Minggu, 09 Desember 2018

BAHAN AJAR CETAK KURSUS DAN PELATIHAN KEMDIKBUD





Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Kurikulum Berbasis Komptensi dan Bahan Ajar. Ke dua bagian ini wajib dimiliki dan dilaksanakan oleh semua pengelola Kursus yang ada di wilayah Kesatuan Republik Indonesia seperti yang terdapat dibawah ini dan dapat langsung di download.


Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
KBK Senam jenjang III Berbasis KKNI
KBK Senam jenjang II Berbasis KKNI
KBK Pijat Refleksi Jenjang IV Berbasis KKNI
KBK Pijat Refleksi Jenjang III Berbasis KKNI
KBK Pijat Refleksi Jenjang II Berbasis KKNI
KBK Pekarya Kesehatan jenjang II Berbasis KKNI
KBK Pastry & Bakery jenjang III Berbasis KKNI
KBK mengemudi pemula jenjang II Berbasis KKNI
KBK Mekanik Pemula Sepeda Motor jenjang II Berbasis KKNI
KBK MC Master Of Ceremony jenjang III Berbasis KKNI
KBK Jaringan Komputer jenjang III Berbasis KKNI
KBK Fotografi jenjang V Berbasis KKNI
KBK Fotografi jenjang III Berbasis KKNI
KBK Elektronika jenjang III Berbasis KKNI
KBK Desain Grafis jenjang II dan III Berbasis KKNI 
KBK Animasi jenjang II, III dan IV Berbasis KKNI
Kurikulum Sekretaris Berbasis KKNI
Kurikulum Sulam Jenjang III Berbasis KKNI
Kurikulum Sulam Jenjang II Berbasis KKNI
Kurikulum Bordir Jenjang III Berbasis KKNI
Kurikulum Bordir Jenjang II Berbasis KKNI
KBK Sinshe Level 3 Berbasis KKNI
KBK Tata Kecantikan Kulit Berbasis KKNI
KBK Tata Busana Berbasis KKNI
KBK Baby Sitter Level 3 Berbasis KKNI
KBK Baby Sitter Level 2 Berbasis KKNI
KBK Video Editing Berbasis KKNI
KBK Penyiar TV Berbasis KKNI
KBK Kamerawan TV Berbasis KKNI
Kurikulum Berbasis Kompetensi Master of Ceremony
Kurikulum Berbasis Kompetensi Bahasa Inggris Umum
Kurikulum Berbasis Kompetensi Teknik Akuntansi Tingkat Senior dan Yunior
Kurikulum Berbasis Kompetensi Akupunktur
Kurikulum Berbasis Kompetensi Tata Boga
Kurikulum Berbasis Kompetensi Kamerawan TV
Kurikulum Berbasis Kompetensi Penyiar Televisi
Kurikulum Berbasis Kompetensi Merangkai Bunga
Kurikulum Berbasis Kompetensi Menjahit Pakaian
Kurikulum Berbasis Kompetensi Ekspor Impor
Kurikulum Berbasis Kompetensi Hantaran
Kurikulum Berbasis Kompetensi Bahasa Jepang
Kurikulum Berbasis Kompetensi Komputer untuk Aplikasi Perkantoran
Kurikulum Berbasis Kompetensi Musik
Kurikulum Berbasis Kompetensi Tata Kecantikan Kulit
Kurikulum Berbasis Kompetensi Tata Kecantikan Rambut
Kurikulum Berbasis Kompetensi Tata Rias Pengantin Dengan Paes Ageng
Kurikulum Berbasis Kompetensi Tata Rias Pengantin Tanpa Paes Ageng
KBK Sinshe
KBK Sekretaris
KBK Hubungan Masyarakat (HUMAS)
KBK Jasa Usaha Makanan
KBK Bordir
KBK Pengobatan Tradisional Ramuan

 DATA TERBARU
NoJenis KursusJudul Bahan Ajar
1Bunga Kering dan BuatanMerangkai Bunga Kering dan Buatan
2Desain GrafisDesain Grafis-Pengantar Desain Grafis
3Tata Kecantikan KulitTata Kecantikan Kulit-Merias Wajah Foto/Film Karakter dan Fantasi
4Public Speaking / MCPublic Speaking-Pengantar MC Formal
5Tata Kecantikan RambutTata Kecantikan Rambut-Mengecat Rambut Uban dan Menata Sanggul Cemara
6Tata BogaTata Boga-Makanan Pembuka/Penyelera Indonesia
7OtomotifOtomotif-Sistem Rangka pada Sepeda Motor
8Bordir dan SulamBordir-Teknik Dasar Bordir
9Baby SitterBaby Sitter-Panduan Lengkap Mengasuh Usia 0-12 Bulan (Untuk Pengasuh Bayi)
10AkuntansiAkuntansi-Mengelola Administrasi Jurnal
11Tata BogaPengelolan Makanan Kontinental (Tata Boga Level 3)
12Merangkai BungaTeknik Merangkai Bunga Untuk Pemula (Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral Level 1)
13RefleksiIlmu Pijat Pengobatan Refleksi Relaksasi (Pengobatan Pijat Refleksi Level 2)
14OtomotifSistem Pemindah Tenaga Sepeda Motor (Otomotif Sepeda Motor Level 2)
15Bunga Kering dan BuatanMerangkai Bunga Kering dan Bunga Buatan (Level 1)
16Broadcasting / PenyiaranSeni Tampil di Depan Kamera TV - Menjadi Reporter dan Presenter TV (Penyiaran/broadcasting level 3)
17Tata Kecantikan RambutMengeringkan Rambut dengan Pengering Genggam (Tata Kecantikan Rambut Level 2)
18Tata Kecantikan KulitMerias Wajah Artis Geriatri dan Sikatri (Tata Kecantikan Kulit Level 3)
19Bordir dan SulamDasar Seni dan Desain Bordir (Bordir Level 2)
20Baby SitterMerawat Bayi Untuk Baby Sitter Yunior (Baby Sitter Level 2)
21Tata Kecantikan KulitMerawat Wajah dengan Teknologi Alat Listrik
22MenjahitSiap Menjahit dan Mengenal Tekstil
23Broadcasting / PenyiaranDasar-dasar Penataan Cahaya Televisi (Broadcasting Level 3)
24Seni MusikTeori Musik (Musik Level 1)
25MengemudiTeknik Mengemudi Aman (Mengemudi Level 2)
26HantaranHantaran Tradisional, modifikasi, dan Cantik Unik Jilid 2 (Hantaran Level 3)
27AkupunkturTeori Meridian Akupunktur (Akupunktur Level 2)
28Humas / Public RelationsManajemen Spesial Event
29OtomotifSistem Bahan Bakar Pada Sepeda Motor
30Tata BogaPengetahuan Penanganan Bahan Makanan dan Permasalahannya
31Broadcasting / PenyiaranKomposisi Gambar dalam Produksi Acara Televisi
32OtomotifKomponen Utama Mesin Bensin
33Tata Kecantikan RambutPerawatan SPA untuk Kulit Kepala dan Rambut (Hair SPA)
Semoga bermanfaat dan menjadi acuan seluruh pemilik kursus.....

GURU PROFESIONAL (TINDAKAN IDEAL)

Anda dapat bergabung dengan profesi mengajar dengan menyelesaikan pelatihan dan sertifikasi yang diperlukan, tetapi menjadi seorang guru profesional berarti sesuatu yang lebih dari itu. Menjadi seorang profesional berarti melaksanakan diri Anda sesuai dengan standar tertinggi, memberikan usaha terbaik Anda di dalam dan di luar kelas, dan membangun hubungan berdasarkan rasa saling menghormati. Jadi, jika Anda bercita-cita menjadi seorang guru, tujukan untuk menjadi seorang guru yang baik; dan jika Anda ingin menjadi guru yang baik, pastikan untuk bertindak seperti seorang profesional.

Sebelas tindakan yang dapat dijadikan acuan sebagai seorang profesional :
  1. Proyeksikan tampilan rapi dan bersih dengan pakaian dan gaya Anda. Anda mungkin memiliki lebih banyak keleluasaan dalam pakaian Anda daripada generasi guru sebelumnya - seorang guru laki-laki mungkin tidak diharapkan untuk memakai jaket dan dasi, misalnya. Tidak peduli apa pun aturan berpakaian (atau tidak ada) di sekolah Anda, fokuslah pada mempertahankan penampilan profesional. Datang untuk bekerja mencari bagian dari seorang guru, bukan mencoba berpakaian seperti murid-murid Anda. [1]Pakaian A nda tidak harus pengap dan kancing, tetapi ditujukan untuk pakaian sederhana, bersih, kerut, dan bebas kerusakan. Anda bisa memasangkan rok atau celana panjang dengan blus atau sweater, misalnya, atau memakai celana panjang dan kemeja berkerah dengan sweater atau jaket dan mungkin dasi. Ketika datang ke perawatan pribadi, cobalah untuk tidak terlihat seperti Anda baru saja bangun dari tempat tidur atau seperti Anda sedang menuju ke klub.
  2. Berperilaku profesional di depan umum. Siswa dan komunitas pada umumnya akan melihat Anda sebagai guru bahkan ketika Anda tidak bekerja, jadi pastikan Anda mewakili sekolah dan profesi Anda dengan baik dalam kehidupan sehari-hari Anda. Jadilah seseorang yang orang lain dapat hormati situasi apa pun. [2] Untuk menyebut contoh ekstrem, terlibat dalam perkelahian yang mabuk pada waktu luang Anda akan menyebabkan anggota komunitas kehilangan rasa hormat tidak hanya untuk Anda, tetapi mungkin juga untuk profesi pada umumnya. Jangan menjelek-jelekkan sekolah atau gosip tentang karyawan sekolah atau siswa.
  3. Menjaga profesionalisme di media sosial. Media sosial dapat menjadi cara yang bagus bagi Anda untuk terhubung dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja, tetapi juga dapat menjadi pintu gerbang menuju perilaku tidak profesional atau bahkan tidak pantas. Anda harus menjaga profil media sosial pribadi dan profesional Anda terpisah, dan menjaga pengaturan privasi yang ketat untuk masing-masing. [3] Sebagai aturan umum, jangan mengatakan apa pun di media sosial yang tidak akan Anda katakan di kelas. Tolak godaan untuk terlalu cerewet atau terlalu berlebihan di media sosial. Pertahankan tingkat jarak profesional dalam hubungan Anda dengan siswa dan orang lain dalam kapasitas Anda sebagai guru. Jangan memposting foto siswa Anda di media sosial tanpa persetujuan mereka dan orang tua atau wali mereka. Periksa apakah sekolah Anda memiliki pedoman atau kebijakan media sosial di tempat.
  4. Persiapkan dengan saksama untuk setiap hari mengajar. Periksa perencana Anda malam sebelumnya dan bersiap-siap untuk hari berikutnya. Guru profesional merencanakan dengan saksama untuk setiap pelajaran dan kelas. Kemudian, mereka tetap berpegang pada program kerja dan jadwal penilaian mereka. [4] Hal ini memastikan bahwa konten silabus tercakup, dan juga keterampilan yang diperlukan untuk keberhasilan siswa dalam jangka waktu yang lebih lama dalam bidang pelajaran atau pembelajaran khusus mereka. Hari kerja guru profesional tidak berakhir dengan bel sekolah di penghujung hari, dan selalu dimulai sebelum bel pagi keesokan harinya.
  5. Datang untuk bekerja tepat waktu setiap hari. Seorang guru profesional memahami kebutuhan untuk memulai hari dengan baik, setiap hari. Kesan pertama yang Anda buat setiap pagi mengatur nada untuk sisa hari itu. [5] Datanglah cukup awal sehingga Anda punya waktu untuk menyusun semua makalah dan rencana pelajaran Anda, sehingga Anda bisa mempersiapkan diri secara mental untuk memulai hari dengan benar.
  6. Ikuti prosedur dan protokol yang diharapkan di sekolah Anda. Profesional sejati, dalam bidang apa pun, merangkul identitas dan nilai-nilai perusahaan, dan memodelkannya untuk klien. Dalam kasus seorang guru, itu berarti menjadi “pemain tim” dengan sesama guru dan administrasi sekolah, dan memproyeksikan fokus yang dibagikan ini kepada siswa Anda. [6] Bahkan jika Anda memiliki keraguan atau perbedaan pendapat dengan identitas atau prosedur perusahaan di sekolah Anda, jangan biarkan hal ini memengaruhi pengajaran Anda.
  7. Jangan lewatkan tenggat waktu atau ketinggalan penilaian Anda. Para profesional menjaga pekerjaan mereka tetap up to date dan merencanakan ke depan. Jika Anda selalu mendorong tenggat waktu kembali atau membuat janji yang tidak dapat Anda tepati, Anda akan kehilangan rasa hormat di mata siswa dan rekan Anda. [7] Ketika datang ke penilaian, aturan main 3 hari adalah titik awal yang baik untuk tes tugas dan non-esai yang lebih pendek. Untuk tugas yang lebih lama, tetap berpegang pada turnaround 2 minggu. Jika Anda mengambil waktu terlalu lama untuk menyerahkan tes dan sebagainya, para siswa dapat kehilangan minat pada tugas dan hasil mereka pada saat Anda mengembalikan pekerjaan mereka
  8. Rangkullah perubahan dan beri kesempatan metode baru. Jangan menjadi kiamat dan buang air dingin pada ide atau saran baru untuk perubahan positif. Daripada menyuarakan pikiran negatif seperti "Itu tidak akan berhasil di sekolah ini," dengan hormat perhatikan setiap kekhawatiran yang mungkin Anda miliki tetapi tunjukkan kesediaan Anda untuk mencoba sesuatu yang berbeda. [8]
  9. Jangan langsung diskon saran atau ide baru dari siswa juga. Biarkan mereka tahu bahwa pendapat dan perspektif mereka dihargai. Cari pengetahuan subjek baru untuk dibagikan dengan siswa Anda. Ikuti kursus pendidikan berkelanjutan agar Anda tetap terangsang secara mental. Antusiasme Anda yang diperbarui untuk subjek Anda akan dihargai dengan meningkatnya minat dan antusiasme siswa untuk subjek itu sendiri. [9]  Seorang profesional sejati - sebagai guru atau dalam karir lainnya - tidak pernah berhenti belajar. Juga pastikan Anda mengikuti kebijakan dan undang-undang pendidikan.
  10. Jadilah bergairah, positif, dan antusias tentang pekerjaan Anda. Jangan bertindak seperti tugas untuk berada di kelas, bahkan jika terasa seperti itu dari waktu ke waktu. Sebaliknya, proyeksikan positif dan antusiasme siswa Anda. [10] Jika Anda membutuhkan dorongan positif, luangkan waktu setiap pagi atau di antara kelas untuk mengingatkan diri Anda sendiri mengapa Anda masuk ke pengajaran dan apa yang Anda dapatkan darinya. Pertahankan antusiasme positif ini di luar kelas juga. Misalnya, seorang guru profesional tidak akan menciptakan hal negatif di ruang staf atau terlibat dalam gosip tak beralasan.
  11. Hadiri kursus pengembangan profesional untuk mendapatkan keterampilan baru. Guru profesional selalu belajar dan berbagi apa yang mereka ketahui. Pelajari tentang teori dan praktik pedagogis terbaru, serta alat perdagangan. Terbuka untuk mencoba ide-ide baru untuk membantu siswa Anda belajar dan berkembang. Sama seperti Anda belajar dari guru lain, mereka dapat belajar dari Anda. Bagikan apa yang Anda pelajari dari pengalaman dan kelas Anda dengan guru lain, terutama mereka di tim Anda.



Sabtu, 08 Desember 2018

PENTINGNYA INVESTASI PENDIDIKAN



Pendidikan adalah hak fundamental bagi semua orang dan kunci untuk masa depan negara manapun. Pendidikan memiliki harganya di mana-mana — tetapi satu hal yang lebih mahal daripada berinvestasi dalam pendidikan adalah tidak berinvestasi dalam pendidikan. Pendidikan yang tidak memadai menghasilkan biaya tinggi bagi masyarakat dalam hal belanja publik, kejahatan, kesehatan, dan pertumbuhan ekonomi. Tidak ada negara yang mampu meninggalkan terlalu banyak anak-anaknya di belakang dan tidak membantu mereka mencapai kompetensi yang dibutuhkan untuk kehidupan yang terpenuhi dengan sendirinya dalam kemandirian ekonomi.

Tetapi tantangan utama dalam pendidikan berbeda antar Provinsi dan Kab/Kota di Indonesia tak terkecuali Provinsi Bengkulu (Kota Bengkulu). Dunia industri menghadapi dampak perubahan demografis, seperti kekurangan tenaga kerja terampil dan masyarakat yang menua. Negara-negara berkembang perlu menanggapi meningkatnya permintaan dalam pendidikan. Dan di beberapa bagian dunia, masih belum tentu bahwa setiap anak memiliki hak untuk pergi ke sekolah — dan, karenanya, sebagian besar penduduk tidak dapat membaca dan menulis.

Terlepas dari perbedaan ini, ada tantangan umum. Misalnya, "warisan status pendidikan" adalah masalah global: pencapaian pendidikan masyarakat sangat tergantung pada latar belakang sosial ekonomi mereka dan status pendidikan orang tua mereka. Meskipun beberapa negara memberikan peluang yang lebih setara dari yang lain, tetap menjadi tantangan di mana-mana untuk meningkatkan peluang anak-anak yang hilang karena pendidikan yang tidak memadai.

Tetapi anggaran pendidikan terbatas, terutama pada saat krisis ekonomi. Dengan demikian, ada baiknya membandingkan negara-negara yang telah menurun dan menambah anggaran pendidikan mereka selama krisis — dan mengevaluasi konsekuensi dari keputusan ini. Jika, di satu sisi, investasi dalam pendidikan sangat penting dan, di sisi lain, pembatasan anggaran membatasi sumber daya yang tersedia, investasi harus seefektif mungkin. Pertanyaannya kemudian: mana yang paling masuk akal untuk berinvestasi dalam pendidikan?

Peneliti umumnya setuju bahwa berinvestasi di pendidikan awal memiliki hasil tertinggi. Seperti yang telah ditunjukkan oleh pemenang Hadiah Nobel James Heckman, investasi awal meningkatkan peluang yang sama dan pencapaian yang lebih tinggi pada saat yang bersamaan. Bagaimana ini bisa diterapkan pada struktur pembiayaan pendidikan di berbagai negara? Dan mengingat fakta bahwa pendidikan anak usia dini sering sangat mahal untuk orang tua sementara pendidikan sekolah biasanya gratis, apa yang seharusnya menjadi kontribusi keuangan yang diberikan keluarga kepada pendidikan anak-anak mereka?

Pandangan alternatif investasi dalam pendidikan adalah bahwa mereka harus lebih tinggi di mana masalahnya paling besar: itu berarti upaya yang lebih besar untuk mengatasi pendidikan yang tidak memadai dan lebih banyak uang untuk program untuk anak-anak yang tertinggal. Penelitian menunjukkan bahwa pendidikan yang tidak memadai adalah masalah bagi seluruh masyarakat — bahkan para elit — dan bahwa setiap orang diuntungkan dari meminimalkan jumlah orang yang berpendidikan rendah. Mungkinkah berinvestasi lebih banyak dalam pendidikan? Apa bentuk kualifikasi yang akan menghasilkan guru dan pendidik terbaik? Dan mekanisme apa yang harus digunakan untuk mengalokasikan sumber daya?

Pendidikan tetap menjadi salah satu tugas paling penting dari pemerintah manapun: itu adalah tanggung jawab publik untuk menyediakan akses ke pendidikan berkualitas tinggi untuk semua orang. Oleh karena itu, investasi publik perlu memastikan infrastruktur pendidikan yang baik untuk pembelajaran sepanjang hayat. Tetapi dapatkah organisasi swasta, perusahaan, dan organisasi nonprofit menyediakan pasokan tambahan. Mungkinkah mereka menjadi pengganti atau seharusnya mereka berfungsi sebagai suplemen untuk lembaga-lembaga publik?

Konsep pembiayaan cerdas untuk pendidikan harus didasarkan pada kebutuhan dan latar belakang tertentu daripada mendistribusikan subsidi yang tidak ditargetkan. Konsep baru distribusi sumber daya memerlukan transparansi yang lebih besar. Tapi bagaimana seharusnya transparansi ini? Akankah akuntabilitas eksternal meningkatkan kualitas atau harus ada lebih banyak fokus pada pengembangan kapasitas dan penilaian diri untuk meningkatkan sistem pendidikan? Bagaimana mekanisme pembiayaan menyediakan investasi yang efektif dan cukup dalam pendidikan bahkan di saat krisis? Jawabannya kembali kepada kita (Orang tua, Guru, Sekolah, Masyarakat dan Pemerinta).

JADWAL UN TAHUN 2019 SMA/SMK


Ujian Nasional Basis Komputer (UNBK) SMA Pembangunan 4 Playen di SMK Yappi Wonosari Senin (9/4/2019) pagi.


Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menentukan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional ( UN) untuk Tahun Pengajaran 2018-2019.


UN 2019 rencananya akan dilaksakan dalam 2 pilihan sistem yakni: Ujian Nasional Berbasis Komputer    ( UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil ( UNKP). 



Melalui Pedoman Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan UN 2019, Bambang Suryadi Ketua BSNP menginformasikan jadwal pelaksanaan UNBK dan UNKP baik untuk jenjang SMP dan SMA.



Berdasarkan POS UN 2019 yang diperoleh Kompas.com, berikut jadwal pelaksanaan UN untuk jenjang SMA, SMK dan sederajat:



Jadwal pelaksanaan UNBK SMK



  1. Bahasa Indonesia: Senin, 25 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).
  2. Matematika: Selasa, 26 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).
  3. Bahasa Inggris: Rabu, 27 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).
  4. Teori Kejuruan: Kamis, 28 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).


Jadwal pelaksanaan UNBK SMA/MA


  1. Bahasa Indonesia: Senin, 1 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).
  2. Matematika: Selasa, 2 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).
  3. Bahasa Inggris: Kamis, 4 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).
  4. Mata Pelajaran Juruan (IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan): Senin, 8 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00).

Sumber : https://edukasi.kompas.com/read/2018/12/06/07013371/jadwal-un-2019-smasmk-tanggal-mata-pelajaran-dan-waktu-pengerjaan

KURIKULUM DAN KETERAMPILAN TK

Kurikulum dan Keterampilan Tk

Bagi kebanyakan anak-anak saat ini, taman kanak-kanak adalah tempat dimana memperoleh teman dan kelas yang baru. Rencana pelajaran taman kanak-kanak yang saat ini digunakan oleh para guru jauh dari kegiatan taman kanak-kanak yang ditekankan hanya beberapa dekade yang lalu. Taman Kanak-Kanak (TK) saat ini menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bermain dan lebih banyak waktu untuk kegiatan akademis seperti membaca, menulis, dan matematika. Banyak kelas taman kanak-kanak yang sekarang penuh hari daripada norma sebelumnya setengah hari. Dan banyak anak TK mendapat pekerjaan rumah, terkadang setiap hari. Benarkah itu?


Kurikulum muatan lokal TK anak Anda dapat bervariasi tergantung pada standar di provinsi dan Kab/Kota Anda. Dan anak-anak usia ini bisa masuk taman kanak-kanak dengan tingkat keterampilan yang sangat berbeda. Beberapa anak mungkin tahu seluruh alfabet dan banyak kata penglihatan sementara yang lain mungkin berjuang untuk melampaui beberapa huruf. Dengan mengingat hal tersebut, berikut ini adalah gagasan umum tentang perubahan perkembangan yang dapat Anda harapkan untuk dilihat pada anak Anda ketika ia tenggelam dalam rencana pelajaran TK. Taman kanak-kanak Anda akan dapat:

Keterampilan Sosial TK
Kembangkan kemampuan kontrol diri yang lebih baik seperti duduk diam dan mendengarkan dengan tenang.
Pelajari cara mengikuti petunjuk.
Menjadi lebih terampil dalam bekerja sama dengan orang lain.
Diskusikan keluarga, liburan, dan hal-hal lain tentang dunia mereka.
Membaca dan Menulis TK (?)
Tinjau huruf alfabet dan bunyi yang sesuai.
Pelajari huruf kecil dan huruf besar.
Pelajari kata-kata penglihatan atau kata-kata yang sering digunakan seperti "," "dan" dan "adalah".
Tulis tentang diri mereka dan tulis cerita bersama sebagai kelas dengan bantuan guru.
Pelajari cerita, lagu, kata-kata syair.
Bicara tentang cerita setelah membacanya (demonstrasi pemahaman bacaan): memprediksi apa yang mungkin terjadi selanjutnya, coba tebak karakter apa yang mungkin berpikir atau rasakan; menceritakan kembali apa yang terjadi dalam cerita.
Tulis kata-kata dengan ejaan yang ditebak oleh anak (ejaan yang diciptakan).
Tulis surat kepada ibu dan ayah.
Label gambar yang mereka ilustrasikan.
Kindergarten Math
Hitung hal-hal di sekitar kelas, seperti berapa hari mereka berada di sekolah, berapa banyak blok di tempat sampah, dan sejenisnya.
Identifikasi bentuk dasar seperti lingkaran, kotak, segitiga, dll.
Kenali angka hingga 20 atau lebih.
Hitung dengan 5 atau 10 detik.
Tangani penambahan dan pengurangan dasar.
Memahami konsep seperti "lebih dari" atau "sama dengan".
Buat pola dengan objek kecil dan urutkan ke dalam kelompok berdasarkan warna dan ukuran.
Identifikasi koin (dapat membedakan antara sen, dime, dll.).

Ilmu TK
Jelajahi dunia mereka melalui observasi dan eksperimen. Banyak guru taman kanak-kanak memanfaatkan keingintahuan anak-anak muda untuk membantu mereka belajar tentang dunia mereka.
Temukan apa yang dibutuhkan hewan dan tumbuhan untuk hidup dan tumbuh.
Pelajari tentang bagian-bagian tubuh dan indra.
Pelajari tentang perubahan musim dan cuaca.
Menjadi akrab dengan unsur-unsur yang membentuk planet kita (bumi, pasir, batu, air, dll.).

Semoga bermanfaat buat para Bunda......

Jumat, 07 Desember 2018

Persiapan Dapodik Menjelang Cut OFF BOS Triwulan 1 Tahun 2019 Tanggal 15 Desember 2018

bos
Yang terhormat,

  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
  3. Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA dan SMK
  4. Operator Dapodik
Di Seluruh Nusantara
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dalam rangka untuk menyiapkan data sebagai dasar alokasi dana BOS Triwulan 1 (Januari – Maret Tahun 2019) maka akan dilakukan pengambilan data (Cut-off) dari Dapodikdasmen pada tanggal 15 Desember 2018, Pukul 23.59 WIB. Dari pengecekkan data di server Dapodikdasmen per-tanggal 5 Desember 2018 diketahui bahwa masih banyak sekolah dengan status partisipasi BOS adalah “menerima” (pada aplikasi Dapodikdasmen menjawab “Ya”), akan tetapi belum melakukan sinkronisasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:
  1. Data siswa yang akan terhitung adalah data siswa pada semester 1 (Ganjil) Tahun Ajaran 2018/2019.
  2. Pada saat melakukan installasi dan registrasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019, DILARANG menggunakan prefill lama karena dapat menyebabkan data siswa menjadi ganda.
  3. Data Rombongan Belajar harus diisi dengan lengkap dan benar, dan jenis rombel yang dihitung adalah Rombel Kelas dan Reguler, sedangkan Rombel teori, Ekskul, Kelas Terbuka, Kelas Jauh/Kecil  dan praktek tidak dihitung.
  4. Khususnya untuk SMA dan SMK harus memperhatikan pengisian data program pengajaran/program keahlian/ kompetensi keahlian.
          Berikut ketentuan pengisian data program pengajaran/program keahlian/Kompetensi Keahlian untuk SMA dan SMK:
          a. SMA KTSP 2006
              - Kelas XI dan XII = Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)/Bahasab
          b. SMA Kurikulum 2013
              -  Kelas X, XI, dan XII = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
          c. SMK KTSP
              -  Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian
          d. SMK Kurikulum 2013
              -  Kelas X = Program Keahlian
              -  Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian
      5. Data Rombongan Belajar harus diisikan WALI KELAS.
      6. Rombongan Belajar harus diisikan lengkap sampai dengan data pembelajaran.
      7. Data siswa lakukan proses verifikasi dan validasi NISN pada layanan vervalpd.data.kemdikbud.go.id pada semua jenjang (untuk saat ini baru SMA yang menjadi prasyarat/diharuskan, dan  mulai Tahun 2019 di semua jenjang akan wajib dan menjadi prasyarat).

Untuk itu sekolah dihimbau untuk segera melakukan  proses sinkronisasi data  pada semester 1 (ganjil) Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan memperhatikan kelengkapan dan kevalidan datanya. Apabila data yang diisikan tidak lengkap maka TIDAK AKAN TERHITUNG untuk penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Demikian informasi yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih.

 Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sumber : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/persiapan-dapodik-menjelang-cut-off-bos-triwulan-1-tahun-2019-tanggal-15-desember-2018