Selasa, 15 Mei 2018

NFORMASI PENYELENGGARAAN PROGRAM SELEKSI MANDIRI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI INDONESIA WILAYAH BARAT TAHUN 2018

Logo SMMPTN-Barat

INFORMASI PENYELENGGARAAN PROGRAM SELEKSI MANDIRI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI INDONESIA WILAYAH BARAT TAHUN 2018


Informasi Umum

Kata Pengantar


Seperti disebutkan dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016, bahwasanya penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.
Bahwasanya para Rektor PTN yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (BKS Wilayah Barat) memandang penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang merupakan kewenangan pimpinan perguruan tinggi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara profesional, terukur, terjamin dan efesien. Oleh karena itu, maka para Rektor dari 16 PTN anggota BKS Wilayah Barat, dalam pertemuannya di Jakarta pada tangga 22-23 Maret 2018, telah bersepakat untuk dapat menyelenggarakan program seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan program SMM PTN-BARAT 2018. Lima belas PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 adalah:
Program SMM PTN-BARAT 2018, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. Seperti halnya SBMPTN, SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.
Pembiayaan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMM PTN-BARAT tahun 2018.
Unsyiah
UNSYIAH
Unand
UNAND
Unja
UNJA
Unila
UNILA
Unib
UNIB
ISI
ISI Padang Panjang
UPR
UPR
Unimal
UNIMAL
Untirta
UNTIRTA
UMRAH
UMRAH
UBB
UBB
UTU
UTU
ITERA
ITERA
ISBI
ISBI ACEH
UNSAM
UNSAM
Panitia Penyelenggara SMM PTN-BARAT Tahun 2018

















Hasil seleksi SMMPTN 2018 akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2018 mulai pukul 14.00 WIBdan dapat diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan laman mirror sebagai berikut:

Tidak ada komentar: