Senin, 04 Desember 2017

10 Aplikasi Windows 10 Terbaik untuk Pengajar (Guru, Dosen, Mentor)

classroomtechnology-400x266Windows sejak lama terkenal memiliki aplikasi untuk kantor nomor kelas satu. Mulai dari Office milik Microsoft sendiri, sampai dengan berbagai aplikasi dari pihak ketiga. Namun tidak hanya disitu saja, Windows juga memiliki aplikasi yang tidak kalah canggih untuk para pengajar, baik Guru, Dosen maupun Mentor. Nah, berikut 10 Aplikasi Windows yang cocok sekali untuk pengajar.

Duolingo merupakan web tool dan aplikasi mobile yang paling pas untuk belajar bahasa baru. Duolingo menawarkan banyak aktivitas penerjemahan yang dimana membantu pengajar belajar banyak bahasa baru. Bentuk pengajaran bahasa yang diberikan Duolingo juga unik, yaitu melalui sistem reward ketika kamu mendapatkan pencapaian yang baik.
iMath merupakan aplikasi belajar berhitung untuk anak dibawah usia 12 tahun. Aplikasi ini didesain dengan cantik dan menarik sehingga memudahkan pengajar untuk mendapatkan perhatian dari si anak.
Khan Academy merupakan aplikasi yang berisi kumpulan video untuk membantu pengajaran. Tampilannya menarik sera topiknya pun beragam, mulai dari matematika, biologi, kimia, fisika, hingga sejarah, dan manajemen keuangan. Bagi pengajar yang mencari referensi video yang terpercaya, aplikasi ini merupakan pilihan yang paling sip!
Kalau ini, tentu sudah banyak yang tahu ya hehe. Wunderlist merupakan aplikasi untuk mencatat dan menceranakan sesuatu. Yang membuatnya menarik, kamu bisa mengerjakannya atau membagikannya dengan banyak orang. Otomatis, kamu juga bisa mendapatkan ide-ide dari orang lain yang dibagikan juga dengan publik.
Sway merupakan aplikasi digital storytelling untuk bekerja, sekolah, dan tugas-tugas rumah. Dengan Sway ini kamu bisa membuat laporan yang interaktif, presentasi, dan masih banyak lagi.
MathQuiz merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengasah skill matematikamu. Kamu juga bisa memilih tingkat kesulitannya mulai dari easy, medium dan hard. Aplikasi ini sangat cocok untuk mengasah otak seorang pengajar agar tidak tumpul hehe.
Nah, kalau yang ini, dari judulnya saja sudah jelas kan ya hehe. Aplikasi ini digunakan untuk membantu pengajar menjadwal dan mengorganisir rencana pelajaran.
Nah kalau Essay Marker ini, merupakan aplikasi untuk mengumpulkan dan mengoreksi essay yang dikumpulkan oleh siswa kepada pengajar. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur, salah satunya memberikan umpan balik pada tiap siswa. Essay Marker juga dilengkapi sistem backup dengan cloud service, sehingga kamu bisa mengakses data yang kamu simpan dengan berbagai perangakat yang dilengkapi aplikasi ini.
Dengan aplikasi ini kamu bisa mengorganisir foto-fotomu dengan tampilan yang menarik. Loh, terus apa manfaatnya untuk pengajar? Dengan foto ini, kamu bisa mengorganisir foto-foto referensi dengan berbagai template yang unik dan menarik!
Markbook ini hampir mirip dengan Essay Marker tadi. Yaitu untuk memberikan umpan balik dan penilaian dari tugas yang dikumpulkan dengan cepat.
Nah, demikian 10 Aplikasi pilihan untuk membantu pengajar meningkatkan produktivitas dan mempermudah pekerjaan. Untuk mendownloadnya kamu cukup mengeklik link di setiap judul. Adakah diantara kamu disini yang pengajar? Jika kamu memiliki masukan untuk aplikasi produktif bagi pengajar, bagkan pendapatmu disini yak! :)  Source: Educators Technology

5 Aplikasi Android Untuk Keperluan Guru Terbaik

5 Aplikasi Android Terbaik untuk keperluan sebagai Guru. Aplikasi ini memungkinkan guru untuk mengelola tugas, tes, penilaian, dan lain sebagainya seputar siswa mereka.Aplikasi ini dimaksudkan bagi guru untuk mengelola data Kelas dan siswa secara lebih efisien. Selain itu, ini juga menghadirkan pengalaman messaging efisien antara guru dan anak murid. Tidak hanya itu, Anda bahkan dapat membuat semacam kelas virtual.

1. Aplikasi Android Untuk Keperluan Guru - Edmodo

Aplikasi Android Untuk Keperluan Guru

Edmodo adalah salah satu yang terbaik dan paling kaya fitur sebagai aplikasi Android untuk guru. Menggunakan Edmodo, guru dapat mengelola sebagian besar aspek kelas mereka. Guru dapat menambahkan catatan, peringatan, melakukan polling atau memberikan tugas kepada siswa kelas tertentu. Tidak hanya itu, Anda bahkan dapat melacak pengiriman tugas dan menambahkan kelas untuk tugas. Edmodo mendukung penciptaan beberapa kelompok kelas tertentu.




2. Aplikasi Android Untuk Keperluan Guru - Remind: Free, Safe Messaging

Aplikasi android khusus Guru

Remind: Free, Safe Messaging adalah salah satu dari aplikasi penting bagi guru yang dimaksudkan untuk tujuan tunggal dengan tetap berhubungan dengan siswa. Remind (sebelumnya dikenal sebagai Remind101) pada dasarnya memungkinkan Anda membuat kelompok tertentu dalam aplikasi yang dapat digunakan untuk menyebarkan pesan, pengingat untuk tugas kepada para siswa. Aplikasi ini secara otomatis menghasilkan kode untuk setiap kelompok yang Anda buat. Kode tersebut adalah kode yang harus dimasukkan oleh siswa untuk bergabung dengan kelas.



3. Aplikasi Android Untuk Keperluan Guru - ClassDojo

Aplikasi android khusus Guru

ClassDojo adalah Aplikasi yang harus memiliki untuk guru yang ingin mengelola semua aspek siswa mereka. ClassDojo memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan memungkinkan Anda mendapatkan hal-hal yang Anda butuhkan pada waktu yang tepat. Bahkan siswa dapat mengedit avatar mereka dalam aplikasi. ClassDojo tersedia secara gratis di Google Play Store.



4. Aplikasi Android Untuk Keperluan Guru - Teacher Gradebook

Aplikasi android khusus Guru

Teacher Gradebook untuk Android adalah sebuah aplikasi untuk guru yang memungkinkan mereka dapat menjaga dan mengelola Jadwal, Kelas Report, Laporan Kehadiran dan aspek-aspek lain seperti yang berkaitan dengan Kelas di satu lembar. Meskipun aplikasi ini dioptimalkan untuk tablet Android, ini berjalan pada ponsel android. Anda dapat mengimpor / ekspor csv dan file pdf dengan aplikasi ini, bahkan mengedit hampir semua aspek data Mahasiswa. Meskipun aplikasi ini mungkin memiliki kurva belajar yang curam untuk guru pada contoh pertama, akhirnya mudah dimengerti dan membuat mengelola data kehadiran yang cukup nyaman. Meninjau ke dalam sistem pengaturan, Anda dapat dengan mudah mengedit sistem penilaian aplikasi dan simbol-simbol yang digunakan.



5. Aplikasi Android Untuk Keperluan Guru - Google Classroom

Aplikasi android khusus Guru

Google classroom bukan hanya aplikasi manajemen mahasiswa atau sebuah aplikasi untuk mendapatkan bantuan dalam kelas Anda. Google Classroom dapat digunakan untuk tetap terorganisir dengan apa yang anda perlukan dalam kelas, upload file, gambar, video dan masih banyak lagi. Guru dapat membuat grup yang berbeda untuk kelas tertentu dan anggota (mahasiswa) bisa langsung mendapatkan info. Satu peringatan di sini adalah bahwa Google Classroom memerlukan Apps Google untuk akun Pendidikan yang sejauh ini tersedia secara gratis.




5 Aplikasi diatas akan sangat membantu anda dalam mengelola semua aspek tentang pembelajaran dengan lebih mudah dan efisien. Ini adalah cara praktius dan mudah untuk mengontrol setiap kegiatan sebagai guru agar lebih tertata dan profesional.


MEMBUAT POWER POINT SEDERHANA



Tugas dasar untuk membuat presentasi PowerPoint

Presentasi PowerPoint berfungsi mirip tampilan slide. Untuk menyampaikan pesan atau cerita, Anda membaginya menjadi slide. Pikirkan slide sebagai kanvas kosong untuk gambar, kata-kata, dan bentuk yang akan membantu Anda menyusun cerita Anda.
Catatan: Untuk informasi tentang versi PowerPoint yang lebih lama, lihat Membuat presentasi dasar di PowerPoint.

Memilih tema

Saat Anda membuka PowerPoint, Anda akan melihat beberapa tema dan templat bawaan. Tema adalah desain slide yang berisi warna, font, dan efek khusus yang sesuai, seperti bayangan, pantulan, dan masih banyak lagi.
  1. Pilih tema.
  2. Klik Buat, atau ambil ragam warna, lalu klik Buat.
    Memperlihatkan Buat Presentasi Baru dari dialog Tema di PowerPoint

Menyisipkan slide baru

  • Di tab Beranda, klik bagian bawah Slide Baru, lalu pilih satu tata letak slide.
    Memperlihatkan tombol Slide Baru pada tab Beranda dari pita di PowerPoint

Menyimpan presentasi Anda

  1. Pada tab File, pilih Simpan.
  2. Pilih atau cari ke folder.
  3. Dalam kotak Nama file, ketikkan nama presentasi Anda, kemudian pilih Simpan.
Catatan: Jika Anda sering menyimpan file pada folder tertentu, Anda bisa ‘menyematkan’ path tersebut sehingga selalu tersedia (sebagaimana diperlihatkan di bawah).
Menyimpan presentasi PowerPoint Anda
Tips: Simpan pekerjaan selagi Anda bekerja. Seringlah menekan Ctrl+S.
Baca selengkapnya: Menyimpan presentasi Anda

Menambahkan teks

Klik tempat penampung teks, dan mulailah mengetik.
Memperlihatkan menambahkan teks ke bidang teks di PowerPoint

Memformat teks Anda

  1. Pilih teks.
  2. Di bawah Alat Menggambar, pilih Format.
    Perlihatkan tab Alat Gambar di pita dalam PowerPoint
  3. Lakukan salah satu hal berikut ini:
  4. Untuk mengubah warna teks Anda, pilih Isian Teks, lalu pilih sebuah warna.
  5. Untuk mengubah warna kerangka bentuk teks Anda, pilih Kerangka Teks, lalu pilih sebuah warna.
  6. Untuk menerapkan bayangan, pantulan, cahaya, kemiringan, rotasi 3D, transformasi, pilih Efek Teks, lalu pilih efek yang Anda inginkan.
Baca selengkapnya:

Menambahkan gambar

Pada tab Sisipkan, lakukan salah satu hal berikut ini:
  • Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di drive lokal Anda atau di server internal, klik Gambar, telusuri gambar, lalu pilih Sisipkan.
  • Untuk menyisipkan gambar dari web, pilih Gambar Online, dan gunakan kotak pencarian untuk menemukan gambar.
    Dialog Sisipkan Gambar di PowerPoint
  • Pilih gambar, kemudian klik Sisipkan.

Menambahkan catatan pembicara

Slide akan sangat baik jika Anda tidak menjejalkan terlalu banyak informasi. Anda bisa menambahkan fakta dan catatan dalam catatan pembicara, dan jadikan rujukan Anda saat menjalankan presentasi.
  1. Untuk membuka panel catatan, pada bagian bawah jendela, klik Catatan tombol catatan di PowerPoint .
  2. Klik di dalam panel Catatan di bawah slide tersebut, dan ketikkan catatan Anda.
    Memperlihatkan panel Catatan pembicara di PowerPoint
Baca selengkapnya:

Menyampaikan presentasi Anda

Pada tab Peragaan Slide, lakukan salah satu hal berikut ini:

Keluar dari tampilan Peragaan Slide

Untuk keluar dari tampilan Peragaan Slide kapan saja, pada keyboard, tekan Esc.
SEMOGA BERMANFAAT BUAT BAPAK DAN IBU GURU TERCINTA.....

APLIKASI RAPORT K 13 SEDERHANA

Silahkan Bapak/Ibu Guru Download Aplikasi Excel Sederhana di Bawah Ini ya...
Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (Raport K13) sesuai Permendikbud 23 Tahun 2016 versi terbaru;

     MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT BAGI BAPAK/IBU.

Minggu, 03 Desember 2017

Berwisata di Bengkulu


Jika Anda punya rencana liburan ke Bengkulu, Provinsi ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Bengkulu terkenal Sepi wisatanya, namun ternyata Provinsi ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, Sejarah yang tak kalah dengan wisata bandung dan kota besar lainnya di Indonesia.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Bengkulu  yang paling indah dan di rekomendasikan untuk di datangi. Berikut kami ulas secara singkat 10 Tempat Wisata Terkenal di Bengkulu yang Paling Direkomendasikan:

1. Pantai Panjang Bengkulu
Lokasi:  Jl. Pesisir Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Bengkulu
2. Pantai Way Hawang
Lokasi: way Hawang, Maje, Kaur, Kabupaten Kaur
3. Pantai Linau
Lokasi: Jalan Lintas Barat, Maje, Linau, Kabupaten Kaur.
4. Pantai Pasar Bawah
Lokasi : Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan
5. Pantai Jakat
Lokasi : Kelurahan Bajak, Kecamatan Teluk Segara, 1 KM dari pusat Kota.
6. Pantai Sungai Suci
Lokasi: Pasar Pedati, Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.
7. Rumah Pengasingan Bung Karno
Lokasin: Jalan Anggut Atas, Kota Bengkulu. Terletak di Pusat Kota.
8. Rumah Ibu Fatmawati Soekarno
Lokasi : Jalan Puteri Gading, Kota Bengkulu. Terletak di Pusat Kota.
9. Benteng Marlborough
Lokasi: Jalan Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Berjaran 200 M dari Rumah Dinas Gubernur Bengkulu.
10. Danau Dendam Tak Sudah
Lokasi: Jalan Danau, Dusun Beaar, Kota Bemgkulu.

Itulah lokasi wisata yang paling sering dikunjungi apabila kita berada di Bengkulu. Semoga bermanfaat bagi Traveler.







Cara Mudah Belajar Power Point Bagi Pemula

 Belajar Microsoft Power Point Bagi Pemula

Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka yaitu Microsoft Office yang didalamnya berisi Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan perkantoran, pebisnis, dosen, guru, mahasiswa dan orang-orang yang sering melakukan presentasi di depan audiens.Microsoft power point berjalan di komputer dengan sistem operasi MS Windows dan Apple Macintosh. Microsoft Powepoint merupakan bagian dari paket aplikasi Microsoft Office sehingga bila kita sudah menginstal aplikasi Microsoft Office maka didalamnya sudah termasuk aplikasi Power Point.Untuk menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint sebenarnya tidak terlalu susah. Menu-menu di dalamnya sangat mudah untuk digunakan. Yang diperlukan adalah ketekunan dan waktu yang cukup untuk mempelajari cara penggunaan Microsoft Power Point. Cara yang termudah belajar Powerpoint adalah dengan praktek langsung membuat presentasi sederhana.Sebagai panduan, silahkan ikuti langkah-langkah belajar PowerPoint yang akan diuraikan di bawah ini:
1. Masuk ke aplikasi Microsoft PowerPoint dengan mengklik  ikon PowerPoint yang ada di desktop. Bila Ikon PowerPoint tidak ada di desktop maka silahkan klik Start, klik All Program.
2. Cari Microsoft Office dan bila sudah ada klik gambar folder Microsoft Office tersebut sehingga nanti muncul daftar aplikasi yang ada di folder Microsoft office. Klik Microsoft Office PowerPoint.
3. Jendela Microsoft PowerPoint akan terbuka dan siap untuk digunakan. Pada halaman awal Power Point terdapat lembar kerja (slide) kosong seperti gambar di bawah. Sebelum memulai bekerja dengan PowerPoint, klik terlebih dahulu menu layout untuk memilih desain lembar kerja. Pilih desain sesuai dengan keperluan, misal kita pilih desain `Title and Content(panah no 2)
4. Setelah desain lembar kerja (slide) telah kita pilih, saatnya untuk mulai membuat presentasi. Klik  kursor di kolom`Click to add title`, kemudian tuliskan di sana judul presentasi. Misalnya "Gerhana matahari". Kemudian Klik kursor di kolom`Click to add subtitle` dan isi dengan materi yang sesuai dengan judul. Kadang dalam presentasi perlu disisipkan gambar/foto/clip art untuk memperjelas pembahasan. Untuk memasukan gambar/foto/clip art, klik Menu Insert dan klik Picture. Kita akan dibawa ke kotak pencarian gambat yang ada di komputer. Cari gambar yang yang dikehendaki di penyimpanan komputer dan bila sudah ditemukan klik insert.Setelah klik insert, gambar akan masuk ke dalam lembar kerja (slide).
5. Bila lembar kerja (slide) halaman pertama telah penuh maka kita perlu halaman baru untuk melanjutkan pekerjaan. Klik New Slide, pilih desain lembar kerja yang sesuai kemudian klik di gambar yang dipilih.
6. Lakukan pengisian materi presentasi di lembar kerja (slide) kedua dan seterusnya sampai seluruh materi presentasi masuk ke dalam lembar kerja (slide).
7. Untuk memperindah tampilan presentasi, pilihlah desain lembar kerja (slide). Caranya klik Menu Design dan pilihlah desain yang cocok dengan cara meletakan kursor di contoh desain yang ada di bawah baris menu. Coba satu persatu sampai memperoleh desain yang cocok. Bila sudah mendapatkan desain yang cocok klik di lokasi gambar yang terpilih.
8. Selanjutnya kita masuk ke Menu Animasi agar supaya presentasi lebih menarik ketika nanti di tampilkan di depan audiens. Klik Menu Animasi dan pilih tipe animasi dengan cara meletakan kursor di lokasi gambar contoh animasi. Coba satupersatu sampai menemukan animasi yang cocok. Bila sudah ada yang cocok, klik di lokasi gambar.
9. Kemudian kita akan memilih animasi untuk tampilan judul dan isi materi.
Caranya klik Custom Animation (Gambar panah 1), kemudian klik di lokasi sampai akan muncul kotak segi empat (panah no 2). Selanjutnya klik panah kecil di sebelah kanan tulisan add effect (panah 3). Akan muncul 4 pilihan animasi. Pilih tipe animasi dengan memasukan kursor di dalam kotak pilihan (panah 4) sehingga nanti akan keluar beberapa pilihan tipe animasi. Bawa kursor ke tipe animasi yang dikehendaki dan klik di lokasi yang dipilih (panah 5).
10. Jika pilihan animasi yang dipilih tidak cocok dan ingin diubah klik di kotak nomor (panah 1) dan kemudian klik menu remove (panah 2)yang berada di sebelah kanan menu add effect. Kemudian pilih kembali animasi yang cocok untuk bagian tersebut.
11. Bila animasi untuk judul telah selesai dipilih, lakukan untuk bagian presentasi yang lain  sehingga semua memiliki animasi.(caranya klik kursor di lokasi yang akan dibuatkan animasi, klik add effect, kemudian pilih efek yang sesuai). Tanda bila tiap bagian telah berisi animasi adalah adanya kotak nomor di depan bagian tersebut. Bila semua pekerjaan telah selesai klik preview (panah di sebelah kiri) untuk melihat hasilnya.
12. Simpan presentasi dengan mengklik menu simpan di kiri atas aplikasi PowerPoint.
13. Terakhir adalah melihat hasil pekerjaan dengan cara klik Menu Slide Show dan pilih Sub Menu from Begining.
14. Layar akan berubah menjadi penuh (fullscreen). Buka presentasi dengan cara mengklik panah yang posisinya ada di sebelah kiri bawah. Demikianlah cara pembuatan presentasi sederhana dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Lakukanlah berulang-ulang dengan cara memilih desain dan animasi yang berbeda-beda. Tidak ada hal yang sulit kalau kita mau mencoba.


Jumat, 01 Desember 2017

Cara Praktis dan Cepat Download Semua File di Website atau Blog

Alternatifnya adalah menggunakan internet download manager (IDM)

Atau
Dapat juga menggunakan add ons Firefox yaitu DownThemAll.
  1. Download dan install DownThemAll di Mozilla firefox kemudian menggunakannya. Bagi pengguna Firefox yang berniat menginstall DownThemAll silahkan unduh dulu dari sini. Biasanya akan langsung terinstall begitu setelah di klik dan anda pilih Install now setelah hitungan detik selesai, selanjutnya kita akan diminta restart firefox-nya (tutup dan buka lagi).
  1. Berikutnya buka kumpulan file yang ada di web/blog (misalnya Anda akan mendownload semua file soal UN yang berformat pdf di blog saya ini). Ingat Anda harus memastikan link atau tautan itu memang berisi file pdf atau file lainnya bukan html.
  1. Kopi semua link (pranala/tautan) yang berisi file yang hendak didownload. Kemudian buka DownThemAll dari menu Tools pada firefox  →  DownThemAll! Tools → Pilih DownThemAll . Seperti tampak pada gambar berikut:downthemall urip kalteng
  1. Langkah berikutnya perhatikan tampilan berikut, klik pada segitiga kecil Fast Filtering dan ketikkan pdf. Ini bertujuan agar semua file pdf yang Link-nya dikopi tadi bisa terdownload yang ditandai dengan tanda centang pada setiap link yang kita kopi. Siap download?!… Klik Tombol Start.
    Untuk tipe file dengan format tertentu tinggal disesuaikan saja untuk memfilternya, misal kalau format filenya jpeg, gantikan pdf tadi dengan jpeg.
    downthemall 2 urip kalteng
  1. Berikut ini adalah tampilan proses ketika sedang download dan antrian yang akan terdownload secara bergilir.downthemall 3 urip kalteng
  1. Selamat mendownload semua file Soal UN dari blog ini ðŸ™‚