Senin, 08 Januari 2018

Guru, Sudah Siap Kembali ke Sekolah?

Sumber : https://www.bernas.id/

 
Ilustrasi Guru mengajar (Sumber foto: mastegg[dot]com)

Tahun pelajaran semester genap telah datang. Hari-hari pertama masa sekolah, seperti yang sudah lazim berjalan akan diawali dengan bersih kelas dan pengenalan lingkungan sekolah untuk para siswa baru yang pindahan.
Banyak pihak sudah membicarakan hal ini. Bahkan menteri pun jauh-jauh hari sudah mengajak sekolah dan orang tua untuk mempersiapkan anak-anak memasuki hari pertama sekolah sebaik mungkin. Hal yang tidak pernah saya alami sebagai seorang siswa dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.
Di luar hal yang berkaitan dengan kesiapan siswa, salah satu yang menjadi perenungan adalah tentang guru. Bagaimana dengan guru? Sudahkah siap kembali ke sekolah, setelah kurang lebih dua minggu memdapatkan libur? Kecuali yang mempersiapkan dan melaksanakan ekskul,  tentu saja.  
Ketika seorang guru kembali ke sekolah, setelah lama berlibur, tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan. Atau malah selama liburan sudah dipersiapkan? Karena bagaimanapun juga, aktivitas (kalau tidak mau menyebutnya sebagai sekedar pekerjaan) sebagai guru menuntut persiapan yang tidak sedikit. 
Persiapan pertama adalah mental. Kenapa mental? Menurut pendapat saya, kesiapan mental spiritual seorang guru untuk kembali melaksanakan tugasnya setelah libur panjang adalah hal yang paling utama. Mengawali tugas dengan hati yang gembira, optimisme, pikiran yang positif, dan harapan akan kebaikan merupakan kunci pelaksanaan tugas yang baik. Hal ini akan mendorong seorang guru melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa syukur dan dimaknai sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa.  
Kalau hal pertama sudah dipenuhi, niscaya persiapan berikutnya berupa persiapan administrasi akan lebih ringan terasa. Walaupun persiapan administrasi seorang guru cukup banyak dan menyita waktu, tenaga dan pikiran, asalkan hati gembira, diniatkan sebagai ibadah, maka harapannya persiapan administrasi menjadi lebih mudah dilakukan. Artinya, meskipun banyak menyita waktu, tenaga dan pikiran, namun semuanya dilakukan secara baik sesuai tuntutan profesionalnya.
Persiapan berikutnya adalah persiapan fisik. Soal kesehatan dan penampilan bagaimanapun harus mendapatkan perhatian yang cukup. Bagaimanapun siswa akan lebih bergairah belajar ketika guru yang mendampinginya belajar energik dan berpenampilan menarik. 
Bagaimana teman-teman Guru, sudah siap kembali ke sekolah?

Tidak ada komentar: