Jumat, 29 Desember 2017

6 Cara Memotret Kembang Api dengan Hp di Malam Tahun Baru 2018

Sumber : http://www.pricebook.co.id

Merayakan momen pergantian tahun baru dengan mengabadikan indahnya semburan kembang api bisa dilakukan semua orang. Jika kamu tidak memiliki kamera DSLR atau mirrorless kamu tetap bisa memotret kembang api pada saat perayaan tahun baru dengan memanfaatkan kamera hape.
Berbeda dengan proses pengambilan gambar lainnya, memotret objek berupa kembang api saat tahun baru memerlukan pengaturan khusus agar hasilnya maksimal. Untuk membantu kamu menciptakan foto kembang api terbaik pada perayaan tahun baru 2018 menggunakan kamera hape, silahkan simak tips berikut ini:

1. Matikan Fitur LED Flash

Ketika pengambilan gambar kembang api, fitur LED Flash sama sekali tidak dibutuhkan. Untuk itu, silahkan matikan fitur ini dengan mengaturnya melalui setting. Jangan lupa, kamu pun dapat mengaktifkan fitur image stabiliser jika memilikinya, kemudian setting image dalam kualitas tertinggi.

2. Pastikan Memori Hape Cukup

Lihat memori hape kamu, apakah memorinya mencukupi untuk menyimpan hasil foto kembang api dan hal lainnya saat merayakan tahun baru 2018 kamu nantinya. Jika sudah mau penuh, segera lakukan perpindahan file yang ada di hape kamu ke laptop biar memori hape makin lega.

3. Gunakan Mode Manual

Beberapa hape saat ini dilengkapi dengan mode manual pada kamera. Sebelum melakukan pengambilan gambar kembang api saat malam pergantian tahun 2017 ke tahun baru 2018 , silahkan manfaatkan fitur ini dengan mengatur ISO ke angka 400 sehingga foto yang dihasilkan minim noise, gunakan slow shutter selama 5 detik untuk meredam gerakan percikan kembang api, dan gunakan fitur burst mode sehingga bisa menangkap gambar dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Manfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika hape kamu tidak memiliki fitur di atas, kamu bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Rekomendasi aplikasi yang dapat kamu download adalah Camera Night yang dapat membantu kamu untuk memotret deengan maksimal saat malam hari, aplikasi Slow Shutter yang bisa mengendalikan kecepatan shutter pada kamera selama 5 sampai 30 detik sehingga ideal untuk memotret kembang api dan aplikasi Fast Camera App atau Camera FV-5 yang memungkinkan kamera hape dapat memotret hingga 800 gambar per menit.

5. Gunakan Tripod

Selain untuk kamera DSLR, aksesoris berupa tripod banyak tersedia untuk hape. Nah, kamu dapat memilih tripod yang kompatibel dengan hape kamu, dimana aksesoris ini dapat membuat kamera menjadi stabil, menjadikan rana dapat terbuka cukup lama untuk menangkap cahaya dan meminimalisir blur akibat pergerakan kamera.

6. Hindari Memotret Langsung dari Instagram

Image via AndroidPit
Kamu yang biasanya sering memotret melalui aplikasi Instagram karena ingin membagikannya secara instan harus menghindarinya saat ingin memfoto kembang api di malam tahun baru 2018. Memotret langsung via Instagram dapat mengganggu momen karena proses upload yang memakan waktu sehingga kamu berpotensi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan foto terbaik.
Penggunaan sensor canggih pada kamera hape tentu saja dapat kamu manfaatkan saat ingin memotret kembang api. So, tidak ada salahnya melakukan tips di atas jika ingin mengabadikan momen kembang api melalui foto.
Baca juga artikel:
Foto Kembang Api Tahun Baru 2018 Pakai iPhone Jadi Bagus, Ini 7 Langkahnya!
5 Cara Memotret Kembang Api Tahun Baru 2018 Tanpa Tripod
15 Tips Foto Kembang Api di Tahun Baru 2018 Pakai Kamera DSLR

Tidak ada komentar: