Sabtu, 09 Desember 2017

Inilah Solusinya Jika Anda Tidak Terundang Sebagai Peserta PPG 2018 di SIM PKB

Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai inilah solusinya jika anda tidak terundang sebagai peserta PPG 2018 di SIM PKB, karena banyak pertanyaan dari rekan-rekan guru perihal undangan sebagai calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada layanan SIMP KB Guru Pembelajar. Sebagian guru ada yang mendapat undangan sebagai calon peserta PPG, sebagian guru lainnya tidak mendapat undangan.
Solusi Jika Anda Tidak Terundang Sebagai Peserta PPG di SIM PKB
Solusi Jika Anda Tidak Terundang PPG di SIM PKB

Untuk Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG),  undangan PPG tidak akan diterima apabila data isian di Dapodik tidak memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Pendidik yang telah memiliki Sertifikasi Pendidik.
  2. Pendidik yang statusnya adalah kepegawaian sebagai Honor Sekolah / Guru Tidak Tetap Yayasan.
  3. Pendidik yang TMT Pengangkatan > 2015.
  4. Pendidik yang kualifikasi pendidikannya belum mencapai minimal D4/S1.
  5. Usia Pendidik telah mencapai 58 tahun per 2018.
  6. Pendidik yang teridentifikasi sebagai peserta PLPG/KG/UTN dari Sistem AP2SG/ASG.
Download pedoman penyelenggaraan dan pembiayaan PPG 2018
Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa ada guru yang tidak diundang sebagai calon peserta PPG di SIM PKB ?, padahal semua syarat untuk terdaftar sebagai calon peserta PPG sudah terpenuhi dan bagaimana solusinya agar guru yang tidak diundang bisa diundang sebagai calon peserta PPG di SIM PKB. Silahkan untuk disimak pembahasan mengenai solusi jika Anda tidak terundang PPG 2018 di SIM PKB.

Solusi Jika Anda Tidak Terundang Sebagai Peserta PPG 2018 di SIM PKB

Login Pada Layanan SIM PKB
Silahkan Bapak/Ibu masuk pada laman https://app.simpkb.id/, masukan ussername dan password Bapak/Ibu, setelah itu pilih Login.

Info Program PPGJ
Jika muncul pada Info Program PPGJ Anda tidak terundang sebagai calon peserta program Pendidikan Profesi Guru, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Inilah Solusinya Jika Anda Tidak Terundang Sebagai Peserta PPG 2018 di SIM PKB
Info PPGJ

kemungkinan ada data entrian di Dapodik yang masih belum lengkap/salah pada waktu pengisian data GTK, kemudian bagaimana solusinya ?. Solusinya adalah menghubungi/konfirmasi ke Operator Dapodik sekolah Bapak/Ibu, cek bersama untuk entrian datanya seperti :
  1. TMT Pengangkatannya
  2. Jenis Kepegawaiannya
  3. Riwayat Pendidikan Formal
  4. Nomor Peserta UKG
Jika ada entrian data yang salah/ kurang lengkap segeralah perbaiki lalu sinkronisasi lagi Dapodiknya sebelum tanggal 18 Nopember 2018.

Ajukan Formulir Pengaduan SIM PKB
Setelah data di Dapodik Bapak/Ibu sudah diperbaiki, silahkan untuk mengajukan formulir pengaduan SIM PKB, caranya :
  • Pastikan Bapak/Ibu sudah mempunyai akun Google yang aktif karena nanti untuk masuk ke formulir pengaduan SIM PKB.
  • Masuk pada laman Formulir Pengaduan SIM PKB, silahkan klik DISINI
  • Jika Bapak/Ibu sudah berhasil masuk pada laman formulir pengaduan SIM PKB, isikan Nomor Peserta UKG, Nama (tanpa gelar), Tanggal Lahir (dengan format: mm/dd/yyyy, kemudian isi untuk Permasalahan dengan Tidak Menerima Undangan PPG.
  • Pastikan untuk pengisian datanya sudah benar, kemudian pilih tombol Berikutnya, dan akan muncul gambar seperti dibawah ini.
Inilah Solusinya Jika Anda Tidak Terundang Sebagai Peserta PPG 2018 di SIM PKB
Aduan Undangan PPG

Bila merasa data Bapak/Ibu seharusnya memenuhi kriteria, unggah gambar data dapodik Bapak/Ibu dengan cara TAMBAHKAN FILE seperti pada gambar diatas yang memuat poin 1 - 5.

Apabial ada perbedaan nama dan data pribadi di Dapodik dengan yang ada di SIM PKB diluar permasalahan undangan Pendidikan Profesi Guru (PPG), unggah/upload gambar data Dapodik yang berbeda dengan yang ada di SIM PKB.
Download panduan lengkap untuk solusi jika anda tidak terundang sebagai peserta PPG 2018 di SIM PKB
Terkait dengan ijazah sarjana yang dimiliki, ternyata banyak di sekolah guru bertanya mengenai linearitas ijazah dengan jam mengajar pada PPG 2018 ini,.
Linearitas PPG (Pendidikan Profesi Guru) bukan antara Ijazah S1/DIV yang dimiliki guru dengan jenis tugas (mata pelajaran yang diampu di satuan pendidikan) melainkan dengan program studi PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang dipilih. Secara pemahaman linearitas itu ada dua jenis yakni:
  • Linearitas program studi PPG (Pendidikan Profesi Guru)  dengan Kualifikasi Akademik (yang merupakan syarat untuk bisa Ikut PPG (Pendidikan Profesi Guru).
  • Linearitas jenis tugas atau mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dengan bidang sertifikasi (yang merupakan yarat untuk dapat tunjangan profesi).
Sebagai pemahaman tentang linieritas/kesesuaian kualifikasi akademik S1/DIV program studi PPG dalam jabatan, silahkan bisa Bapak/Ibu download pada tautan dibawah ini.
Download daftar linieritas program studi PPG 2018 dengan kualifikasi akademik
Demikian tadi pembahasan mengenai solusi jika Anda tidak terundang sebagai peserta PPG 2018 di SIM PKB. Semoga bermanfaat.

Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2017 Sertifikasi Guru Dalam Jabatan

Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2017 - Guru dalam Jabatan adalah guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.
Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2017 Sertifikasi Guru Dalam Jabatan
Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2017

Berdasarkan surat edaran Kementerian dan Kebudayaan Nomor: 79055A4.1/HK/2017 tertanggal 07 Desember 2017 perihal salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2017. Berikut ini penjelasan singkat mengenai Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NO. 37 tahun 2017 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Yang Diangkat Pada Akhir Tahun 2015.

Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:
  1. Guru dalam Jabatan adalah guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai peijanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.
  2. Sertifikat Pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional.
  3. Sertifikasi adalah proses pemberian Sertifikat Pendidik kepada guru.
  4. Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut Program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
  5. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan.
Pasal 2
Sertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam Jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan untuk memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 3
  1. Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan dilaksanakan melalui Program PPG yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi.
  2. Perguruan tinggi sebagaimana pada ayat (1) ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.
Pasal 4
Peserta Program PPG harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Memiliki kualifikasi akademik saijana (S-1) atau diploma empat (D-IV);
  2. Guru dalam Jabatan atau pegawai negeri sipil yang mendapatkan tugas mengajar yang sudah diangkat sampai dengan akhir tahun 2015;
  3. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); dan
  4. Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pasal 5
  1. Menteri menetapkan kuota nasional peserta Program PPG setiap tahun.
  2. Dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya mengusulkan Guru dalam Jabatan yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 untuk mengikuti Program PPG kepada Menteri.
  3. Menteri melakukan verifikasi data atau dokumen usulan pada ayat (2).
  4. Menteri melakukan seleksi calon peserta Program PPG sesuai dengan usulan yang telah diverifikasi pada ayat (3).
  5. Menteri menetapkan peserta Program PPG berdasarkan hasil seleksi ayat (4).
  6. Penetapan nama peserta Program PPG pada ayat (5) disampaikan kepada menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.
Pasal 6
  1. Guru dalam Jabatan yang telah mengikuti dan dinyatakan lulus Program PPG berhak memperoleh Sertifikat Pendidik.
  2. Sertifikat Pendidik sebagaimana pada ayat (1) diberikan oleh perguruan tinggi dalam Pasal 3.
Untuk lebih lengkapnya mengenai Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NOMOR 37 tahun 2017, silahkan download pada tautan dibawah ini dalam format pdf.
Download Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2017 Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan
Demikian tadi mengenai Peraturan PPG 2018 PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2017 yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Aplikasi Administrasi Guru T.P 2017/2018 Lengkap Dalam Format Excel

Pada kesempatan ini saya akan bagikan aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018 lengkap dalam format excel yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu mempermudah pembuatan berbagai dokumen administrasi sekolah. Aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018 lengkap dalam format excel merupakan kumpulan format - format umum administrasi guru dan dikumpulkan menjadi satu file dalam bentuk aplikasi excel.
Aplikasi Administrasi Guru T.P 2017/2018 Lengkap Dalam Format Excel
Aplikasi Administrasi Guru T.P 2017/2018 Lengkap Dalam Format Excel

Menu dan administrasi yang tersedia didalam aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018 lengkap dalam format excel diantaranya sebagai berikut : KKM, isian silabus, program tahunan, program semester, RPP, absensi, agenda pembelajaran, nilai ulangan harian, nilai tugas/praktik, nilai efektif, analisi butir soal, rekapitulasi nilai, nilai ketuntasan dan nilai rapor.

Penggunaan aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018 lengkap dalam format excel  ini sangat mudah yakni cukup dengan menginputkan/mengisikan data identitas guru dan data satutan pendidikan/ sekolah kedalam menu utama aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018, dan tinggal memilih administrasi yang diperlukan dalam menu format administrasi pembelajaran.

Baca Juga :
Untuk download aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018 lengkap dalam format excel silahkan Bapak/Ibu klik pada tautan dibawah ini :
Download aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018 lengkap dalam format excel
Demikian tadi aplikasi administrasi guru T.P 2017/2018 lengkap dalam format excel , semoga aplikasi ini dapat membantu Bapak/Ibu meringankan pekerjakan dalam pembuatan administrasi semester  satu tahun pelajaran 2017/2018. Salam pendidikan.

Rabu, 06 Desember 2017

Bahagianya Menjadi Guru(+5)



Bahagianya Menjadi Guru

Selamat pagi bapak dan ibu guruku. Apa kabar ? Semoga semua guru di Indonesia selalu dalam keadaan baik, sehat dan selalu dalam lindunganNya. Berapa banyak dari bapak ibu yang ada disini yang dulunya memang bercita-cita menjadi seorang guru ?Hayo ngaku ? hehe… Kalau kita mau jujur, mungkin hanya sebagian kecil dari kita yang memang benar-benar bercita-cita menjadi seorang guru. Penggambaran sosok guru yang jauh dari kehidupan mapan membuat sebagian besar dari kita malas untuk memilih guru sebagai profesi yang diinginkan. Sosok ‘Umar Bakri’, baju safari, sepeda kumbang mungkin hanya sebagian kecil dari keseharian guru yang bisa ditangkap oleh mata masyarakat umum dikala itu. Walaupun dalam perkembangannya, guru-guru sekarang sudah sedikit lebih mapan dibanding beberapa dekade yang lalu-seiring dengan semakin besarnya persentase anggaran untuk bidang pendidikan pada APBD maupun APBN- namun belum dapat menarik minat generasi penerus yang cerdas untuk memilih profesi ini sebagai penyokong perekonomiannya di masa depan karena profesi lain lebih menjanjikan. Namun apapun profesi lain itu, tidak ada yang lebih membahagiakan saya selain profesi yang saya geluti sekarang ini. Saya telah berada disini, berkecimpung di dunia ini dan sekarang menyandang status sebagai seorang guru. Selama menjadi guru, banyak hal yang saya pelajari, banyak hal yang menjadikan saya lebih dewasa dalam menjalani belantara kehidupan yang maha luas ini. Dan pembelajaran terbanyak adalah dari siswa itu sendiri dengan beragam perasaan yang campur aduk di dalamnya. Mungkin perasaan haru adalah bagian terbesar dari yang saya rasakan dalam menjalani profesi guru. Siswa yang setiap harinya kita temui, memakai baju seragam yang sama-sama putih, bawahan yang sama abu-abu, sepatu yang sama-sama hitam, namun memiliki latar belakang yang berbeda, sehingga mereka mensikapi belajar di sekolah dengan reaksi yang berbeda pula. Pernah saya dapati seorang siswa yang menjelang siang selalu mengantuk di kelasnya. Bahkan ia sudah sering dihukum akibat ulahnya itu. Namun ketika ditelusuri lebih lanjut, kita sebagai seorang guru tidak bisa serta merta hanya memberikan hukuman. Tidak ada api jika tidak ada asap. Dan benar saja, ketika ditanyakan pada siswa tersebut, ternyata ia mempunyai alasan dibalik tingkah lakunya itu. Ia selalu mengantuk karena ternyata ia tinggal di kota menumpang pada pamannya sedangkan Kedua orangtuanya tinggal di desa. Pamannya ini mempunyai kedai kopi yang dibuka hanya ketika malam saja. Untuk itu ia selalu membantu pamannya itu di kedai kopi sejak jam 8 malam sampai menjelang subuh, tidur sebentar untuk kemudian langsung pergi ke sekolah. Dan rutinitas ini dilakukannya setiap hari. Nah, bapak ibu guruku bisa kan membayangkan bagaimana mengantuknya si siswa ini ? Saya kasihan melihat kondisinya ini karena ia sudah kelas 3 SMA, yang nota bene harus belajar ekstra untuk menghadapi ujian akhir. Namun jika keadaannya tidak berubah, maka sudah pasti ujian yang akan dihadapinya tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk membolehkannya tidur sebentar selama 15 menit untuk mata pelajaran yang saya ajarkan. Biasanya ia memilih musholla sekolah sebagai tempat melepas kantuknya. Dan ternyata upaya ini berhasil, setelah 15 menit ia masuk lagi ke dalam kelas dengan kondisi yang lebih segar. Tentu saja hal ini menimbulkan pro dan kontra, namun saya lanjutkan saja. Toh ini jam pelajaran saya dan tidak mengganggu mata pelajaran lain. Hal itu berlangsung selama 1 semester sebelum akhirnya si siswa ini menamatkan sekolahnya. Pada saat mengambil ijazahnya, ia membawa kabar gembira bahwa ia diterima di perguruan tinggi negeri yang cukup bergengsi dan sangat berterima kasih dengan ilmu yang saya ajarkan. Sangat berguna, begitu ia menggambarkan pelajaran fisika yang saya ajarkan. Saking bergunanya, ia selalu membawa catatan fisika SMA nya ketika kuliah di PTN tersebut. Alhamdullilah …Rasa haru yang lain hadir ketika saya yang seorang guru justru mengambil salah satu perilaku seorang siswi sebagai panutan. Siswi ini tidaklah pintar. Bahkan pada mata pelajaran yang saya ajarkan-fisika-ia termasuk siswa yang selalu remedi. Ia juga tidak cantik. Namun perilakunya sopan, supel dan karakter keagamaannya sangat kuat. Ia selalu berpuasa Senin dan Kamis. Sholat dhuha juga selalu dilaksanakannya. Ia juga selalu mau membantu teman maupun gurunya. Selalu bersemangat dan murah senyum. Duhai, orangtua dan guru ! karakter apalagi yang lebih diidamkan oleh kalian selain dari karakter tersebut di atas. Walaupun nilai mata pelajaran fisikanya kurang, namun bukan nilai fisika yang akan dibawa ke masyarakat nantinya. Saya sangat yakin, dengan tetap berpegang pada karakter tersebut, siswi ini akan sangat sukses di masa depannya. Aamiin ….Selain rasa haru, hal terbesar lainnya yang saya rasakan sebagai seorang guru adalah rasa senang. Banyak hal yang mendatangkan kesenangan dari profesi sebagai guru.Bukan rahasia umum lagi kalau guru bisa mempunyai hari libur yang sedikit lebih banyak dibanding PNS yang lain. Kalau siswa libur, guru pun pasti libur. Masa iya sih, siswa libur gurunya harus datang ? Terus, yang mau diajar siapa ? Hehe …Hal selanjutnya yang membuat saya sangat menyenangi profesi guru adalah banyak menemukan hal-hal lucu pada ulangan, latihan atau catatan siswa.Misalnya, ketika saya memeriksa soal seperti ini :Seseorang menawari Anda sebongkah emas dengan massa 14,7 kg dengan harga murah. Karena ragu, Anda menimbangnya dalam air dan mendapati massa emas 13,4 kg. Jadi atau tidak jadikah Anda membeli emas itu ? Jelaskan alasan Anda secara matematis terhadap keputusan tsb ! Diketahui massa jenis emas = 19 300 kg/m3.Jawaban siswa : “kalau saya sih yes !” Cukup mampu membuat saya tersenyum-senyum sendiri, walaupun setelah dihitung dengan benar jawaban si siswa itu salah.Atau ketika memeriksa catatan siswa. Pernah saya dapati catatan seorang siswa pada bab listrik dinamis. Yang diminta digambarkan pada catatan adalah alur atau jalannya listrik dari PLN sehingga sampai ke rumah tangga sebagai konsumen. Seharusnya alur tersebut seperti ini : PLN-trafo step up-kabel transmisi-trafo step down-rumah tangga. Nah untuk siswa yang ‘kreatif’ alur tersebut tidak berakhir pada gambar rumah. Dibelakang rumah ia gambarkan anak main layangan, bapak-bapak main gaple di pos ronda dan ibu-ibu yang mengerumuni tukang sayur. Cukup sukses untuk membuat saya tersenyum.Selain dari catatan, ulangan maupun PR, tingkah polah siswa di kelas juga kadang-kadang cukup menghibur. Pernah saya meminta siswa untuk membuat PR menggubah lirik lagu favoritnya menjadi lagu bertema bab-bab tertentu dalam pelajaran fisika. Sebelum mereka mengerjakan tugasnya ini, saya berikan contoh lagu yang sudah digubah liriknya yang diambil dari lagu daerah setempat seperti pada video berikut :Setelah siswa menggubah lagu favoritnya, mereka diminta untuk menyanyikannya ke depan kelas secara individual. Dan saya mendapati aneka ragam hasil dari PR tersebut. Ada siswa yang nilai fisikanya selalu baik, tapi ternyata tidak punya bakat sama sekali di bidang seni alias lebih baik tidak usah menyuruhnya menyanyi. Adapula siswi yang terlihat kalem tapi ternyata hobi dan dapat menyanyi lagu cadas dengan baik. Ada juga siswa yang biasanya selalu remedi pada pembelajaran fisika, namun ketika disuruh menyanyi lagu bertema fisika malah minta untuk dapat menyanyi tidak hanya satu lagu, namun dua lagu sekaligus. Teriakan ‘huuu’ dari teman sekelas. Terima kasih Guruku....

Selasa, 05 Desember 2017

Pengertian Kurikulum

APA YANG DIMAKSUD KURIKULUM

PENGERTIAN KURIKULUM
Apa yang dimaksud Kurikulum ? Berdasarkan asal katanya atau terminologi, kurikulum berasal dari bahasa Yunani yang mula-mula digunakan dalam bidang olahraga, yaitu kata curere yang berarti jarak tempuh lari. Dalam kegiatan berlari tentu saja ada jarak yang harus ditempuh mulai dari start sampai dengan finish. Jarak antara start dan finish ini yang disebut curere. Atas dasar tersebut pengertian kurikulum diterapkan dalam bidang pendidikan.

Menurut UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003, pengertian kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Untuk lebih jelas serta menambah pengetahuan kita dapat membaca pengertian Kurikulum menurut para ahli. Apa yang dimaksud Kurikulum menurut para ahli ? Berikut ini penjelasannya.

Hilda Taba: Pengertian Kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu

Daniel Tanner & Laurel Tanner : Pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.

Romine : Kurikulum mencakup semua temu permbelajaran, aktivitas dan pengalaman yang diikuti oleh anak didik dengan arahan dari sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.

Murray Print. : Kurikum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan. Kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan. Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa. Dengan program itu, para siswa melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran. Dengan kata lain, sekolah menyediakan lingkungan bagi siswa yang memberikan kesempatan belajar.

Pengertian kurikulum adalah Rancangan Pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (Crow and Crow)

Pengertian kurikulum adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor, misalnya kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika (Carter V. Good dalam Oliva, 191:6)

Kurikulum adalah seluruh pengalaman siswa di bawah bimbingan guru ( Hollis L. Caswell and Doak S. Campbell dalam Oliva, 1991:6)

Pengertian kurikulum adalah sebagai sebuah perencanaan untuk memperbaiki seperangkat pembelajaran untuk seseorang agar menjadi terdidik (J. Galen Saylor, William M. Alexander, and arthur J. Lewis dalam Oliva 1991:6)

Kurikulum pada umumnya berisi pernyataan tujuan dan tujuan khusus, menunjukkan seleksi dan organisasi konten, mengimplikasikan dan meanifestasikan pola belajar mengajar tertentu, karena tujuan menuntut mereka atau karena organisasi konten mempersyaratkannya. Pada akhirnya, termasuk di dalamnya program evaluasi outcome (Hilda Taba dalam Oliva, 1991:6)

Kurikulum sekolah adalah konten dan proses formal maupun non formal di mana pebelajar memperoleh pengetahuan dan pemahaman, perkembangan skil, perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah bantuan sekolah (Ronald C. Doll dalam Oliva, 1991:7)

Pengertian kurikulum adalah rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), agar dapat pebelajar meningkatkan pengetahuan dan pengalamannnya (Danniel Tanner and Laurel N. Tanner dalam Oliva, 1991:7)

Kurikulum dalam program pendidikan dibagi menjadi empat elemen yaitu program belajar, program pengalaman, program pelayanan, dan kurikulum tersembunyi (Abert I. Oliver dalam Oliva, 1991:7).

Kurikulum mengandung konten (suject matter), pernyataan tujuan (terminal objective), urutan konten, pre-asesmen dari entri skil yang dipersyaratkan pada siswa ketika mulai belajar konten (Roert M. Gagne dalam Oliva, 1991:7).

Pengerttian kurikulum adalah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan. (Dr. Addamardasyi dan Dr. Munir Kamil)

PENGERTIAN KURIKULUM DAN KURIKULUM 2013
Sebagaimana diketahui sejak tahun 2013/2014, Indonesia mulai menerapkan Kurikulum 2013. Penerapan dilakukan bertahap sejalan dengan proses persiapan sekolah dan guru di seluruh Indonesia untuk dapat menerapkan Kurikulum 2013 secara optimal.

Kurikulum 2013 adalah pengembangan dari Kurikulum tahun 2006 yang disusun mengacu pada Tujuan Pendidikan Nasional dan berdasarkan evaluasi kurikulum sebelumnya dalam menjawab tantangan yang dihadapi bangsa di masa depan. Pengembangan Kurikulum 2013 khususnya terletak pada:

1. Keseimbangan Pengetahuan – Sikap – Keterampilan

2. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran

3. Model Pembelajaran (Penemuan, Berbasis Proyek dan Berbasis Masalah)

4. Penilaian Otentik.

Pengembangan Kurikulum 2013 mempertimbangkan aspek berikut.

a. Tantangan Internal

Tantangan internal antara lain terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.Tantangan internal lainnya terkait dengan perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif.

b. Tantangan Eksternal

Tantangan eksternal antara lain terkait dengan arus globalisasi dan berbagai isu yang terkait dengan masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi dan informasi, kebangkitan industri kreatif dan budaya, dan perkembangan pendidikan di tingkat internasional.

c. Tuntutan kompetensi abad ke-21

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan hal berikut, yaitu tuntutan kompetensi abad ke-21, pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills), penciptaan kesempatan kerja, peserta didik, dan dasar-dasar dan aspek akademik tentang kurikulum. Ciri Abad 21 antara lain:

Kehidupan dan Karir• Berinisiatif dan mandiri• Keterampilan sosial dan budaya• Produktif dan akuntabel• Kepemimpinan & tanggung jawabPembelajaran dan Inovasi• Kreatif dan inovasi• Berfikir kritis• Komunikasi dan kolaborasiInformasi, Media and Teknologi• Melek informasi• Melek Media• Melek TIK

Demikian info tentang Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum) dan Kurikulum 2013.

Senin, 04 Desember 2017

BERBAGI PULUHAN VIDEO LAGU ANAK

DBA2

Berbagi Puluhan Video Lagu Anak Sesuai Tema (Hasil Kerjasama Kak Zepe dan DuniaBelajar Anak.id)


Berbagi Puluhan  Video Lagu Anak Sesuai Tema (Hasil Kerjasama Kak Zepe dan DuniaBelajar Anak.id)
Kelangkaan lagu anak di Indonesia sudah di dalam tahap meresahkan. Puncaknya adalah dengan munculnya sebuah video klip lagu anak yang sangat tidak mendidik dan bahkan terkesan tidak ramah anak atau tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak. Hal inilah yang mendorong Kak Zepe, bekerjasama dengan DuniaBelajarAnak.id untuk mengadakan sebuah gerakan “Berbagi Video Lagu Anak Tematik”. Gerakan ini memiliki misi untuk menyemarakkan lagu anak, khususnya melalui dunia pendidikan dengan cara berbagi lagu anak. Ide ini muncul mengingat pendidikan adalah ujung tombak pembentukan karakter dan kecerdasan anak di Indonesia. Maka lagu-lagu yang akan dibagikan pun akan memiliki nilai edukatif. Agar nilai edukatif ini bisa tepat sasaran, maka lagu-lagu yang dibagikan pun akan disesuaikan dengan tema-tema PAUD, khususnya  seusai dengan Kurikulum 2013.

Download sekarang, LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD. Klik gambar di bawah ini:
“LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD”
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud

DuniaBelajarAnak.id adalah sebuah website pendidikan yang banyak memberikan informasi tentang dunia pendidikan anak. Website ini akan sangat berguna bagi tenaga pendidik, calon pendidik, orang tua, dan calon orang tua, khususnya bagi mereka yang peduli pada dunia pendidikan anak. Karena dunia pendidikan, parenting (keluarga) dan anak-anak adalah seuatu yang tidak bisa dipisahkan. Semua adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
Bila anda ingin mendownload video lagu anak karya Kak Zepe melalui portal DuniaBelajarAnak.id, silakan ikuti tutorial di bawah ini:
  1. Klik link berikut: https://marbel.leadpages.co/kak-zepe-tema-diriku/
  2. Lalu klik “YA, SAYA INGIN DOWNLOAD SEKARANG”
    1 dan 2
  3. Setelah itu, anda akan diminta mengisi form. Lengkapi form dengan menuliskan “NAMA LENGKAP” dan “EMAIL” anda yang aktif. (dalam tahap ini mohon menuliskan alamat email dengan tepat dan tanpa spasi, misalnya ela@gmail.com)3
  4. Secara otomatis, anda akan mendapatkan email dari Kak Andi Taru (Owner dari DuniaBelajarAnak.id). Di dalam email tersebut anda akan diminta meng-klik “Confirm My Subscription”.3 - 24 dan 5
  5. Setelah itu, pada layar komputer akan muncul “Thanks for signing up!”.
  6. Setelah itu, tunggu beberapa saat (kurang dari 24 jam), anda akan mendapatkan email balasan dari Duniabelajaranak.id yang meminta anda untuk mengklik “DOWNLOAD LAGU ANAK SEKARANG”.
6

7.  Setelah anda meng-klik-nya, akan terbuka file lagu anak dalam bentuk video, yang siap untuk diputar, maupun didownload.
7 dan 8






8. Bila anda ingin memutar video tersebut, cukup dengan klik gambar atau videonya. Kalau anda ingin mendownload, silakan klik tanda panah bawah (ikon download) yang letaknya da di bagian atas video.
Setelah itu, anda akan mendapatkan update video lagu anak yang bisa didownload secara gratis. Ada banyak video lagu anak terbaru yang dilengkapi dengan teks pada videonya.
Semoga lagu anak yang anda dapatkan bisa berguna bagi anak didik, sang buah hati, pendidik, orang tua, dan segenap warga Indonesia, khususnya yang peduli pada pendidikan anak.  Salam cinta lagu anak.

Bagaimana dengan buah hati Anda? Apakah memiliki ciri-ciri seperti di atas? Didiklah buah hati Anda dengan baik, agar kecerdasan mereka benar-benar akan bermanfaat bagi dirinya, keluarga, dan orang lain.
Bila Anda ingin anak didik dan buah hati Anda makin tumbuh cerdas dan ceria dengan game, dongeng, dan ketrampilan yang edukatif lainnya, silakan DOWNLOAD GRATIS aplikasi di bawah ini. Untuk mendownloadnya, Anda cukup mengklik Logo “DUNIA MARBEL” atau judul-judul aplikasi di bawah ini:
798x100duniamarbel
Seluruh game produksi Educa Studio bisa di-DOWNLOAD GRATIS dengan cara klik logo di bawah ini:
educa-studio-logo-kak-zepe-lagu-anak

Inilah Alasan Aplikasi “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD” Wajib Dimiliki Pendidik PAUD

Lagu-lagu anak banyak bertebaran di dunia maya. Ada lagu anak yang bisa diakses lewat youtube, facebook, soundcloud, dan aneka web-site maupun aplikasi lain di dunia maya. Kak Andi Taru sebagai CEO dari Educa Studio dan Kak Zepe, sebagai pencipta lagu anak, telah merilis sebuah aplikasi yang diharapkan bisa berguna bagi dunia pendidikan dan hiburan anak yang edukatif. Aplikasi ini telah mendapatkan lebih dari lima ribuan download dalam waktu satu bulan. Mengapa aplikasi ini sangat istimewa?
1.    Disusun secara tematik
Lagu anak di dalam aplikasi ini disusun secara tematik. Dengan fasilitas ini, seorang pendidik akan lebih mudah menemukan lagu anak sesuai tema pendidikan di sekolah. Pendidik tidak perlu pusing mengaksesnya lewat website, namun lagu anak di dalam aplikasi ini sudah dibagi menjadi kategori tema dan bisa ditemukan dengan meng-klik tema lagu sesuai kebutuhan. (baca juga: “Aneka Kreasi Hasta Karya Tematik”)
2.    Diciptakan oleh seorang pendidik

Lagu anak di dalam aplikasi ini diciptakan oleh Kak Zepe, seorang pendidik, sehingga lirik lagu di dalam aplikasi ini bisa dijamin keamanannya bila dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu, konten yang ada di dalam setiap lagu sangat sesuai dengan kebutuhan anak, terutama karena disusun secara tematik atau sesuai dengan kebutuhan kurikulum terbaru yang pembelajarannya disusun secara tematik.

3.    Menghemat memori perangkat
Anda bisa memilih judul lagu di dalam aplikasi ini. Anda tidak perlu men-download semua lagu. Hal ini akan membuat memori perangkat tidak boros, karena Anda bisa memilih lagu yang sesuai dengan kebutuhan. Memori yang dibutuhkan untuk men-download lagu ini tidak sampai 15 MB, setelah itu,Anda bisa memilih lagu anak sesuai dengan yang inginkan.

4.    Animasi yang sederhana namun menarik
Animasi di dalam aplikasi lagu anak diciptakan dengan sangat sederhana, namun memuat pesan yang ingin disampaikan di dalam lirik lagunya.

5.    Memiliki nilai edukatif

Lagu-lagu anak yang terdapat di dalam aplikasi ini memiliki nilai edukatif. Ada juga lagu-lagu anak pendidikan karakter. Lagu-lagu anak di dalam aplikasi ini bertujuan membentuk anak menjadi anak yang cerdas dan berkarakter.

6.    Mudah diakses
Karena bisa di-download gratis dan tersimpan di dalam perangkat komunikasi, maka lagu-alau anak di dalam aplikasi ini mudah ditemukan, dan bisa diakses di mana pun. Anda tidak perlu mendengarkan atau menonton lagu anak di computer atau pun DVD, namun Anda bisa mengaksesnya lewat Smart Phone, HP android, tab, dan perangkat komunikasi lainnya.

7. Lagu bahasa Inggris sederhana
Di dalam aplikasi ini tersedia lagu anak berlirik bahasa Inggris. Lagu bahasa Inggris di dalam aplikasi ini sangat sederhana, mudah dinyanyikan, edukatif, dan memungkinkan digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia PAUD.
Jadi jangan ragu lagi, silakan download GRATIS aplikasi ini dengan klik gambar di bawah ini…
“LAGU ANAK TK DAN PAUD – LENGKAP” :banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
Album Kak Zepe lainnya bisa di download dengan klik gambar di bawah ini:
KOLAK – Album Kumpulan Lagu Anak Kak Zepe Vol 1
banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2
SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERMANFAAT UNTUK PARA BUNDA PAUD...