika Malin undang yang hidup bersama ibunya. Karena kehidupan mereka yang kesusahan maka Malin Kundang memutuskan untuk pergi merantau.
Setelah pergi merantau, Malin berhasil mengubah nasibnya menjadi mapan dan kaya raya dan juga berasil menikah dengan putri saudagar kaya. Namun saat kembali ke kampung halamannya, Malin tak mau mengakui ibunya yang berpakaian lusuh dan kemudian sang ibu mengutuk malin menjadi batu. Bagaimana kisah selanjutnya? Dalam aplikasi ini juga terdapat game puzzle, labirin dan permainan lain yang berkaitan dengan cerita Malin Kundang. Ayo baca atau dengarkan ceritanya di aplikasi dongeng Cerita Anak: Malin Kundang.
aplikasi-cerita-anak-malin-kundang
Cerita Anak: Timun Mas buatan Educa Studio yang keempat dengan kategori pendidikan yang telah diunduh lebih dari 1.059 kali adalah cerita dongeng Timun Mas. Cerita berawal ketika seorang ibu yang tinggal seorang diri dan pada suatu hari, ia bertemu dengan Raksasa Hijau yang kemudian memberinya biji mentimun, kemudian ibu tersebut menanam biji tersebut dan dalam buah mentimun muncul bayi perempuan yang kemudian diberi nama Timun Mas.
Namun Raksasa Hijau kembali saat Timun Mas sudah beranjak dewasa. Bagaimana kisah selanjutnya ketika Raksasa Hijau datang ? Dalam aplikasi ini juga terdapat game yang juga bercerita tentang Timun Mas Baca atau dengarkan kelanjutan kisah dari Timun Mas dalam aplikasi tersebut.
cerita-anak-timun-mas
Aplikasi buatan Educa Studio nomor lima dengan kategori pendidikan yang telah di unduh lebih dari 1.568 kali ini bercerita tentang dongeng Bawang Merah. Cerita berawal ketika seorang anak perempuan bernama Bawang Putih yang hidup bersama ayah, ibu dan kakak tirinya. Kehidupan Bawang Putih berubah ketika sang ayah pergi untuk merantau, ibu dan kakaknya yang bernama Bawang Merah berubah menjadi jahat kepada Bawang Putih.
Bagaimana kelanjutan cerita menarik dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih ? dalam aplikasi ini juga terdapat game yang juga berkaitan dengan dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih lho? Baca atau dengarkan ceritanya dalam aplikasi ini.
cerita-anak-bawang-merah-putih
Game buatan Eduta Studio yang keenam dengan kategori Pendidikan yang telah diunduh lebih dari 2.453 kali iini bercerita tentang dongeng kancil dan buaya, hehe memang aplikasi buata Educa Studio bagus-bagus terutama aplikasi dongengnya sehingga sampai 6 aplikasi Educa Studio yang saya bahas pada artikel ini. Cerita berawal ketika Kancil ingin menyebrangi sungai yang begitu lebar namun Kancil sendiri tak bisa berenang. Kemudian ia menemui seekor buaya yang sedang tidur di sungai lalu Kancil mendapatkan ide untuk dicoba agar ia berhasil menyebrangi sungai. Apakah ide si Kancil berhasil? baca kelanjutan cerita dari dongeng Kancil dan Buaya dalam aplikasi buatan Educa Studio ini. Dalam aplikasi ini juga terdapat game yang juga berhubungan dengan cerita Kancil dan Buaya yang menambah keseruan setelah membaca dongengnya.
cerita-anak-kancil-dan-buaya
  • Dongeng Bergambar & Game Anak (cekidot)
Game buatan Dedo Inc yang berkategori Pendidikan ini berisi dongeng anak Indonesia teks dengan gambar dan juga terdapat puzzle didalamnya yang dapat membuat anak tertarik untuk membaca dongeng seperti Lutung Kasarung, Timun Emas dan dongeng-dongeng lainnya. Game ini sudah diunduh lebih dari 380 kali dan game ini berukuran 8,5 Mb.
dongeng-bergambar-game-anak
Sekian artikel saya kali ini mengenai game edukasii anak dan aplikasi dongeng terbaik untuk android. Memang permainan anak sudah mulai langka. Saya sendiri juga sadar kalau pendidikan anak cara mengajarkannya harus melalui permainan seperti nyanyian untuk mengeenal huruf, dongeng, cerita rakyat, cara beribadah dan lain sebagainya dan alhamdulilah saya menemukan beberapa aplikasi di atas yang dapat anda coba agar anak anda dapat bermain sambil belajar.
Sumber : https://pradianto.info/game-edukasi-dongeng-anak-terbaik-android/

Tidak ada komentar: