Jumat, 01 Desember 2017

BELAJAR MICROSOFT WORD 2010 UNTUK PEMULA

Belajar Microsoft Word 2010 untuk pemula sehingga adik-adik, kakak-kakak, bapak-bapak, ibu-ibu dan sobat-sobat semuanya  yang akan belajar Microsoft Word bisa dengan mudah untuk mencari materi-materinya, untuk 2010 pada prinsipnya masih sama dengan 2007 tidak banyak terdapat perbedaan. Apabila ada pertanyaan silahkan saja berikan komentar. Terimakasih dan selamat mencoba.
Daftar Isi Belajar Microsoft Word 2007/2010 Untuk Pemula
I. Pendahuluan
A. Membuat Dan Menyimpan Document Word
B. Clipboard (Copy Cut Dan Paste)
C.  Font (Mengatur Huruf Dan Pewarnaan)
E. Pages (Halaman)
D. Ilustration  (Menyisipkan Gambar)
F. Header Footer Page Number
G. Word Art dan Drop Cap
H. Page Setup (Mengatur Kertas)
I. Page Background
J .Mail Merge
K. Pengaturan
L. Memberi Password Dokument
Terimakasih semoga bermanfaat buat para Bunda dan Guru.

MENGISI NILAI RAPOR SISWA OTOMATIS MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

Contoh yang saya buat dengan Microsoft Excel, manual input nilai satu persatu.

mengisi nilai rapor siswa otomatis


Note: saya akan buat yang lebih sederhana dari contoh di atas

iapkan Data Nilai

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu data nilai yang akan dimasukkan ke buku rapor. Kali ini saya akan memakai nilai siswa milik isteri saya. Anda bisa download filenya di Rumus Microsoft Excel yang Wajib Dikuasai oleh Seorang Guru. Atau ikuti stepnya berikut.
Buatlah file baru Microsoft Excel dan simpan dengan contoh nama file Data Nilai.xlsx di bawah ini.
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Buatlah beberapa kolom baru seperti Nomor, Nama Siswa, Mata Pelajaran, Jumlah Nilai, Rata-Rata Nilai, Nilai Tertinggi, dan kolom Nilai Terrendah.
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Keterangan:
Nama Pelajaran 1             : Saya anggap Sebagai RATA-RATA KELAS pelajaran tersebut
Nama Pelajaran 2             : Saya anggap Sebagai NILAI TERTINGGI pelajaran tersebut
Nama Pelajaran 3             : Saya anggap Sebagai NILAI TERRENDAH pelajaran tersebut
Untuk pengisian jumlah, rata-rata, tertinggi dan terrendah silakan baca di artikel sebelumnya. Setelah selesai simpan data kerja Microsoft Excel anda.

Membuat Template buku RAPOR di Microsoft Word

Langkah kedua adalah membuat template buku rapor, tidak di Microsoft Excel seperti saya sebelumnya, tapi di Microsoft Word tapi akan saya buat semirip mungkin. Buatlah seperti di bawah ini:
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Atau download filenya di sini.

Memanfaatkan Mail Merge Untuk Pengisian Nilai Rapor

Setelah data nilai kita buat dan simpan begitu juga dengan template buku RAPOR di atas, saat menggunakan fitur Microsoft Word yang jarang digunakan, yaitu Mail Merge. Pilih menu tab Mailing klik Start Mail Merge lalu pilih Directory.
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Masih di menu tab Mailings pilih Select Receipients dan pilih Use Existing List.
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Akan muncul data source yang akan kita ambil. Ingat yang kita ambil adalah Data Nilai yang telah dibuat sebelumnya.
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Pilih di sheet Microsoft Excel mana data tersebut dibuat, pilih saja sheet2$ yang muncul.
mengisi nilai rapor siswa otomatis

Memasukkan Data Excel Ke Microsoft Word

Simpan kursor di sebelah Nama kemudian masuk kembali ke menu Mailing  cari Insert Merge Field lalu klik. Pilih “NAMA” dan akan muncul seperti ini:
mengisi nilai rapor siswa otomatis
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Tekan Highlight Merge Field agar kita bisa melihat jelas field yang diinput. Lakukan hal yang sama dengan menyimpan kursor di kolom nilai pelajaran klik Insert Merge Field dan pilih kategori yang sudah disesuaikan.
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Untuk melihatnya berhasil atau tidak cari Preview Result kemudian klik dan bandingkan dengan data di Microsoft Excel sebelumnya.
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Anda cukup melakukan ini satu kali untuk puluhan siswa !
Penasaran dengan siswa lain? Cek satu-satu dengan menu ini:
mengisi nilai rapor siswa otomatis
Klik saja tanda panah atau langsung input nomor urut siswa di Microsoft Excelnya.

Mencetak buku RAPOR

Langkah pamungkas yaitu mencetak hasil penginputan nilai ke buku RAPOR melalui Mail Merge. Jika Anda tersambung dengan perangkat cetak atau printer, maka Anda langsung bisa mencetaknya sekaligus atau melakukan pilihan.
Masih di menu Mailings pilih Finish & Merge kemudian jika akan cetak pilih Print Documents.
mengisi nilai rapor siswa otomatis

Selamat mencoba, dan bagikan !

APLIKASI PENCATAT HUTANG RUMUS EXCEL

Langsung saja langkah-langkah membuat sangat mudah, rumus-rumus yang digunakan yaitu sebagai berikut :
  • Sheet1 Data
Sheet data digunakan untuk input data-data pelanggan yang berhutang, pada sheet ini tidak ada rumus-rumus jadi hanya untuk input data saja, seperti : No, No ID pelanggan, Nama, No HP, alamat, ket dan data-data lain yang bisa disesuaikan ditambahakan sesuai dengan kebutuhan.
Data Nama Penghutang
  • Sheet2 Catat Hutang
Lanjut pada sheet 2 dengan nama Catat Hutang, Sheet ini digunakan untuk mencatat jika ada pelanggan atau pembeli yang berhutang, kolomnya meliputi Tgl hutang, No ID, Nama, Jml Hutang, Ket.
Catat Hutang

Pada sheet ini yang terdapat rumus hanya pada kolom nama, admin gunakan rumus vlookup, supaya ketika no ID diketikan muncul nama pelanggan otomatis, rumusnya.
=IFERROR(VLOOKUP(C5;Data!$B$5:$D$29;2;FALSE); "   " )
emudian Rumus Vlookup digabung dengan IFERROR, fungsinya untuk menghilangkan pesan error ketika data tidak diisi, sehingga tampil lebih  supaya rapi jika datanya kosong. Selanjutnya Tarik drag saja rumusnya sampai kebawah baris akhir.
  • Kemudian sheet3 atau Bayar Hutang
Pada sheet ini digunakan untuk input jika pelanggan ingin membayar hutang,  kolom mirip seperti sheet diatas meliputi : Tgl, No ID, Nama, Jml Bayar, Ket.
Bayar Hutang
Pada sheet ini yang terdapat rumus hanya pada kolom nama, sama gunakan rumus vlookup, supaya ketika no ID diketikan muncul nama pelanggan otomatis, dengan memanggil data dari sheet1
Rumusny
=IFERROR(VLOOKUP(C5;Data!$B$5:$C$29;2;FALSE); "  " 
  • Sheet 3 Rekap dan laporan
Pada sheet ini yang banyak rumusnya, sistem atau alur rumus pada aplikasi ini yaitu kita kumpulkan/jumlahkan hutang masing-masing pelanggan, selanjutnya jumlahkan juga total yang dibayar oleh masing-masing pelangan bardasar NO ID, kemudian jumlah hutang dikurang jumlah yang sudah dibayar maka otomatis akan muncul sisa hutangnya jika 0 maka hutang lunas jika kurang maka akan muncul keterangan belum lunas jika lebih maka muncul keterangan bayar lebih.
Rekap Laporan Hutang
Berikut rumus-rumusnya :
  • No ID saya abil sama dengan data jadi rumusnya =Data!B5
  • Nama gunakan rumus vlookup untuk mamanggil nama otomatis dari NO I
=IFERROR(VLOOKUP(B5;Data!$B$5:$C$29;2;FALSE);"  ")
  • Jumlah Hutang, rumus yang digunakan yaitu rumus SUMIF untuk menjumlahkan total hutang untuk masing-masing pelanggan
=SUMIF('Catat Hutang'!$C$5:$C$104;B5;'Catat Hutang'!$E$5:$E$104)
  • Jumlah Bayar, rumus yang digunakan yaitu Rumus Excel SUMIF untuk menjumlahkan total yang dibayar untuk masing-masing pelanggan.
=SUMIF('Bayar Hutang'!$C$5:$C$104;B5;'Bayar Hutang'!$E$5:$E$104)
  • Sisa Hutang, Sisa hutang tinggal dikurang saja jumlah hutang dikurang jumlah bayar tiap pelanggan.
rumusnya yaitu =D5-E5
  • Keterangan
Keterangan untuk menampilkan keterangan sudah lunas, belum lunas atau bayarnya lebih
rumusnya menggunakan Rumus Excel IF MAJEMUK
=IF(B5=0;"  ";IF(F5=0;"Lunas";IF(E5>D5;"Pembayaran lebih";"Belum lunas")))
NB : Pada contoh file ini admin buat hanya sampai batas baris tertentu saja untuk menambahkannya yaitu kita tambahkan saja range pada masing-masing rumusnya
Data!$B$5:$D$29 maka sobat ganti misalnya Data!$B$5:$D$500
‘Catat Hutang’!$C$5:$C$104;B5 ganti tambah menjadi ‘Catat Hutang’!$C$5:$C$500;B5
dst
Demikian penjelasnya selanjutnya silakan dikembangkan sesuai kebutuhan.
Terimakasih semoga bermanfaat.

MEMBUAT REKAP KEHADIRAN SISWA OTOMATIS MENGGUNAKAN PROGRAM EXCEL

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
Rumus yang kita gunakan yaitu countif
1. Pertama kita buat rumus untuk  merekap data kehadiran terlebih dahulu :
Pada cell J5 ketikan =COUNTIF(D6:I6;”H”) 
Penjelasan :
COUNTIF artinya akan dihitung jika,  D6:I6 yaitu range/rentang yaitu dari hari senin s/d sabtu, H merupakan kriterian jadi data akan terhitung jika pada rentang hari pembelajaran ditulis dengan kriteria huruf “H“.
2. Buat rumus untuk  merekap data Absensi  Sakit (S) :
Pada cell K5 ketikan =COUNTIF(D6:I6;”S“)  range masih sama, hanya diubah pada kriteria menjadi “S” untuk sakit .
3. Buat rumus untuk  merekap data Absensi  Izin (I) :
Pada cell L5 ketikan =COUNTIF(D6:I6;”I”)  range masih sama, hanya diubah pada kriteria menjadi “I” untuk Izin
4. Buat rumus untuk  merekap data Absensi  Alpa (A) :
Pada cell M5 ketikan =COUNTIF(D6:I6;”A”)  range masih sama, hanya diubah pada kriteria menjadi “A” untuk Alpha

Selanjutnya kita select keempat cell yang tadi kita buat dan kita drag/tarik rumusnya kebawah sampai seluruh data santri.
elesai
Berikut contoh hasilnya : Data kehadiran dan absensi akan direkap secara otomatis berdasarkan kriteria huruf yang ditetapkan. H, S, I, A.
Jika ingin download Contoh file Absensi Siswa Excel Rekap otomatis yang sudah jadi ada di artikel ini